Cara Naik Bus Dari/Ke Tan Son Nhat Airport,Saigon.

Tanggal 6 Maret 2016

Kali ini, aku punya kesempatan mengunjungi rumah kedua Uncle Ho di Hochiminh City atau dikenal juga dengan Saigon. Tidak jauh berbeda antara Saigon dengan Hanoi ( baca disini). Sama- sama penuh dengan kendaraan motor. Hampir setiap detik, tuh motor lalu- lalang tidak ada henti- hentinya. Dan satu hal yang paling seru kalau main ke Vietnam, mau dimanapun itu, ramah dikantong alias murah. Mungkin karena Rupiah kita masih diatas Dong. ( 1 Dong = 0,6  Rp atau kalau kamu beli sesuatu seharga 10.000 Dong, artinya itu sekitar Rp 6.000,- ).

Kesampingkan soal currency, segala sesuatunya mudah dan efisien. Walaupun, ekonominya boleh dibilang masih dibawah Indonesia, tapi fasilitas yang disediakan pemerintah untuk rakyatnya diatas kita loh. Ini serius. Baik di Hanoi maupun Saigon, terdapat banyak sekali taman umum yang asri yang dibuat demikian bagus untuk warganya, baik sekedar untuk olahraga, bertemu orang atau tempat kumpul keluarga.
Bus no.152
Dan aku paling suka adalah ketika harus datang dan pergi ke airport. Kalau di Hanoi, oneway dari kota ke NoiBai airport butuh 1 jam perjalanan hanya bayar 9.000 Dong dengan bus ber - AC.( baca disini ). Kemudian, kali ini, saat landed di Tan Son Nhat International Airport, naik bus no 152 arah kota dengan tujuan area backpacker di Ben Thanh / Pham Ngu Lao bayar 10.000 Dong, dengan perinciaan penumpang bayar 5.000 Dong , tas 5.000 Dong. Sedangkan saat kembali ke airport dihari terakhir di Saigon, aku hanya diminta 5.000 Dong saja. 

Bus no.152 ini memang menjadi andalan backpackers. 

Ya sebenarnya kamu bisa turun dimana saja. Tapi hostel para backpacker ada di distrik 1. Sepanjang jalan, digang- gang penuh dengan hostel yang cocok dengan isi kantong. Jelas, butuh jalan kaki sekitar 15- 20 menit menuju Pham Ngu Lao jika kamu berhenti di Ben Thanh Station which is itu berada diseberang dari Ben Thanh Market yang terkenal itu. 
Ben Thanh Station
Oh ya, bus no. 152 ada disebelah kanan dari pintu keluar airport. Jalan kaki paling lama 5 menit, itupun dengan cara jalannya ogah- ogahan. Hahahaa.. Pokoknya begitu kamu keluar, lihat deh kearah kanan dan busnya ada dijalur kedua. Gampang banget. Tinggal bayar , ntar dikasih karcis, naik deh kedalam bus, cari kursi kosong, duduk. Yuppss segitu saja. 

Kalau tujuan kamu ke Ben Thanh station, santai saja. Bus station ini cukup besar dan rapi, jadi gampang sekali untuk tahu kalau kamu sudah sampai atau belum. Dan kebanyakan orang akan turun disini. Sebelum sampai, akan kelihatan Ben Thanh market-nya juga. 
Taman- taman yang bakalan kamu lewati...
Tapi, ini saran dari aku, ya karena aku mengalaminya sendiri dan baru tahu setelah mau pulang. Jika kamu mau cari hostel atau penginapan kamu didaerah Pham Ngu Lao, kamu jangan turun di Ben Thanh station, rada jauh sih. Butuh jalan kaki 15 - 20 menit, lumayan gempor sih, cuaca Saigon saat aku kesana rada panas, belum lagi ada backpack

Nah, setelah bus berhenti di Ben Thanh station, kamu jangan turun, ikut saja busnya jalan lagi. Begitu sudah lihat ada gedung Pullman, turun deh disalah satu bus stop disana. Kalau tidak salah, sekitar 2 kali bus stop saja. Dari sana , jalan ke Pham Ngu Lao jauh lebih dekat. Paling 10 menit saja. Tinggal tanya orang, jalan pintas menuju ke distrik 1, area backpacker mana ?
Kalau mau kembali ke airport, tunggu disini...
Sedangkan buat kamu yang turun di Ben Thanh Station, tepat sebelah kiri station ini ada pom bensin. Kamu mau ke Pham Ngu Lao ambil sebelah kiri jalan dari pom bensin, dengan kepala menghadap ke taman. Ikutin jalannya saja, lewati taman supaya lebih adem. Ben Thanh Market sendiri tepat berada diseberang jalan pom bensin itu. Tinggal nyebrang saja.

Untuk kembali ke airport, ya naik bus no 152. Datang lebih awal ke station ini untuk tunggu bus datang. Aku tidak tahu pasti, berapa lama sekali bus no.152 bakal ada, tapi waktu itu, pas aku tiba di Ben Thanh Station, busnya baru saja lewat. Aku tunggu sekitar 30 menit kemudian, busnya baru ada lagi.
ranselahok ngegembel....
Mau nginap dimana di Saigon yang murah meriah tapi tidak murahan? Mau yang harga terjangkau tapi fasilitas okey, terutama wifi super kencang dan tidak ngadat ? Tungguin saja artikelku selanjutnya... Wokehh...

With Love,

@ranselahok
---semoga semua mahluk hidup berbahagia---

Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

7 komentar :

  1. halo bro, saya Ken. mau numpang tanya dong. kalo dari Ho chi minh atau mui ne mau ke pulau Phu Quoc gmna ya? naik apa maksudnya? bus? kereta? atau boat ya? soalnya cari2 di google cuma ada opsi pesawat. tiketnya msh mahal,,, hehhehe. thx ya bro.
    bisa jd friend di WA klo bole, saya hobby traveling juga. cuma msh junior nih. hehehe
    WA : 0898.8086.717
    email & FB : k_3nn3_dy@yahoo.co.id
    thx ya bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sudah mampir... Sorry, aku belum sampai ke Pulau itu, jadi tidak bisa kasih info.

      Delete
  2. Mau tanya nih saya ada baca cerita anda di jalan2.com mengenai anda ke muine. yang saya ingin tanya anda ambil tour ke muine itu kena berapa ya?lalu itu anda gak menginap di muine?thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beli landtour di Muine, bukan beli tour ke Muine. Kemudian aku trip ke Muine itu pp, jadi day trip, pergi pagi pulang malam. Kalo untuk landtour Muiner kena 5 Usd per orang. Thanks,..

      Delete
    2. Kak dr tan son nhat ke muine ada bis langsung kesana ga

      Delete
  3. Salam. Saya baru nak pergi ke hcm. Mau terus ke da lat. Mahal gak tiket nya ya?? Makasihh

    ReplyDelete
  4. Mas boleh minta no hape saya ada keinginan mau kesana cuma banyak yang mau saya tanya sma mas,makasih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts