Ke Maldives Cuma 7 Juta.

Baca dulu artikel ini : 7 hal yang harus diketahui para backpacker sebelum ke Maldives.... Baca disini...

Maldives identik dengan liburan mewah yang hanya bisa digapai kalangan atas. Maldives menawarkan resort keren yang dipadu dengan indahnya alam yang ada didalamnya. Seorang teman pernah mau kesana, 2 tahun yang lalu, yang mengharuskan dia menghabiskan 40 juta per orang. Hah? Ke Maldives harus punya uang segitu banyak? Kalau gitu, backpacker seperti aku, kapan bisa sampai kesana? Tiket pesawat yang tidak tanggung-tanggung, biaya hotel super tinggi, belum lagi, biaya hidup untuk makan selama disana, termasuk mahal banget.
Life Only Once, Enjoy it with your own way..
Apalagi setelah hebohnya Si Jambul Khatulistiwa Syahrini pamer liburannya kesana ditambah kejadian boneka beruang beberapa waktu lalu, rasanya, aku juga ingin sampai disana juga. Obok- obok Om Google dan tanya sana -sini, akhirnya ketika Airasia promo tiket, langsung saja beli. Selebihnya urusan nantilah, masih banyak jalan lain menuju ke Roma, eh.. bukan, ini mau ke Maldives. Berkat tekad dan niat banget, jadi juga, aku menginjakkan kaki di Maldives.  

Details trip aku ke Maldives :

Mata uang Maldives : Rufiyaa. 
Currency                   : 1 Rufiyaa = Rp 900,- &  1 Usd = 15 Rufiyaa.
                                    1 Usd = Rp 13.200,- ( rate aku beli ).

               Tanggal 2 Mei 2016 :
ð  Jakarta – KL pakai airasia jam 20.30 
Bermalam di KLIA2, bisa baca disini juga.

Tanggal 3 Mei 2016:
ð  Naik bus jam 7 pagi ke KL Sentral. Cari makan di China town kemudian ke Batu Caves. Jam 2 siang, naik bus kembali ke KLIA2 untuk siap terbang ke Maldives pakai pesawat jam 18.55 dengan airasia. 
ð  Mendarat di Ibrahim Nasir International Airport sudah jam 9 malam, kemudian naik ferry nyebrang ke Male bayar 10 Rufiyaa. Lebih baik sediakan Rufiyaa, jika kamu bayar pakai Usd, kamu akan di-charge 1 Usd. Jadinya lebih mahal.
ð  Begitu keluar dari pintu utama airport, sebelah kiri kamu ada Bank of Maldives, kamu bisa tukar Rufiyaa disini, saranku, tukar saja seperlunya. Untuk naik ferry, sebelah kanan, jalan terus. Setiap 10 menit, ferry-nya jalan, lama perjalanan sekitar 10 – 15 menit.
ð  Nginap 1 malam di Luckyiha Hotel, Male. 
Jadwal Ferry
 Tanggal 4 Mei 2016 :
ð  Pada intinya, di Male, tidak banyak yang bisa dilihat. Bangun pagi, langsung ke jetty dekat hotel. Airnya jernih banget, walau didekat kota, ikan yang ada sangat cantik, warna-warni. Tidak perlu snorkeling juga bisa menikmatinya. Setelah sarapan di hotel, keliling kota. Sambil menunggu ferry menuju ke Maafushi Island.

ð  Ferry berangkat jam 14.30 dari Jetty Villingili. Disini, harus lebih smart. Bakal ada yang nawarin naik ferry angkut barang. Dia akan kasih alasan ini itu, lebih cepat pakai ferry inilah, tidak ada transit ke pulau lain. Kemudian dia akan menawarin kamu pakai speedboat dan sebagainya. Penting untuk dicatat : Jangan sampai ketinggalan ferry, karena begitu sudah ferry pergi, siap relakan Dollar kamu melayang begitu saja. Ada traveler yang dari Male ke Maafushi per speedboat 150 Usd. Kalau rombongan sih bisa bisa sharing, tapi aku tetap pilih naik ferry saja dengan harga 22 Rufiyaa. Beli tiket ferry diloket resmi ya. 
ð    Perjalanan dari Male ke Maafushi Island sekitar 2 jam perjalanan. Aku sih tidak mau tidur, karena selama perjalanan, banyak pemandangan bagus yang menanti. Tidak bisa nginap di resort, tapi kan boleh dong melihat resort dari dekat. Aih… bagusnya.. Kamu akan satu ferry dengan orang lokal. Jika sudah sampai di Gulhi, berarti sebentar lagi akan sampai.
ð  Tiba di Maafushi Island, karena aku nginap di Kaani Beach Hotel, begitu turun dari ferry, sudah ada bawa papan yang tertulis namaku. Semua bagasi akan diangkut pakai gerobak dorong. Aku beli 4 juta untuk 3 malam sudah termasuk breakfast ( buffet ). Depan hotel langsung pantai, Bikini Beach tepat berada didepan hotel ini. 
Loket resmi jual tiket di Jetty Villingili
Tanggal 5 Mei 2016 :
ð Beli paket daily trip ke Adaaran Club Rinnalhi Resort. Entrance fee : 70 Usd. Sedangkan untuk transport kesana, harus naik speedboat. Jika ada teman lainnya, lebih murah. Harga per speedboat 150 Usd. Kalau sendiri, ya bayar segitu. Diatas 7 orang, jadi 30 Usd per orang. Kemaren aku ajakin backpacker yang aku kenal di ferry, total berangkat 7 orang, hasil negosiasi, aku bayar 20 Usd saja. Total bayar 90 Usd.
ð  Harusnya berangkat jam 8.30 pagi, kami baru berangkat jam 9.00 pagi. Seharian di resort, dapat minum sepuasnya, mulai dari teh dan kopi, sampai cocktail dan wine. Ada snack time dan lunch time yang bisa kamu makan sepuasnya. Ya, selebihnya, suka-suka kamu, mau apain saja, kecuali masuk kamar buat tidur. Mau main dipantainya, berenang, foto-foto sampai mampus. Jam 5 sore dijemput kembali ke Maafushi.
Tea Time di Adaaran Club Rinnalhi 
Tanggal 6 Mei 2016:
ð  Beli paket ke Sandbank, snorkeling 2 tempat, lihat dolphin dan Island hopping di Guraidho. Bayar 38 Usd per orang sudah termasuk transport pp dan makan siang di Sandbank. Berangkat jam 9 pagi, pulang jam 5 sore. Di Sandbank, menikmati pantainya sampai waktunya habis, foto- foto sampai kamu lelah, dan siapkan kulitmu untuk pulang dengan gosong.
ð  Setelah pulang dari trip hari ini, aku sambung menikmati sun shower lagi di Bikini Beach dan chasing sunset. Disini, tidak perlu bayar.
Sandbank Sexy Beach
Tanggal 7 Mei 2016:
ð    Bersiap untuk pulang ke Male, karena flight ke KL jam 9 malam.
ð  Setiap pagi, aku bangun jam 5.30 pagi untuk melihat sunrise sembari gowes sepeda keliling pulau. Sepeda free dari hotel.
ð    Di Maafushi, tidak banyak yang bisa dilakukan. Menunggu ferry datang jam 12.55 waktu setempat. Ingat, jangan sampai ketinggalan ferry kecuali kamu rela keluarkan dollar kamu. Harganya 22 Rufiyaa untuk kembali ke Male. Perjalanan juga sama, sekitar 2 jam.
ð  Sisa waktu setelah sampai di Male, aku gunakan untuk cari souvenir dan jalan- jalan disekitaran Male. Ada alternatif lain juga sih, kamu bisa kunjungi Hulhumale atau nyebrang ke Villingili Island. Ferry ada setiap 10 menit. Asal jangan lupa waktu, sampai ketinggalan pesawat.
ð  Dari Male ke airport naik ferry 10 Rufiyaa, kalau kamu bayar pakai dollar, kamu akan ditagih 1 Usd.
ð  Oh ya, saat hunting souvenir di Male, lebih smart aja, ilmu tawar menawar juga perlu disini. Selain harganya mahal, banyak calo yang bawel yang mau antarin kamu ke toko, kan dia dapat fee, so harganya jadi lebih mahal lagi. Ditolak aja tuh calo.
ð   Malamnya pulang deh ke Kuala Lum pur pakai Airasia. Perjalanan butuh 4 jam. Tiba di Kuala Lumpur sudah jam 5 pagi, Menunggu flight kembali ke Jakarta sore pakai KLM.

Biaya perjalanan :
Tiket pesawat pp total                                        : Rp. 2812.087,-
Hotel 4 malam                                                    : Rp. 2.491.756,-
Resort trip ( entrance fee dan transport )           : Rp. 1.188.000,-
Sandbank trip                                                     : Rp.    501.600,-     
Tukar 7,5 dollar untuk biaya transport,dll          :Rp.      99.000,-
Total                                                                     Rp. 7.092.443,-            

Catatan :
1.  Untuk biaya hotel, aku sharing dengan teman, sehingga lebih hemat. Hotel tempat aku nginap termasuk hotel bintang 4, kamu bisa mendapatkan harga lebih murah lagi. Backpacker asal Malaysia bayar 40 Usd per malam untuk 1 orang. Sebenarnya harga itu hampir sama seperti yang aku bayar di Kaani Beach Hotel per orangnya sekitar 47 Usd. Fasilitas Kaani Beach Hotel lebih baik.

2.  Selama di Maldives, tidak ada biaya makan sama sekali. Pagi breakfast di hotel, siang sudah dapat makan dari trip, malam masak sendiri dikamar. Jadi bawa rice cooker, bawa beras, bawa lauk - pauk selera masing- masing. Tidak ada biaya beli air minum juga. 

3.   Harga makan di Maldives relatif mahal, antara 10 - 15 Usd sekali makan. Ini aku dengar dari mereka yang makan. Untuk dessert saja bisa 8 Usd. 

4.   Perbedaan waktu : Maldives lebih cepat 2 jam dibanding Jakarta.

5.   Bisa bertransaksi dengan Rufiyaa atau dengan Usd. 

6.   Tidak perlu Visa ke Maldives.

7.   Beli paket trip ke resort dan trip lainnya, aku beli di Kaani Beach Hotel. Banyak travel agent yang jual paket trip juga kok. Tinggal cari harga termurah saja. 

8.  Transportasi antar pulau pasti pakai ferry atau speedboat. Kecuali kamu mau berenang. Tidak bisa bebas pindah pulau. Kalau ikut trip, sudah ada jadwal antar jemputnya. 

9.   Cek jadwal ferry dengan benar. Jangan sampai ketinggalan. Sesuaikan flight kamu dengan jadwal ferry. NO SCHEDULE ON FRIDAY. 

10. Total biaya perjalanan aku Rp 7.092.443,- . Bayangkan jika aku ke Maldives tanpa paket resort trip dan Sandbank trip, total biaya perjalananku Rp 5.402.843,-. Tapi, apa artinya, sudah di Maldives, tidak menikmati Maldives sesungguhnya. Karena jika, kamu hanya di Maafushi Island atau pulau penduduk lainnya, 1 hari saja sudah pasti bosan, karena memang tidak ada apa-apanya. Ini kembali lagi ke tujuan masing- masing orang.  So, sebenarnya hanya dengan 5 juta sudah bisa mengunjungi Maldives, rajin- rajinlah cek tiket promo, kalau bisa datang minimun 2 orang, bisa share biaya kamar dan bisa masak bareng. Bisa saja, biaya perjalanan kamu lebih murah dari aku. Lets go traveling friend, life only once... 
Ini di Male City lho...
Postingan selanjutnya, aku breakdown detail per masing- masing kegiatan. So, tungguin ya...


With Love,

@ranselahok
---semoga semua mahluk hidup berbahagia---

                                               
Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

54 komentar :

  1. Hallo mas Ahok,

    Keren bgt baru balik lgsg udh ada ajah IT jalannya. Bener2 membantu <3

    Mau nanya juga mas, itu tiket PP bisa dapat 2.8jtan belinya sejak kapan?
    Soalnya ada rencana mau pergi 10 org temen2 kantor, dari kemarin hunting di harga 6jt-an smart combonya malaysia airlines. Coba cari airasia di traveloka kok ga keluar yah..

    Thanks for sharing perjalannnya. Asli bikin tambah pengen. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir...

      Tiketnya aku beli tahun lalu bulan Agustus 2015. Coba langsung cek ke airasia saja. Yupss.. semoga kesampaian ya ke MALDIVES nya... Seru kok.. bagus benar...

      Delete
  2. Halo... Informatif sekali tulisannya. Senang membacanya.

    Mau menambahkan juga, selain Maafushi Island, ada Thinadhoo Island di Vaavu Atoll yang luar biasa indahnya. Terdapat hotel dengan harga menarik dan super duper murah. Nama hotelnya adalah PLUMERIA MALDIVES Hotel.

    Punya beberapa paket bermalam plus breakfast, lunch, dinner.

    Untuk info lebih lanjut bisa hubungi: sales.indo@plumeriamaldives.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Hi,

    Mau tanya nih paket nya ini beli dmn yah?

    "Beli paket ke Sandbank, snorkeling 2 tempat, lihat dolphin dan Island hopping di Guraidho. Bayar 38 Usd per orang sudah termasuk transport pp dan makan siang di Sandbank."

    Lagi mencari2 excursion buat trip Sep ini nih.

    Thanks!
    Ria

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kemaren beli di Kaani Beach Hotel, tempat aku inap...

      Delete
  4. hotel 4 malam segitu itu muraaah, kalau sharing tambah murah lagi ya hehe.
    Maldives emang menganggumkan pantainya, suka sama warna biru laut, tapi entah kenapa ada rasa takut sendiri ketika naik kapal ferry haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Thanks ya sudah mampir..

      Delete
  5. Nice Artikel..
    Ditunggu kunjungan baliknya di http://www.dzikirsm.web.id/2015/06/tanda2-datangnya-bulang-ramadhan-puasa.html
    .
    .
    #SalamBlogger #Blogwalking

    ReplyDelete
  6. oga bisa ke maldives juga

    Salam santun

    semesta-berbicara.com

    ReplyDelete
  7. Maldives keren

    www.merywahyu.com

    Salam BW

    ReplyDelete
  8. wah nginep di maldives selama 4 hari cuma habis 7jutaan, cukup murah dan terjangkau untuk kantong mahasiswa...
    Haha betul, namanya jg pantai jadi siap siap kulit gosong X)

    http://www.sastraananta.com/2016/05/cara-mengatasi-writers-block_10.html

    ReplyDelete
  9. Miris ya, jalan-jalan ke luar negeri selalu lebih murah dibandingkan dalam negeri huhu. Keren banget Maldives. Ohya, udah ikutan lomba blog Paybill.id? Katanya menarik hadiahnya hehe ini link-nya http://bit.ly/SatuBlogPaybill Semoga beruntung!

    ReplyDelete
  10. totalnya banyak banget ya, mahal bagi saya karena saya belum bisa mendapatkan gaji yang lumayan. Tapi kalau saya wisata baisanya ngabisini gak lebih dari 100.000... Saya tinggal di bali, gak perlu nginep gak perlu cari guide, udah bisa keliling-keliling bali dengan uang seadanya. hehehehehhe... kebetulan juga nih aku tinggal di bali, tempat wisata di bali banyak yang bagus-bagus, gak kalah sama tempat wisata yang ada di luar negri.

    ReplyDelete
  11. Kok murahbanget sech kak, ini lebih murah dari pada ke ora beach

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaka Cumi... akh... makasih mampir kesini...

      Delete
  12. mas mau nanya deh , klo kita berniat nginap di resort barang 1 malam , kan mereka bisanya jemput di airport, nah berarti klo saya mau nginap di maafushi di hari2 sebelumnya , maka kita harus balik dulu ke airport gitu ya buat dijemput sama mereka. rencana pengennya nginep semalem aja buat hari terakhir di maldives , masih bingung soal pindah2 pulaunya ituh . makasih yah mas infonya kereeennnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kontek pihak resortnya deh, harusnya mereka mau jemput di Maafushi. Jadi tidak perlu kembali ke Male atau airport dulu. Soalnya, pas kemaren aku disana, ada yang kek gitu, sama- sama di Maafushi, aku pulang, mereka lanjut ke resort, minta resortnya jemput ke Maafushi. Kasih tahu, detail jam berapa dan tinggal di hotel apa di Maafushi. Seharusnya bisa. Terima kasih sudah mampir.

      Delete
  13. keren postingannya..
    anw waktu beli paket dikonfirmasi dari indo atau wktu disana baru pesen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih..

      Paket beli disana.. Join dengan yang lainnya, biar murah...

      Delete
  14. Hi september ini mau ke Maldives utk honeymoon. Cuma sy masih gagal paham. Mau tanya dong bedanya hulhumale sama male city? Berhub pakai airasia jg sampai disana malam, menurut mas enakan transit dimana hulhumale atau male city? Soalnya besoknya saya lanjut nginep di resort adaaran ranalhi itu. Kalo nyampenya malem lgsg kesana rugi dooong hehe thank uuu ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. asiknya yang honeymoon kesana...
      Hulhumale dan Male city adalah 2 kota yang berbeda tapi berdekatan. Keduanya juga dekat ke airport. Sama saja, mau inap di Male atau Hulhumale. Aku sih belum pernah inap di Hulhumale, jadi no comment. Tapi Male adalah ibukotanya. Semoga bisa membantu.. Have fun ya...

      Delete
  15. Hi.. Mau nanya donk gimana cara beli paket bermalam di Kaani Beach Hotel dengan harga segitu? Lewat agoda atau travel agency? Thanks before..

    ReplyDelete
  16. mas mau tnya donk, september akhir ini saya ke maldives, stay di arena hotel maafusi hari ke 2 nya, tapi hari pertama di hulhumale, ferry dari hulhumale ke male city setiap berapa jam sekali yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya jangan hari Jumat, tidak ada ferry kesana. Kalau ferry dari Hulhumale ke Male mah setiap 10 atau 15 menit sekali.

      Delete
  17. Minta pinnya atau no hp atau emailnya dunk. Biar mudah kalo mau tanya2

    ReplyDelete
  18. Halo mas ransel
    duh makin mupeng banget buat segera melalak cantik ke Maldives.
    urusan imigrasi nanti ribet gak mas ?
    cocoknya kesana berapa hari ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Ririn,

      Imigrasi mah gampang banget..
      Kalau berapa hari? Tergantung sih, kalau kuat bayar, netap di resort ya berapa hari saja bisa.. apalagi kalau suka laut dan pantai... hahahaha...
      Kalau tinggal di Maafushi, mungkin 5 hari kali ya...

      Ranselahok.

      Delete
  19. Mas Ahok. Di imigrasi malaysia dan maldives boleh ya bawa beras dan lauk pauk ? Itu kita declare di kartu imigrasi yg kita isi atau tdk ?makasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren sih bawa beras sama makanan yang sudah siap makan. Aku tidak ada declare kok. Tidak lapor. Waktu itu sih, aku tidak ada kendala sama sekali. Tidak isi di kartu imigrasi juga. Ke Malaysia kan memang tidak perlu isi kartu imigrasi, tapi pas mau keluar, diminta scan. Tidak ada kendala juga sih.

      Delete
  20. duuuh mas aku mupeng bgt bacanya, aku lg cari tiket promo jg buat kesana tp ko itu bisa murah bgt ya tiketnya, segitu udah termasuk bagasi dan lain sebagainya blm sih?

    ReplyDelete
  21. Dari airport naek ferry ke maafushi nya katanya dijemput pihak hotel di pelabuhan, apa kita perlu special request saat booking atau memang pasti langsung dijemput sama pihak hotel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu komunikasikan saja ke pihak hotelnya.

      Delete
  22. ko ahok.. saya mei kesana ber3 cewek2 dgn 2 anak saya 3&4th. Krn cuma 2 hari disana pengen maksimalin waktu. Bisa gak ya pas smp bandara malam jam 8an langsung ke maafushi island? soalnya klo nginep semalam di male/hulhumale kok buang2 waktu dan biaya ya.. Ada saran supaya liburan kami maksimal? kesana pgn ada kegiatan ke penangkaran penyu yg cocok sama bocah2, kira2 brp ya biayanya?
    lalu klo 1 dewasa dgn 2 bocah hitungan hotelnya 2 orang atau 3 orang ya ko?

    Makasih sebelumnya ya

    Fiona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung kok ke Maafushi, tapi sewa speedboat sendiri, per orang 25 usd ( harga waktu itu ), sekarang tidak tahu ya... Terus untuk anak kecil juga tidak tahu berapa harganya.

      Untuk paket wisatanya, tinggal sesuaikan saja. Tanya ke pihak hotel deh atau beli paket dari luar hotel. Kemaren itu sih, aku nginap di hotel yang ada buat paket wisatanya. Soal biaya, cek langsung saja ya...

      Tentang kamar hotel buat bertiga, hahaha.. aku tidak tahu ya. Itu kan kebijaksanaan pemilik hotel. Harunsya sih boleh lah, orang dewa 1 plus 2 anak kecil untuk 1 kamar saja.

      Semoga bermanfaat, selamat liburan ...

      Delete
  23. Mas aq nyampe nya hari kamis malam. Jumat gda fery nya.. Ad alternatif lain? Tq ya...

    ReplyDelete
  24. Keren kali adekku ini. Udah sampe ke Maldives aja ko, Deeek. Doakan awak nyusul.

    ReplyDelete
  25. Koh Ahok. Nyambung pertanyaan yg dulu soal imigrasi di maldives , kita hrs mengisi form imigrasi kan ? Barang2 yg kita bawa klo ada makanan dan beras harus diisi juga kah? Atau gak ada pertanyaan tentang bahan makanan atau beras yang dibawa ? Soalnya klo di negara lain yg ketat kan gak boleh bw makanan . Jd hrs diisi di formnya atau dideclare. Atau gak ditanya sama sekali soal ini di imigrasi maldives? Mohon pencerahannya ya koh. Mau kesana pas puasa ini , klo gak bw bhn mknan takutnya gak ada resto atau cafe yg buka. Pdhl pny sakit maag. He3...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, kemaren itu aku masih ada isi kartu kedatangan. Aku tidak declared sama sekali. Aku bawa beras dan makanan kering. Jadi, turun pesawat, lewat imigrasi, tidak perlu repot. Tidak ada voa juga. kemudian ambil bagasi, terus keluar. Gitu aja...

      Delete
  26. Koh. Nanya lg ya... apakah wkt nginap di hotel paspornya ditahan pihak hotel atau hanya dilihat aja wkt check in? Trus apakah msh hrs bayar green tax hotel klo kita uda byr hotel pake CC lewat agoda? Klo msh byr green tax berapa ? Dihitung per orang atau per hari ? Makasih bnyk sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren sih, paspor cuma dilihat saja untuk check in, dibalikin kok. Nah untuk tax, baca teliti saja di details biaya yang wajib dibayar. Aku sih tidak bayar apa - apa lagi.

      Delete
  27. Koh Ahok. Bukankah jadwal ferry dr maafushi ke male itu jam 07.30 pagi. Bukan jam 12.55 siang hari. Atau ada 2 kali jadwal public ferry setiap hari kecuali jumat dari maafushi ke male dan sebaliknya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah, ada hari yang punya 2 jadwal deh. Cek jadwalnya saja di hotel kamu nginap, ada kok informasinya,jelas. Jumat tidak ada public ferry sama sekali disana, kecuali kamu sewa speedboat sendiri.

      Delete
  28. Ko , selain maafusi yang rekomdid pulau apa lagi ? Yang mudah transportasi, aktivitas sehari hari nyaman, Indah tapi low budget... heheh

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts