Cara Apply E-Visa Srilanka Dalam 3 Menit.

Tanggal 19 Oktober 2016.

Sebelumnya, kamu bisa baca dulu serba- serbi tentang Srilanka pada postingan sebelumnya. Bisa baca disini.

Kemudian, setelah itu, jika kamu memutuskan untuk traveling ke Srilanka, karena setelah membaca sedikit sharing dari pengalaman aku atau kamu memang sudah punya rencana ke sana. Satu hal yang sudah pasti tidak bisa dilewati adalah Visa. Yupss, ke Srilanka, kita pemegang paspor warna hijau, terbitan Indonesia, wajib apply visa, atau mereka sebut dengan istilah ETA ( Electonic Travel Authorization ).

Untuk apply visa Srilanka, termasuk mudah sekali. Serius. Sampai ketika aku mengajukan visa tersebut, setahuku, ada 2 cara. Kamu bisa apply langsung ( VOA ) saat kamu mendarat di Bandaranaike International Airport. Berapa lama prosesnya, aku kurang tahu. Aku tidak pengalaman untuk ini. Yang aku tahu sih, kudu antri, habis waktu dan butuh proses dong. Soal diterima atau tidak, saat itu, hahaha.. aku tidak pasti. Harusnya, iya, harusnya sih diterimalah.

Dan aku bilang, cara paling gampang, apply online saja. Kalau informasi yang aku baca dari website resmi-nya pemerintah Srilanka, proses ETA akan selesai dalam waktu 24 jam sejak kamu mengajukan pengajuan. Beberapa review yang aku dapat dari travelblogger menyebutkan, ada yang hanya 2 jam saja sudah dapat konfirmasi ETA diterima. Klik disini : Apply ETA.

Tidak perlu banyak dokumen yang dibutuhkan. Penting, tanggal kedatangan dan kepulangan kamu, dengan pesawat apa kamu ke sana dan hotel tempat kamu menginap. Khusus tentang hotel atau alamat kamu menginap paling penting. Pastikan kamu punya alamat itu dan ingat. Setelah kamu mendapatkan ETA tersebut, di Immigration Card, kamu tetap diminta isi, kamu tinggal dimana. Ya, hanya itu, tidak perlu mutasi bank dan sebagainya.

Okey, untuk apply ETA, kamu bisa langsung ke websitenya disini, kamu akan mendapatkan halaman seperti dibawah ini. Baca dengan teliti semua petunjuknya. Klik Apply.

Silahkan baca semuanya, jika sudah mengerti dan setuju, ya klik setuju.

Halaman selanjutnya tentang tipe ETA yang kamu butuhkan. Aku pilih apply for an individual.  
  


Muncul halaman untuk mengisi data diri. Isilah sesuai dengan data yang sebenarnya.

Pindah ke halaman berikutnya, kalau kamu traveling bersama anak kecil, disini, kamu bisa memberikan informasinya. Jika tidak, kosongkan saja, langsung saja ke bagian travel information. 

Setelah itu, kamu akan diminta untuk memberikan alamat tempat kamu tinggal di Srilanka. Aku sih cari di Agoda, cari salah satu nama hotel yang kira- kira budget-nya sesuai dengan gaya traveling kamu. Ya iyalah, kalau mengaku ke pihak imigrasi ( incase , ditanya ) kalau kamu backpacker, tapi tinggalnya di hotel mewah, kan tidak lucu. Aku sih tidak sampai booking, walaupun kan ada fasilitas dari Agoda, bisa free cancel sebelum waktu yang ditentukan. Oh ya, ada baiknya, kamu catat alamat hotel ini, walaupun, sebenarnya kamu tidak menginap disini. Karena saat mengisi kartu kedatangan, pertanyaan ini muncul lagi dan PENTING!!!

Ya segitu saja, tidak ada lagi. Tinggal preview sekali lagi. Sudah yakin dengan data kamu, nama, nomor paspor, tanggal kedatangan dan tanggal kepulangan, alamat , lanjutkan ke bagian pembayaran. Untuk online, ETA perorangan dikenakan biaya 35 usd. Setahuku, jika kamu mengajukan saat sudah di bandara, biayanya 40 usd.

Dalam hitungan detik, konfirmasi pengajuan ETA kamu akan dikirim ke alamat email yang kamu daftarkan. Diberitahukan, proses ini akan memakan waktu 24 jam.  Selesai.

Dan pengalaman aku, proses pengajuan ETA - ku dikonfirmasi hanya dalam 3 menit. Padahal ya, aku apply jam 11 malam, aku pikir, paling, besok pagi, aku baru mendapatkan konfirmasinya. Tidak disangka, 3 menit setelah mendapatkan email pertama, aku menerima email kalau ETA - ku sudah disetujui.

Ada baiknya kamu print out tuh ETA yang telah dikonfirmasi. Walaupun saat berhadapan dengan imigrasi, bukti ETA itu sama sekali tidak dilihat. Ini menunjukkan, 

ETA sudah ditangan, selebihnya, siapkan uangmu, packing dan berangkat.

With love,

@ranselahok

---semoga semua mahluk hidup berbahagia--
Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts