Ketemu Putri Huan Zhu Di Summer Palace , Istana Musim Panas

Mendarat di Beijing memuluskan langkah aku untuk bisa segera menginjakkan kakiku di Tembok China, begitulah impianku selama ini. Selain Great Wall yang terkenal di seantaro dunia, Cina mempunyai tempat wisata yang sangat menarik, salah satunya, Summer Palace. Atau Istana Musim Panas Kaisar yang dikenal  sebagai salah satu tempat syutingnya serial Putri Huan Zhu ( My Fair Princess ) adalah tempat pertama yang aku kunjungi bersama mama.


Sesuai dengan namanya, Istana Musim Panas, Istana digunakan oleh Kaisar saat musim panas tiba. China mempunyai 4 musim sepanjang tahunnya. Bisa langsung tanya om Google kalau ingin tahu lebih jelas pembagian musimnya.

Summper Palace bukanlah satu- satunya taman / istana yang dibuat saat itu. Masih banyak taman lainnya yang tidak kalah cantik dan bagus. Hanya saja, sekarang ini, kondisinya sudah kurang terawat, bahkan sudah rusak. Dan juga, Summer Palace letaknya lebih dekat, sehingga lebih banyak dikunjungi para turis dunia untuk menyaksikan bukti sejarah China


Istana ini dibangun pada zaman Dinasti Qing. Tempat ini lebih mirip sebuah taman yang sangat luas. Ada danau yang mengelilingi, ada tempat santai, pepohonan yang rindang, dan pasti, ada paviliun , tempat istirahat Sang Kaisar. Danau dan gunung adalah buatan manusia. Hebatnya manusia.


Menurut sejarah, Kaisar tidak sembahyang. Tapi terdapat sebuah pagoda yang berdiri agung tepat diseberang Paviliun Kaisar. Konon kabarnya, pada saat proses pembuatan Summer Palace, ditemukan peti mati Permaisuri dari Dinasti terdahulu. 

Penemuan ini membuat gusar Kaisar. Bahkan Kaisar bermimpi didatangi Sang Permaisuri. Keadaan ini semakin membuat Kaisar khawatir. Akhirnya, Kaisar meminta pendapat orang hebat ( semacam ahli Feng Shui ). Kesimpulannya, Kaisar disarankan membuat sebuah Pagoda untuk menghormati Sang Permaisuri tersebut, karena sudah memakai tempatnya. Istilahnya, minta izin-lah. 


Summer Palace memang terasa sangat indah, sejuk dan tenang. Yang pernah nonton Putri Huan Zhu, ya begitulah istana itu apa adanya. Karena banyak pepohonan yang rindang, sehingga kawasan ini sangatlah nyaman dan dingin. Apalagi ada pegunungan. 

Pada zaman itu, kabarnya, setiap musim panas tiba, Kaisar akan pindah ke Summer Palace dengan menggunakan kapal dari Komplek Istana Kaisar. Sehingga tidak pernah melewati pintu gerbang depan. Sekilas begitu aku dengar dari orang lokal. Benar tidaknya, kagak tahu deh. Mungkin bisa dibandingkan dengan artikel dengan tema yang hampir sama juga sih. 


Selama 2 jam disana, sebenarnya tidak cukup untuk saya melihat puas Istana megah ini. Banyaknya turis yang datang mengunjungi peninggalan sejarah Cina, kebanyakan juga turis lokal. Setiap spot penuh dengan sejarah, penuh dengan arti. Jika kamu yang suka akan wisata sejarah, Cina menjadi negara yang cocok untuk kamu kunjungi. Seperti di Summer Palace saja, jembatan yang menghubungkan paviliun yang terpisah oleh danau juga mempunyai arti dalam pembuatannya. 

Selama itu juga, aku dibawa kembali ke serial Putri Huan Zhu. Aku seakan masuk ke serial itu. Ikut main bersama Zhao Wei. Hahahaa... Seakan bertemu dengan Putri Huan Zhu nan cantik dan jelita. #Lebay...


Dibangun diatas lahan yang memiliki luas sekitar 300 hektar. Ada 3.000 bangunan. Untuk area bangunannya diatas lahan 700.000 meter persegi, yang terdiri dari jembatan, koridor, paviliun , menara dan lainnya. Tiga per empat bagian Istana ini merupakan air.

With Love,

@ranselahok
---semoga semua mahluk hidup berbahagia---



Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts