Kisah Nyata : Menikah tanpa cinta TAPI bukan juga dipaksa...

Sepenggal cerita hidup yang mau saya share berikut adalah tentang kisah nyata seorang teman. Sebut saja Ani, seorang wanita muda berusia sekitar 23 tahun-an. Berprofesi sebagai SPG disalah satu toko. Ani berasal dari kampung di Lampung. Sudah lumayan berkeliling dari satu kota ke kota lain di pulau Jawa ini untuk mencari rejeki dan mencari pengalaman hidup. Kehidupannya tergolong biasa- biasa saja, dengan berbekal agama yang kental, Ani menjalani kehidupannya yang hampir sesuai dengan norma- norma yang berlaku tanpa mengikuti kehidupan abal- abal lainnya.

Dalam pekerjaannya, Ani termasuk berprestasi baik. Dia bahkan dipercaya oleh bos dan diminta untuk mengajari ke pegawai baru atau dipindahkan ke tempat baru hanya untuk memberi pelatihan. Sedangkan untuk kehidupan cintanya, ada sesuatu yang berbeda dari kisahnya. Jatuh cinta kepada atasan adalah cerita umum yang sering kita dengar. Mereka kemudian saling mencintai dan tidak ada halangan yang berarti. Tapi akhir cerita cinta itu adalah mereka harus pisah, karena si cowok , notabene adalah atasannya, selingkuh dan  terpaksa harus menikah dengan orang lain. Ya.. Married by Accident. Kisahnya ditutup sampai disini.

Apapun yang sudah terjadi, toh .. hidup tetap harus berjalan. Dengan kisah hidup seperti apapun, kehidupan tetap berjalan tanpa kamu bisa memberi satu alasanpun. Begitu juga dengan Ani, yang akhirnya berhasil melewati hari- hari yang kurang menyenangkan pasca kisah cintanya yang tidak berhasil.

Banyak pepatah yang bilang, kalau jodoh tidak akan lari kemana. Jika sudah ditakdirkan, tidak akan bisa dielakkan lagi. Mungkin begitulah kehidupan cinta selanjutnya bagi Ani. Tidak tahu bagaimana awal ceritanya, bisa kenalan dengan cowok ini, sebut Anto. Menurut Ani, Anto itu cowok biasa saja, tidak tampan, pendek, tidak ada yang spesial, bahkan tidak ada kriteria cowok yang Ani sukai dari seorang Anto.



Kenyataan saat ini, Ani dan Anto adalah sepasang suami istri sah secara hukum dan agama. Tapi hanya berdasarkan cinta bertepuk sebelah tangan. Ani sama sekali tidak ada cinta, tidak ada rasa sayang , bahkan rasa suka terhadap suaminya ini saja tidak ada. Aneh.. tapi nyata... Parahnya, orangtua Ani belum pernah kenal Anto dan keluarganya ( bukan kerabat keluarga ), dan mereka merestui pernikahan itu. Dan waktu ijab kabul , Ani tidak ada senyumnya layaknya calon pengantin pada umumnya, Ani dengan mata bengkak akibat menangis semalaman , TERPAKSA melewati prosesi pernikahannya.

Sudah beribu kali menjelaskan pada suaminya, semasa mereka masih berteman ( bukan pacaran ) , sudah beribu alasan dikatakan kepada suaminya dan sudah berjuta kalimat pedas yang tidak mengenakkan hati sengaja diberikan kepada Anto. Tapi tetap saja, itu tidak mengurungkan niat Anto. Dengan berbagai cara, dengan segala upaya sudah dilakukan hanya untuk menghindari Anto. Tidak juga berhasil dan tidak mematahkan semangat dan rasa cinta sepihak yang luar biasa besarnya dari Anto ke Ani. Bahkan Ani rela berhenti bekerja dan pulang ke kampung. 

Sekarang, sudah 6 bulan lebih, mereka melewati kehidupan berumah tangga. Selama itu jugalah, menurut Ani, kehidupannya kosong dan tidak ada arti. Terjebak dalam kehidupan yang tidak diinginkannya. Tidak pernah ada percakapan yang berarti antara suami istri baru itu, tidak pernah ngobrol, tidak pernah makan bareng, yang ada hanya dingin, datar dan tidak ada keindahan seperti keluarga baru lainnya. Dan , untuk urusan malam pertama atau malam - malam lainnya, TIDAK ADA. Iya.. tidak ada hubungan intim suami istri yang terjadi. Sampai sekarang ini. 

Anto, sang suami, rela berkorban segalanya, sanggup menghadapi dan hidup bersama dengan wanita yang tidak mencintainya. Dia rela menunggu segalanya, menunggu kesiapan dari sang istri, menunggu cintanya, menunggu, dan sabar menunggu. Dia bahkan pernah berujar, akan membuat sang istri jatuh cinta kepadanya, dan yakin hari itu akan tiba.

Dengan tekadnya yang bulat, dengan rasa cintanya yang tinggi dan nekat, Anto membawa orangtuanya datang secara tiba-tiba kerumah Ani untuk melamar. Dan keluarga Ani yang tidak tahu secara pasti kehidupan cinta sang anak, merestui itu semua. Baru belakangan ini, mereka tau kenyataan hidup yang dilewati Ani. Tidak ada cinta, tidak ada rasa. Itu karena hanya karena keluarga Ani mementingkan budaya kuno, mementingkan nama baik dan aib keluarga. 

Inilah hidup. Banyak sekali cerita kehidupan yang terjadi. Tidak tahu , harus bagaimana menjalani hidup seperti yang dialami Ani. Yang membuat aku heran, keluarganya Ani, padahal mereka bukan keluarga kerabat kok, bukan keluarga yang sudah saling kenal. Tidak ada hutang piutang, tidak ada hutang budi dan sebagainya. Tapi inilah kehidupan yang harus dijalani Ani , untuk saat ini dan entah akan sampai kapan? Baginya, sudah tidak tahan lagi. Saya mendoakan , semoga suatu hari, jika memang kehendak Tuhan, pintu hati Ani dibuka dan bisa menerima cinta dan kasih sayang dari Anto. Amin...
With Love,

Husin Peng / @im_hp3
---Semoga Semua Mahluk Hidup Berbahagia---

Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

78 komentar :

  1. ya begitulah kisah cinta tanpa iman dan hanya berlatar belakang nafsu..

    ternyata dari jaman sukarno naik jabatan hingga pak beye mau lengser masih ada aja yg macem gini ya -_____-"

    ReplyDelete
  2. 6 bulan... dan Ani masih berkeras dengan hatinya. Turut mengaminkan doamu juga, Sin. Semoga partikel2 cinta Ani akan terangkai indah menjadi puzzle yang utuh.

    ReplyDelete
  3. wah wah wah... cinta itu tidak bisa dipaksakan. Dasar perkawinan adalah saling mencintai. Itu sama saja penyiksaan. Persetan dengan surat nikah yang sah.. yang harus dilihat adalah hati nurani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cinta tidak bisa dipaksakan... bener itu...

      Delete
  4. hubunngan yang sulit.. salam kenal dari orang baru

    ReplyDelete
  5. yah..sulit, tp tdk ada slahnya mncoba utk mnerima,
    jarang orang yg tdk dikenal brtanggung jwb sprt anto..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua tergantung sama Ani yang menjalankannya.. kita bantu doa

      Delete
  6. Ani harus membuka hati dan dirinya. Cobalah lihat kebaikan2an sauminya. Jgn paksakan untuk mencintainya.. Cobalah untuk bertmn z dlu.. Insya Allah nti akan tmbul syang.. Dlm rmh tangga cinta bkn lah yg nomor 1 tp kasih sayang.. Jgn krn ga cinta rmh tangga jd korban.. Niatkan karna Allah, lembutkan hati insya Allah ad jalan.. Jgn smpe nyesel suatu hari khilangan org yg rela melakukan apa pun buat ani..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih demikian ya, tapi yang saya tahu, dirumah saja tidak pernah ada percakapan, gimana bisa berteman ya...?? hahaa...

      Delete
  7. Seperti yang pernah aku alami,
    tapi alhamdulillah alloh telah membuka pintu hatiku meski belum sempurna,
    dan membiarkannya tetap berada disampingku dengan separuh cinta.
    Semoga kelak bisa selengkapnya.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Duh, ini yang tidak diharapkan menikah tanpa cinta. memang benar kata Alkitab harus jaga kekudusan biar ga MBA

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar Mbak,.. sebenarnya menjadi kasihan yang menjalaninya,,

      Delete
  10. salam..sila lah layari ke blog ini ya..moga2 isinya bermanfaat..
    jgn lupe mengikutinye..http://sesedapvanilacake.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Beginilah Cinta sedikit sulit untuk dipahami...
    jangan lupa kunjungin blog ku yah
    quotes-love-story.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. cinta mmg gk bsa di paksa ani gk bleh gtu jga sma orng yg udh mau berkorban ap aj dmi si dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah juga sih kalau dibahas tentang ini.. antara cinta dan pengorbanan, trims yaa sudah mampir.

      Delete
  13. cinta memang tak pernah di duga ,, dia dtng dan pergi bgtu sja

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupss.. cinta memang tidak bisa dipaksakan..

      Delete
  14. Gw ngerasain "perasaan ani" skarang
    Ortu taunya gw baik2 aja sama doi, tp sbenernye gw g suka sama doi, kita mau tahap lamaran
    Bantu sarannya
    Lanjut apa g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali ke perasaan kamu gimana? Cinta tidak bisa dipaksakan.. kamu yang akan menjalani semua itu, sebagus apapun saran orang lain, toh tetap harus tanya hati kamu...

      Delete
  15. obat penyakit jantung23 November 2013 at 14:55

    cinta datang begitu tak terduga dan jga jngan percaya ada nya cinta...

    ReplyDelete
  16. obat penyakit jantung23 November 2013 at 14:57

    cinta datangya ngak di duga maka ngan percaya adanya cinta.maka paham i betul apa itu cinta ygsesungguh nya.

    ReplyDelete
  17. Sehrusnya ani tu brsyukur, krna d tinggalkn oleh pria yg tidk mncintainya,
    Dan d smbut hangat oelh anto yag saaaaaangaaat mncintainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. balik lagi, kepada orang yang menjalankannya sih... kita juga tidak tahu apa yang dirasakan Ani..

      Delete
  18. Sabar,cinta itu masih bisa menyusul ko

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap...yukk kita tunggu ramai - ramai.. heee

      Delete
  19. Persis sis sis sis sis sama kisahku. Cuma kalo aq blm menikah (90% jd menikah karna pikiran kolot ortu). Tiap hari jd makan hati sndiri karna korban perasaan... Keadaan yg super dilema juga jd masalah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa menghadapi keadaan ini dengan jalan keluar terbaik.. amin..

      Delete
  20. gitu sdh perjalanan cinta di dunia ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener.. begitulah perjalanan hidup dan cinta...

      Delete
  21. Sungguh sya membaca sampai akhir,,,,dan itulah cinta,,,,,sya juga pernah mengalami yang seperti itu,,,dan saya juga menyaksikan cinta yang lebih parah dari seorang ani,,,,itu lah jodoh,,,Tuhan membiarkan kita memilih jodoh sendiri,,,namun Tuhan juga sudah menggariskan takdir tentang jodohnya,,,,

    Jika Anto dan ani adalah jodoh dari Tuhan, itu kelihatan tidak adil banget,,,Ibarat sya punya burung dara dan tak jodohkan namun sang burung dara cwek tidak mau,,,disini saya di ibartkan sebagai tuhan,,,

    Makanya Tuhan memberi kebebasan kepada kita atas segalanya....namun Tuhan akan Berencana baik terhadap kita,,,Seburuk apapun rencana dan takdir tuhan itulah yang terbaik......

    (menurut sya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah hidup dan cinta.. merupakan misteri..

      Semoga yang terbaik yang diberikan Tuhan kepada setiap hambanya..

      Terima kaih sudah berkunjung..

      Delete
  22. Aneh ah ceritanya....katanya temen ani...tapi koq...ada kata "entah bagaimana awalnya..." loh eamng si Ani gak cerita??...bukan dipaksa ortu untuk menikah, bukan pula karena berhutang gak bisa bayar, bukan pula bosnya yg ngancem dipecat kalo gak mo nikah....koq mau nikah tanpa cinta, dah gitu 6 bulan gak pernah malam pertama?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir. Memang begitulah ceritanya, terkesan aneh sih. Saya cuma kawannya saja, baru kenal, bukan kawan lama apalagi akrab. Satu kesempatan dia curhat tentang percintaannya. Begitu saja. Saya juga tidak bertanya banyak, sehingga tidak tahu bagaimana asal mulanya.

      Tapi artikel diatas adalah kisah nyata yang saya dengar langsung dari orangnya. Dalam artikel diatas, ada 2 bagian cerita yang terpisah tapi berhubungan.

      Trims..

      Delete
  23. pasti tersiksa bgt, seperti yang q alami :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. Zaidan mengalami yang hal sama... semoga bisa menghadapinya dengan lapang dada yaa...

      Delete
  24. Kisah aneh tapi nyata yang bisa menambah wawasan dan keteguhan iman kita pada Allah swt

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini seperti kisah yg akan aku lakuin...
      sebut saja kami r (saya) dan a (doi)
      sebelumnya kami sudah pernah pacaran,,tiba2 A selingkuh tampa ada tanda2nya...
      dari situ saya kaget "ko bisa si A bisa deperti itu" ,,, padahal kita sudah pernah dan sering berzina...
      maka dari itu semua saya berniat memberitahukan ke pada ortu si A.
      karena saya tidak mau si A menjadi salah jalan dan saya tidak mau keluarga si A terlihat buruk di mata orang lain.
      sekaligus saya ingin membuat si A menjadi lebih baik dan berfikir dewasa
      dan pada akhirnya kami akan menikah pada tanggal 18 agustus 2014..
      sekarang kurang 11 hari lagi menjelang pernikahan...
      saya cuma bisa berharap si A bisa sadar apa yg telah dia perbuat...
      dan saya harus mempersiapkan mental baja untuk menghadapi si A di masa mendatang.
      ya inilah takdir aku pernikahan tampa cinta...
      hanya aku yg mencintai dia tapi dia tidak..
      semua pengorbanan,pintu maaf,dan kesabaran aku tlah di uji....
      semoga niat baik aku membuahkan hasil yg baik juga
      tolong kasih solusi atau komentar yah
      kirim email juga ke
      kuswanto_reza@yahoo.com

      Delete
  25. kisahnya juga kini sedang menimpa saya ..... ketika saya dihadapkan dengan permasalahan yang rumit hati jiwa pikiran pun terombang ambing saya bingung dengan keadaan hati saya . saya pria umur 25 saya pacaran dengan adik kelas kampus saya dlu saya sngat bahagia hdup dengannya tapi kini dia lebih memilih hidup dengan mantan pacarnya dan membuang saya begitu saja padahal saya udah mati"an menolak perjodohan keluarga saya demi dia karena hubngan kita sudah terlalu jauh lebih ke suami istri . tak terbesit sedikitpun klo dia bakaln ngehianatin saya hingga ssudah lbaran dia senaknya ngbuang saya dan balikan sama mantannya disitu saya depresi berat , tanpa pikir panjang yang asalnya saya tidak mau dijodohkan akhirnya saya mau menerima perjodohan itu tanpa saya sadari perasaan saya terhadapnya belum seutuhnya karena saya masih mencintai mantan saya . setiap hari saya tersiksa dengan perasaan ini apa yang harus saya lakukan ?? sedangkan pernikahan akan dilaksanakan tgl 27 sep 2014. saya tidak tega menjelaskan tentang perasaan saya kepada wanita itu secara wanita itu terlalu baik, sabar dan selalu mengerti keadaan saya berbeda terbalik dengan mantan saya. hati saya bergejolak dan selalu bertanya apa yang harus saya lakukan? mohon sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro.. terima kasih sudah bertamu yaa..

      saya turut simpati terhadap situasi yang kamu alami. Tapi begitulah hidup. tidak ada yang tahu, apa yang akan terjadi pada kita walau sedetik dari sekarang.

      Jika bertanya, apa yang harus kamu lakukan. tepatnya kamu harus tanya pada diri sendiri bro... karena kamu yang tahu sebenarnya apa yang kamu inginkan.

      Bicara soal hati memang sangat sulit untuk dibahas.

      Saya doakan, semoga kamu mendapatkan jalan keluar terbaik untuk permasalahan ini. Amin..

      Delete
  26. Kisah nya sama dgn ku,q pria berumur 27 thn tapi saya baru tunangan setelah tunangan saya baru menyadari klo perasaan sy blm sepenuhnya sama dy sy udah berusaha biar q jg cinta tapi susah bgt rasanya,kalo pun q hrs membatalkan tunangan ini q kasihan sama cwe nya sekaligus malu sama saudara2nya tlng kasih q solusi biar q bisa melewati semua ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bro... susah sih bicara soal hati... semoga kamu bisa mendapatkan yang terbaik atas keputusan kamu. Apapun itu pasti yang terbaik buat kamu. keputusan menentukan masa depan kamu sendiri bro.. makanya pikirkan dengan tenang, tanyakan pada hati...

      Berusahalah yang terbaik..

      Delete
  27. Berbagai masalah percintaan telah aku lalui. Bahagia, sedih, penghianatan telah aku rasakan. Namun akhirnya sadar. Mau tak mau kita harus terima ketentuan Alloh. Yakinlah kalo kita beriman, kita akan raih kebahagiaan itu bersama.

    ReplyDelete
  28. Aku cinta kok, tapi cinta harta nya bagaimana kak ???? #Jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harta siapa kaka? Harta dia..?? Boleh- boleh saja...

      Delete
  29. Ini kisah aku banget,dah hampir 3 thn rumah tangga namun belum juga menemukan rasa cinta

    ReplyDelete
  30. menjalin rumah tangga tanpa cinta tidak akan adanya kenyamanan didalamnya,,,,

    ReplyDelete
  31. memang berat menjalani rumah tangga kalau tidak ada rasa cinta sama sekali. dunia sepeeeti neraka . surga dunia adalah rumah tangga yang harmonis penuh kasih sayang . sebaliknya nerka nya dunia adlah rumah tangga yang kaku hambar gak ada rasa penuh rasa gak enaknya dr pd enaknya

    ReplyDelete
  32. Memang sih cinta tidak bisa dipaksakan. Tapi si Ani ini koq ya hatinya keras kayak baja. Manusia kan punya mata hati tuh, koq ya mata hatinya gak bisaa toh ngelihat kesungguhan Anto dan kesabaran Anto dalam menunggu cinta Ani. Bagi wanita kan ada kata pepatah tuh "Wanita lebih dicintai daripada mencintai. Naaah, nantinya, seiring berjalannya waktu cinta yang kosong si Ani akan diisi oleh rasaa sayang ke Anto. Begitu, hehe...#serasabacaceritadiri qiqiiii...

    ReplyDelete
  33. InsyaAlloh cinta akan datang dengan sendirinya

    ReplyDelete
  34. Inilah hidup terkadang kita terjebak dalam hubungan tanpa cinta, dan hanya bisa mengatakan entah sampai kapan

    ReplyDelete
  35. Lalu kisah selanjutnya gimana sekarang ?

    ReplyDelete
  36. Kisahq hampir sama,,,tpi q diawal menikah sdh pasrah akan keadaan berharap benih cinta i2 ada,,tpi setelah benih cinta i2 mulai tumbuh suamiq kelihatan aslix dy cuek dan kurang memperhatikan q,,jadix kmi sering bertengkar krn seringx bertengkar rasa cinta yg tdix tumbuh mulai memudar,,,dan skg usia pernikahan kmi sdh 9 thun blm di karunia anak,,dan q skg sepertix sdh nga sanggup bertahan apa pendapat kalian,,mhn saranx

    ReplyDelete
  37. Yg paling parah adalah aku.. Sudah orang tuaku menyesal menunangkan aku dgn tunanganku krena orng tua calonku ini orang tdk mampu dan banyak bicara.. Dan kini aku terpaksa sudah menikahinya tanpa cinta dan tinggal sma orang tuaku yg tak menyukainya. Kapan semua ini brakhir. mati sekarangpun aku mau. Asalkan bukan bunuh diri

    ReplyDelete
  38. Mau mati tapi takut. Tetap hidup tapi menderita

    ReplyDelete
  39. aku juga ngalamin hal yg sama. semakin di coba buat cinta semakin ga bisa karna merasa terpaksa. bertahan hanya karna kasihan melihat org tua takut menambah beban. nikah yg harusnya berkah malah jd ga ada manfaat nya

    ReplyDelete
  40. Dan aku kini, laki2 yg memiliki kisah yg sama dgn Ani,.

    ReplyDelete
  41. kalau menurut aku kasian Anto sih...diam diam pasti sakit hati juga. dan mumpung belum ada anak mendingan pisah aja. Kalau ada anak malah lebih banyak pertimbangan dan kasian anaknya kalau broken home. Ujung-ujungnya Ani akan selingkuh begitu nemu org yg dia cintai dengan alasan cinta tak bisa dipaksakan.

    ReplyDelete
  42. haha, akhirnya ada kisah yang sama stelah di cari" di google :'( ini kisah saya yang sekarang akan di mulai 😭😭😭😭😭😭

    ReplyDelete
  43. Ya Allah.. ini kisah temenku.. tapi bukan cewek sih tapi cowok. Bukannya dlm islam itu kl udah gak menggauli istri slama 4 -6 bulan itu bisa menggugat cerai. Jika tidak ya hakimlah yang menceraikan.. kurang lebih sh

    ReplyDelete
  44. Bukannya kalau udah 6 bulan gak menggauli atau tidak mau menggauli itu hakim boleh menceraikan? Mhon jawabannya brangkali salah

    ReplyDelete
  45. Bukannya kalau udah 6 bulan gak menggauli atau tidak mau menggauli itu hakim boleh menceraikan? Mhon jawabannya brangkali salah

    ReplyDelete
  46. Mirip dgn kisah hidupku... 2x aku berusaha lepas darinya tp gagal.
    Hidup yg aku jalani terasa hampa krn tak jua mampu mencintai suamiku meskipun aku udah berusaha ikhlas dan mencoba utk bs mencintainya, tapi.... memang cinta itu ga bs dipaksakan. Jadilah hidupku dlm dilemma dan hampa

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts