Pro Kontra Visa Online Taiwan !!!

Liburan akhir tahun 2016 kemaren, aku menjelajahi Taiwan. Ceritanya sih begitu. Trip ke Taiwan cukup santai sih, setelah pulang dari Srilanka ( bisa baca disini ), buru- buru buat rencana perjalanannya. Hebohnya karena selalu diwanti- wanti sama saudara yang orang Taiwan. Katanya, Taiwan tuh dingin banget, jadi bawa baju hangat yang banyak, bawa ini- itu, alhasil satu koper penuh dengan pakaian tebal. Maklum, trip ke Taiwan untuk merasakan pesta pergantian akhir tahun bersama Taiwanesse itu aku naik Cathay Pasific. Lho kok katanya backpacker garis keras, kenapa naik pesawat fullboard? Bisa dong... Dapat tiket promo dan murah, kenapa tidak ?
He Huan Shan ( 3275 m )
Kemudian, ada satu hal yang sempat bingung dan simpang siur sih. VISA!!! Yups, masuk ke Taiwan bagi pemegang paspor Indonesia wajib mengajukan visa berangkat ke Taiwan. Terus bingungnya dimana? Disini....

Sejak ada Waiver Visa Jepang, pemerintah Taiwan membolehkan treveler masuk ke negaranya dengan menggunakan Waiver Visa Jepang. Sebenarnya, bukan hanya bagi Waiver Visa Jepang sih, ada beberapa visa negara lain juga yang bisa dipakai untuk masuk ke Taiwan tanpa harus mengurus visa secara manual. Disini, maksudnya, kita tetap harus punya visa, tapi bisa apply secara online dengan memanfaatkan salah satu visa negara yang telah ditunjuk oleh Taiwan, yang kita punya. 

Terus bagaimana?

Ya benar saja. Simpang siur. Ada yang bilang bisa pakai, ada yang bilang tidak bisa. Baca dibeberapa forum yang berkaitan dengan traveling, juga masih ada pro kontra. Aku juga telepon ke kedutaan Taiwan, malah dikasih jawaban tidak pasti. Intinya, dia bilang, bisa, tapi pihak imigrasi Taiwan yang berkuasa penuh, dia bisa saja menolak visa online kamu. Lha, semakin deg- deg-an. 

Tapi, jelas kok apa yang ditulis. Jelas banget pasalnya yang tertera di website resmi pemerintah Taiwan perihal visa ini. Salah satu hal yang paling penting adalah visa online yang telah kamu dapatkan itu wajib kamu print out, disertakan bersama tiket pulang kamu saat melewati pihak imigrasi Taiwan. Kemudian, nomor rekomendasi visa negara yang kamu pakai jangan sampai salah, wajib sama. Apalagi nomor paspor kamu, sudah pasti hampir sama. 

Berbekal semua informasi itu yang menurutku entah gimana itu, aku putuskan buat visa online dengan memanfaatkan Waiver Visa Jepang yang aku punya. Prosesnya cuma sebentar, apply online visa Taiwan waktu itu tidak sampai 10 menit. Cuma isi semua pertanyaannya saja dengan benar, teliti, lengkap dan benar. Terus di-email, jadi deh visa online-nya kamu. 

Ketika itu, aku berangkat akhir Desember 2016, aku sudah apply online , kalau tidak salah, pertengahan November 2016. Dan masa berlaku yang aku dapat sampai Februari 2016. Tapi cuma berlaku sekali saja. Sudah pulang sebelum masa berlaku visa online kamu habis dan mau pergi lagi, wajib apply lagi. 

Nah, aku lampirkan deh langkah - langkah apply online-nya. Langsung saja masuk ke website-nya disini : https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/ . Tampilannya akan meminta kamu memilih bahasa yang kamu inginkan. Aku sih pilih bahasa Indonesia. 

Halaman berikutnya, dia akan menjelaskan alur cara pengajuan visa online kamu. Baca lagi saja kalau kamu merasa perlu, selesai, klik next deh. 

Dihalaman ini, dia masih menjelaskan lagi secara details. Tidak ada salahnya buat kamu untuk membacanya. Untuk ke halaman selanjutnya, tinggal klik next lagi. 

Nah, kini saatnya kamu harus isi semua informasi yang diminta dengan lengkap, tepat, benar dan teliti. Periksa sekali deh, sebelum klik next.

Tampilan selanjutnya yang akan muncul adalah preview. Diminta untuk membaca sekali lagi secara seksama sebelum okey. Kalau tidak salah, itu sudah tahap akhir. Begitu okey, visa online langsung jadi. Kamu sudah bisa langsung print atau kamu kirimkan ke email kamu lagi. Gampang banget kok. Sekali lagi, wajib benar semua informasi kamu. Periksa sekali, nama, nomor paspor, nomor visa rekomendasi kamu.

Ini bentuk visa online yang akan kamu terima. Kertas inilah yang kamu sertakan bersama paspor dan tiket pulang kamu. Sederhana. Kalau aku, saat itu, terbang dari Jakarta transit Hongkong baru ke Taiwan, tapi ini kan connecting flight, jadi aku sudah dapat boarding pass dari Jakarta sampai Taipei. Nah, saat checked in, visa online langsung diminta dan diperiksa sama mbak- mbak kece Cathay Pasific di Jakarta. Aku pastikan lagi waktu itu, ini berlaku kan? Dengan tegas, dia jawab, berlaku, tidak akan ada masalah. Lega....!!!

Karena pakai visa online, kamu juga tidak perlu isi immigration card. Katanya pramugari, pakai visa online itu saja sudah cukup. Walaupun sudah lega saat checked in dari Jakarta, perasaan was- was masih saja melekat, karena aku manusia biasa saja, dilengkapi rasa cemas, yang terkadang berlebihan, Hahahahah... 

Lega ( untuk kedua kalinya ), antrian yang panjang di imigrasi sudah membuat hatiku lega. Mereka semua, ya hampir semua, pegang keras print- print seperti yang aku pegang. Artinya, sudah boleh dikatakan tidak akan ada masalah dong. Iya, satu per satu lewat tanpa ada hambatan. Begitu juga dengan aku. Dengan santai dan sukses melewati imigrasi, tidak lebih dari 3 menit. Tidak ada pertanyaan, tidak ada kalimat apapun, bahkan senyumpun nyaris tidak ada kala itu. 

Yups, itulah awalnya perjalanan di Taiwan dimulai. Seru, suka Taiwan, paling aku kangeni adalah Qing Jing Farm dan Sun Moon Lake. Aku suka banget. Alamnya luar biasa indah, alamnya keren banget. Serius, negara yang bersih, kota yang nyaman, aman dan terawat, tertata dan rapi, TAPI MAHAL. Itu saja. Taiwan itu cukup mahal buatku, entah buat kamu? 

Dan sampai sekarang ini, masih saja ada yang japri tanya tentang keberlakuan visa online Taiwan ini. Ada yang khawatir tidak bisa masuk dan sebagainya. Jujur sih, semuanya ini tergantung pihak imigrasinya. Tidak bisa dipastikan dan memang tidak ada yang pasti. Yang jelas, sediakan saja yang memang menjadi persyaratannya. Ikutin saja aturan mainnya. Selebihnya, serahkan saja, kan sudah berusaha.
Sun Moon Lake...
Note : Ada baiknya cek berkala ke website resminya pemerintah Taiwan. Karena peraturannya bisa saja berubah. Aku berangkat ke Taiwan tanggal 30 Desember 2016. Artinya, aturan visa online dengan memanfaatkan visa waiver Jepang saat aku berangkat masih berlaku.

With Love,

@ranselahok
---semoga semua mahluk hidup berbahagia--- 
Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar :

  1. hi Koko salam kenal sebelumnya. Backpackernya kemarin pas ketaiwan ada pake itenary apa ada yang bawain jalan yaa ? thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai itinerary khusus sih tidak ya, tapi kemana saja , atur sendiri...

      Delete
  2. kan katanya kalo kita pnya visa jepang, korea gt jg bs apply online asalkan blm 10 taun...nah klo visa jepang dan korea d passport yg sdh ganti gmn? apakah masih berlaku? atau no passport hrs sama persis dgn yg ada visa jepangnya?

    ReplyDelete
  3. kan katanya kalo kita pnya visa jepang, korea gt jg bs apply online asalkan blm 10 taun...nah klo visa jepang dan korea d passport yg sdh ganti gmn? apakah masih berlaku? atau no passport hrs sama persis dgn yg ada visa jepangnya?

    ReplyDelete
  4. Kak itu visa waivernya sudah terpakai / belum?
    Kalau ada visa waiver tapi belum ke jepang bisa nggak?

    ReplyDelete
  5. The cost of each visa consists of an Embassy fee plus a small charge to us. All visa fees and our charges are listed on the requirements sheet once you choose your destination. check here

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts