Tidak Percaya Legenda Siluman Ular Putih Itu Ada ???

Kalau traveling ke China, satu hal yang pasti adalah wisata sejarah. Dan hampir setiap kota yang disinggahi, pasti mempunyai cerita yang selalu menarik hati untuk diketahui. Seperti yang sering aku bilang, selalu diajak kembali ke masa lalu. Demikian juga saat di Hang Zhou. Legenda siluman ular putih atau Pai Su Cen, ada dikota ini. Termasuk asal muasal nama makanan Cakwe yang juga banyak dijual di Indonesia. 


Hang Zhou dikenal sebagai kota romantis, paling romantis se- China. Selain itu, kota teraman juga lekat dengan kondisi dan kenyamanan kota ini. Menurut orang lokal, cewek pulang larut malam dan jalan sendirian juga tidak masalah. Kabarnya, tidak pernah terjadi kejahatan. Menurutku sih iya, kotanya sejuk, kotanya nyaman, kotanya bersih. 

Kamu tentu pernah tahu donk serial "Legenda siluman ular putih" yang dulu, waktu aku masih SMP, pernah tayang disalah satu tv swasta Indonesia. Kalau tidak salah, pernah tayang ulang berkali- kali juga. Legenda itu juga pernah diangkat ke film dengan settingan teknologi yang lebih canggih yang dimainkan oleh Jet Li dalam The Sorcerer and The White Snake . 


Terletak di Danau Barat ( Xi Hu ), legenda ular putih itu berada. Aku berkesempatan melihat legenda itu. Naik kapal mengelilingi danau barat itu. Kebetulan, hari itu, agak berkabut. Sehingga tidak terlalu jelas melihat sekitarnya. Lagian, juga tidak banyak hal yang bisa dinikmati. Kecuali, pagoda yang menurut legenda, siluman ular putih dikurung. Benaran ada. Aku sih tidak mampir. Itulah sebabnya, kalau traveling tidak suka diburu- buru. Tidak bisa menikmati lebih lama dan tidak bisa mengeksplor lebih jauh. Huhhh... 

Ada cerita lagi, katanya, sering terjadi goyangan seperti gempa kecil. Warga lokal setempat, percaya, mahluk dibawah air danau sedang beraksi, makanya kota Hang Zhou terutama yang dekat danau sering merasakan getaran- getaran. 



Ada orang lokal yang bilang, kondisi pagoda sudah usang, para turis dilarang untuk memasuki kawasan itu. Khawatir akan memperparah. Ada logikanya juga sih. Peninggalan zaman kuno yang sudah ribuan tahun. Belum lagi, ditambah tangan usil turis. Pasti ada saja. 


Sedangkan, menurut versi traveler yang pernah kesana, bisa memasuki kawasan sana. Pagoda yang terlihat kokoh dari jauh itu ada replikanya. Yang aslinya memang ada didalamnya, lebih kecil. Bisa melihat kedalam sih. Entahlah, jika kamu sedang berencana pergi ke sana, ada baiknya, mencoba mendekati dan melihat kedalam pagoda itu seperti apa. 

Salah satu jembatan di Danau Xi Hu
Selain pagoda, ada sebuah jembatan putus cinta yang terkenal. Konon ceritanya, di jembatan itulah siluman ular putih berpisah dengan suaminya dan akhirnya ditangkap oleh Biksu Pa Hai dan dikurung didalam pagoda. Karena kabutlah, jembatan itu tidak kelihatan. 

Terus, cerita tentang Cakwe mana? Sabar.. tungguin dipostingan berikutnya ya... Asal muasal kata Cakwe, makanan yang hingga saat ini masih terkenal... 

Oh ya, kota Hang Zhou terkenal dengan menu makanan ayam pengemis. Ada ceritnya juga loh, mau tau, tungguin juga ya... 

With Love,

@ranselahok
---semoga semua mahluk hidup berbahagia---


Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar :

  1. Trus jembatan itu sekarang ada legenda nya ngak ???
    Macam kalo pacaran ke kebon raya bogor biasanya juga putus cinta hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada sih mas cumi.. Kalau yang di Kebon Raya Bogor sih konon katanya kesana.. hahaa

      Delete
  2. wah jd pengen kesana,siapa tau ketemu reinkarnasinya bai su cen alias siluman ular putih,tapi ane harap reinkarnasinya masa sekarang mirip Liu Yi fei..hahahhaa..

    ReplyDelete
  3. terimakasih mas buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts