Oleh- Oleh Khas Medan

Ada baiknya sih membaca beberapa tulisan berikut ini dulu sih : Medan adalah Surga Kuliner, Medan - Kota Metropolitan, Fakta Bandara Kuala Namu, Nikmati Air Terjun Sipiso - piso, Ke Berastagi Yuk... Danau Toba.. sebelum membaca tulisan dibawah ini...  Hehehee... Tapi kalau sudah pernah baca ya sudah, terima kasih deh... Kalau tidak mau juga tidak masalah sih.. 

Nah, setelah jalan- jalan ke Medan dan objek wisata yang ada disekitarnya sampai ke Berastagi dan Danau Toba, saatnya kembali ke rutinitas keseharian, artinya liburan telah usai. Tentu, yang namanya jalan- jalan, terkadang satu kata ini, oleh- oleh , menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Entah itu sekedar souvenir atau sejenis makanan. 

Tidak bisa dipungkiri lagi, berkunjung ke Medan, beberapa buah tangan berikut ini telah menjadi ciri khas :

1. Bika Ambon

Sepanjang jalan Mojopahit dekat Petisah ini menjajahkan dagangan kue bika ambon. Aku yang orang Medan juga masih bingung, kenapa namanya bika Ambon ya? Padahal sudah jelas, kue ini buatan Medan, kenapa Ambon yang dibawa- bawa. 


Tidak perlu takut kehabisan stok, ya karena itu, sepanjang jalan, semua toko berjualan produk yang sama. Hanya tergantung selera saja dan kenalan sih sebetulnya, mau beli ditoko yang mana. Bika Ambon Zulaikah yang menjadi primadona. Kalau aku sih lebih suka bika ambon Ati. 

Sekarang, harganya sudah tidak tahu berapa per loyang. Dulu sih sekitaran Rp 35.000,- / loyang. Selain kue bika, mereka juga menjual lapis legit, mascovis,  dan bolu gulung. Ya.. urusan kue- kue deh.  

2. Bolu Gulung Meranti


Ini yang menjadi hits-nya Medan. Tidak tahu kenapa dengan beribu pertanyaan dalam hati. Apa sih yang menarik hati dari bolu gulung ini ? Satu batang bolu gulung ini dihargai Rp 60.000,-. Dan sepertinya , aku sudah tidak perlu menceritakan detailsnya lagi deh. Sekarang ini, mereka sudah pindah ke jalan Kruing dan buka cabang di jalan SM.Raja.

3. Durian House


Semuanya ya terbuat dari bahan durian. Mulai dari bolu gulung hingga bika ambon, juga beraroma durian. Paling enak ya pancake durian. Dijual per box isi 10 pcs, Buat kamu yang ingin makan durian tapi tidak mau ribet, ya cocok-lah, sama pancake durian ini. Durian house ada di jalan Sekip, jalan Krakatau

4. Durian Ucok

Entah kenapa, durian telah begitu fenomenal ya. Sama seperti bolu gulung dan bika ambon, durian juga menjadi santapan harus, ketika main ke Medan. Ya , sebenarnya, tidak harus Ucok sih, masih banyak orang lain yang menjual. Mungkin, trik marketingnya lebih bagus, dengan kualitas duriannya yang bagus dan terjaga dengan pelayanan yang mantap. 


Ngomongi durian sih, tentu, makan durian di Medan, terasa beda banget, makan durian di kota lain, seperti Jakarta. MAHAL !!! Karena itu juga, mungkin, setiap orang yang ke Medan, pasti berburu durian. Pengalaman terakhir aku makan durian di Medan, pas di Ucok, aku merasa mahal. Bisa jadi, karena dia sudah tenar dan paling dicari. 

5. Markisa dan Terong Belanda

Pilihan lain yang tidak boleh dilupakan ya Markisa asli dan Terong Belanda khas Berastagi. Biasanya sih yang paling enak ya yang home made. Lebih asil karena tidak ada campuran. Markisa dan terong Belanda ini bisa didapatkan di toko kue yang kamu datangi, atau ke supermarket terdekat. 


Untuk buah markisanya yang masih mentah, itu sebenarnya bisa langsung dimakan begitu saja. Dan enak loh. Aku makan banyak buah ini sewaktu masih kecil. 

Segitu ya, semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang berencana wisata ke kota kuliner, Medan. Tinggal pilih saja, mau bawa pulang apa oleh- oleh khas Medannya

note : semua foto- foto sumber dari google.

With Love,

@ranselahok
Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda "Oleh- Oleh Khas Medan". Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas informasinya. Semoga sukses selalu.
    http://grosirsponmandi.klikspo.com/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts