3 Waktu Berbuka Puasa di Burj Khalifa, Dubai

Walau saya bukan umat muslim, tapi hal- hal yang berhubungan dengan ajaran Islam selalu menarik hati untuk saya pelajari. Salah satu penyebabnya, teman- teman sepermainan saya banyakan muslim, orang- orang yang ada dilingkungan saya juga banyak muslim. Saya sangat menikmati hubungan pertemanan seperti ini, hubungan sosial sesama yang harmonis. Bahasan tentang ajaran Islam, saat ini, umat Muslim sedang menjalankan Ibadah Puasa. Menggunakan kesempatan ini, saya mengucapkan " Selamat Menjalankan Ibadah Puasa ".

Dan tentang Ibadah Puasa, satu fakta adalah soal jam berbuka puasa, yang ditandai dengan Azan Magrib masing- masing wilayah. Artinya jam berbuka satu wilayah bisa berbeda dengan wilayah lainnya. Tapi dalam satu wilayah pasti akan berbuka puasa pada waktu yang bersamaan.  Ini biasa dilakukan teman- teman yang menjalankan Ibadah Puasa sejak dulu sampai sekarang ini. 

sumber foto : google 
Tapi keunikan terjadi disalah satu gedung tertinggi di dunia yang ada di Dubai, Gedung Burj Khalifa yang mempunyai ketinggian 829,8 m. Karena ketinggian tersebut, para penghuni gedung tersebut dibagi menjadi dalam 3 waktu yang berbeda dalam menjalankan Ibadah Puasanya, dalam hal ini yang dimaksud adalah jam sahur dan jam berbuka puasa. 

Di Gedung dengan total 160 lantai, Burj Khalifa, para penghuni yang berada dilantai 1 - 80 berbuka puasa lebih cepat atau sesuai dengan jadwal buka puasa setempat, sesuai dengan Azan Magrib yang berkumandang. Sedangkan untuk para penghuni yang berada dilantai 81 - 150 akan berbuka puasa 2 menit setelahnya, kemudian yang berada dilantai 151 - 160, akan berbuka puasa 3 menit berikutnya. 

sumber foto : google
Begitu juga dengan jadwal Salat Subuh, penghuni dilantai 81 - 150 akan lebih cepat 2 menit sebelum Azan Subuh berkumandang, termasuk penghuni 151- 160, akan lebih cepat 3 dalam menjalankan Salat Subuh.

Ini bisa terjadi karena perbedaan jarak matahari terbit dan tenggelam dari batasan lantai yang ada digedung tersebut. Lantai paling bawah , matahari tenggelam lebih cepat, dibanding dengan lantai paling atas, mataharinya tenggelam lebih lambat 5 menit. 

With Love,

---semoga semua mahluk hidup berbahagia---




Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts