Cara Pesan Tiket Willer Bus Jepang.

Trip keliling Jepang ke beberapa kota besarnya, aku tidak pakai Shinkansen, karean tidak masuk dalam budget-ku. Alternatifnya, aku pakai Willer Bus dan pilih night bus. Tidak tahu sih, kalau hitunganku, lebih hemat saja. Ya sudah pasti, karena pakai bus malam, artinya kan overnite di bus, sudah tidak perlu bayar penginapan 1 malam lagi. Begini, caraku berhemat sih, masing - masing orang punya gayanya, punya budget-nya. 

Aku landed di Nagoya, bisa baca ceritaku ditahan oleh pihak Imigrasi atau bisa juga baca itinerary-ku dalam psotingan " Biaya 3 juta keliling Jepang ". Dari Nagoya, aku ke Tokyo dulu, 3 hari di Tokyo, aku pindah ke Kyoto 2 hari penuh. Hanya dari Kyoto ke Osaka, aku naik Kansai One Day Pass, pulangnya dari Osaka ke Nagoya aku naik Willer Bus lagi. Total 3 kali naik bus untuk pindah kota. 

Tiket bus aku beli saat masih di Jakarta, seminggu sebelum berangkat. Kalau bisa sih, jauh sebelumnya lagi sih. Mungkin sebulan sebelumnya ya... Karena pas aku mau beli, tinggal bus standart saja. Mau tidak mau, bus dari Nagoya ke Tokyo pakai bus standart.

Banyak sekali jadwal keberangkatan dan mau berangkat dari station mana? Langsung ke website-nya saja http://willerexpress.com/en/ . Tinggal sesuaikan dengan itinerary kamu. Cari station yang paling dekat dengan kamu atau yang paling gampang buat kamu. 
Setelah masuk ke website-nya, daftar dulu sebagai member. Tidak sampai 5 menit, cuma isi keterangan yang diperlukan. Setelah prosesnya selesai. Sudah bisa beli deh tiketnya. Halaman depan, masukkan mau berangkat dari kota mana, kemudian tujuan kotanya dimana? Pilih mau one way atau round trip. Sama persislah kayak lagi beli tiket pesawat pada umumnya. 

Setelah itu, akan muncul banyak pilihan dari jam keberangkatan dan jenis bus-nya. Termasuk, dari station mana kamu naik busnya. Sudah langsung tertera harganya juga. Pilih mau berapa seat, tanggal berangkat, dan ada beberapa pilihan lainnya. 

Kemudian muncul halaman berikutnya, kamu pilih deh mau boarding dari mana dan turun di station apa di kota tujuan kamu. 

Setelah itu, halaman selanjutnya adalah muncul keteranganya, apakah rute yang kamu pilih itu available atau tidak? Kalau masih ada seat, akan muncul seperti foto dibawah ini. Klik select deh. 

Kemudian ada beberapa hal yang kudu diklik lagi. Ikutin saja. Sampai akhirnya, add to shopping cart. Periksa sekali lagi deh, dari tanggal, boarding station/time dan arrival station. Karena semua sangat berguna loh. Naik dan turun dimananya kamu, sangat bergantung kamu tinggal didaerah mananya di kota tujuan kamu. Atau kamu kudu keliling cantik bawa ransel. 

Habis itu, ya bayar. Proses pembayaran kelar. Cek diemail dah, tiket elektroniknya. Panjang banget emailannya. Yang penting, periksa nama, jam dan tanggal berangkat, station berangkat. Saranku sih, lebih baik print sajalah. Begitu mau naik bus, dipintu masuk, supirnya akan cocokin tiket kamu, namanya cocok apa kagak dengan yang tertera di-list penumpang dia. Segitu doank...

Kecuali saat mau boarding dari Shinjuku station , Tokyo menuju ke Kyoto, yang sempat delayed 15 menit, selebihnya, semua berangkat on time. Jika biasanya, bus hanya dilengkapi tirai untuk tutup jendela, willer bus bahkan ada tirai pembatas antara penumpang dan supir. So, supir tidak bisa melihat ke penumpang. 

Begitu bus jalan, ada pengumuman gitu, pakai bahasa Jepang, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, keknya ada satu bahasa lagi, kek bahasa Arab gitu, tapi aku kurang yakin sih. Mungkin karena bus malam, penumpangnya pada sibuk dengan dunianya sendiri. Terlelap dalam tidurnya. Pengumumannya sekilas tentang aturan main selama didalam bus.
Type seat : relax
Selain turis asing, banyak juga orang lokal yang pakai willer bus untuk pindah kota. Selama pengalamanku naik willer bus, busnya bersih pakai banget, dingin karena ada ac, tenang karena tidak ada berisik, kalaupun ada yang ngobrol, suaranya hampir tidak kedengaran kayak lagi bisik-bisik. Sepanjang perjalanan, sepi banget.

Kalau pakai Willer bus dengan seat type relax, lebih enak nih. Bisa tiduran, sambil ditutupin , kek ada payungnya juga, lebih tepatnya, berasa kek baby yang sedang dibawa jalan- jalan. Hahaha... Ini yang membedakan dengan bus standart, tempat duduknya biasa sajam tidak ada payung kek gitu, tapi tetap bisa di- recline kok.
Abaikan yang pakai kacamata.... 
20 menit sebelum tiba, akan ada pengumuman lagi. Intinya, diminta untuk bersiap diri, cek semua barang bawaannya, jangan sampai ketinggalan. Tiba di kota tujuan juga tepat waktu. Sesuai dengan jadwal yang tertera. Itulah salah satu hebatnya Jepang. On time pakai serius... !!! 

With Love,

@ranselahok
---semoga semua mahluk hidup berbahagia---
Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

26 komentar :

  1. Waahh terima kasih infonya detail yaa, insyaAllah rencana ke jepang taun depan rencana mau naik bis willer juga tapi dari kyoto ke tokyo.. semoga tips nya berguna nanti pas pesen tiket bus nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat.. Thanks sudah mampir...

      Delete
    2. ko boleh minta email ga ..saya mau ke jepang bersama keluarga.. mau tanya2 bisa?

      Delete
    3. Hey Vina, silakan japri di IG aja...thanks.

      Delete
  2. hi, ko..
    mau tanya donk bagasi willer ketat banget ga ya? soalnya aku rencana mau bawa koper ukuran 32 yang ukurannya 5cm lebih besar dari luggage restriction dia.

    thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok.. gag ketat sama sekali... Banyak sekali yang bawa luggage gede-gede...

      Delete
  3. thanks infonya ngebantu banget :)
    kebetulan aku oktober mau ke jepang dan ada niat untuk naik willer bus, jadi aku mau tanya willer bus bisa dibyar cuma pake CC aja atau bisa bayar cash?
    thank you..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena belinya memang online, harus pakai CC, atau mungkin bisa pakai Debit, musti check ke websitenya lagi. Seingatku sih, kalau foreigner, cuma bisa pakai CC deh.

      Thanks.

      Delete
    2. Halo ko Ahok, saya lagi cari info ttg Willer di group FB dapat link blog koko yg informatif sekali. Thank you dah ceritain semuanya ya ko. Mau tanya nih, saya kan bayar pake cc tapi di web nya hanya minta nomor kartu kredit dan expiry date. Ga diminta nama sesuai kartu kredit dan CVV. Nah cara mastiin tagihannya gimana ya ko? Mau pastiin aja sih transaksi booking tiket willer ini kapan ditagih biar langsung bayar dan mengamankan seat.. hehe.. thank you dah mau jawab ya ko.

      Delete
    3. Hey Michael,

      Sorry baru balas. Kemaren itu, aku juga gitu kok, tidak pakai cvv itu. Begitu bayar, aku dapat terima email kok. Email itu kemudian diprint saja. Pengalaman kemaren, waktu bus saja, aku tidak diperiksa print- an email itu. Cuma sebutkan nama saja. Tidak tahu pengalaman orang lain. Selamat liburan ya...

      Delete
  4. Infonya berguna banget.^^
    Btw, mau tanya dong ko~
    1. kalo udah dapet email konfirmasi, berarti itu langsung jadi e-ticket ya? Ga perlu dituker lagi kan ya? Soalnya aku baca2, ada yg perlu nuker lagi.
    2. Di stasiun Shinjuku, kalau boleh tau tempat naik busnya di exit berapa ya? atau patokannya juga boleh.

    Thanks a lot :)

    -muthiatheexplorer.blogspot.com-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupps...
      1. Kalau pengalaman aku sih tidak tukar tiket lagi sih. Cuma tunjukkin print-an doank dari email konfirmasi saja.
      2. Sudah sampai di Shinjuku Station, tinggal tunjukin saja konfirmasi tiket kamu ke officer disana, akan diarahkan ke gate no berapa. Soalnya papan pengumumannya semua bahasa Jepang , jadi tidak paham juga.

      Kalau maksudnya, terminal buat naik busnya, tepat diseberang Gedung LUMINE 2, itu ada tulisannya SHINJUKU STATION, tinggal masuk naik ke lantai 2 saja. Ntar sudah ramai banget.

      Semoga membantu...

      Delete
    2. noted. tengkyu koh~

      oya bus yang tipe ini ada colokannya ga ya? icon di web willernya ada, cuma pas aku klik detail dia ga bilang ada colokan. jadi bingung.

      Delete
  5. Kalo beli tiket willer bus nya on the spot bisa gak ya kalo di stasiun shinjuku gtu gw gk Ad CC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya sih harus beli secara online deh, tapi tidak tahu sekarang ini.

      Delete
  6. Selamat siang, saya akan memesan tiket bus untuk malam hari dari Shinjuku ke Kyoto, hanya saja masih bingung untuk pemesananannya, bisa bantu ya caranya karena setelah saya mengikuti petunjuk yang sudah ada tidak sama, kemungkinan ada kesalahan pada saat pemilihan,kalau boleh by wa supaya bisa dibantu untuk guidence langsung.

    ReplyDelete
  7. Hi sahabat.. Mau nanya nih, apa kita bisa langsung masuk bus dengan tiket elektronik yg di email, maksudnya gak harus lapor lagi di kantor bus nya waktu udah di jepang. Trus tempat duduk nya gimana, apa langsung tertera nomer seat di email? Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren itu aku gitu, tunjukkin email dari Willerbus nya. Didaftar penumpang yang dipegang supir, sudah tertera nama kita, sudah diatur nomor tempat duduknya.

      Delete
  8. Kak utk bayarnya gimana??pake kartu kredit kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli online pakai kartu kredit.

      Delete
  9. pesannya ngak masukin nama yah?

    ReplyDelete
  10. saya kan bawa 1 koper ukuran kabin dan ransel 50l apa ada bagasi busnya yah?

    ReplyDelete
  11. Ko, pernah pakai jasa Willer bus yang dari bandara ke kota Tokyo ga? (1000yen), apakah boleh bawa koper size cabin (20") & 1 ransel gede?. Saya sudah booking online juga yang dari Tokyo ke Osaka, pd saat masuk ke bis, apakah perlu menunjukkan Identitas diri atau Passport selain menujukkan print email dari Willer?. Mohon dibantu jawab ya Ko. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak pernah naik willer bus dari bandara ke Tokyo. Bus nya ada bagasi kok, tenang saja. Kemaren itu saya cuma nunjukin print email saja. Soalnya, nama penumpang yang muncul, aku lihat di list penumpang dia, cuma muncul nama utamanya saja. Contoh, kamu berlima, terus pas saat pesan tiket online, kan diminta kamu tick siapa yang penumpang utama, tar nama itu yang muncul di list mereka,1 nama untuk 5 kursi.

      Delete

Powered by Blogger.

Popular Posts