Medan Adalah Surga Kuliner

Okey, saatnya mengenal lebih dekat beberapa kuliner yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke kota kelahiranku.. Medan... 

1. Nasi Goreng Pagaruyung - Kampung Keling

Well, jangan takut bakalan kesasar kalau ingin main ke Kampung Keling, begitu sebut saja, semua supir transportasi umum bakalan tau. Becak motor, angkot sampai taksi pasti bisa mengantarkan kamu sampai tujuan tanpa mutar- mutar tidak jelas. 

sumber : google
Sebenarnya, alamatnya adalah jalan Zainul Arifin, tapi lebih beken dikenal dengan sebutan Kampung Keling. Bukan tanpa alasan sih, karena di Medan, populasi, teman- teman keturunan India ya paling banyak disini. Hubungannya adalah , sebutan untuk teman- teman keturunan India ya KELING. ( BUKAN RASIS YA... ) Ya begitulah adanya, sejak dulu, sekarang hingga nanti...#iklan banget yaa.. hahaha....
sumber : google
Lahh, kulinernya apa ya? Selain Sun Plaza yang juga terletak didaerah ini, kamu bisa minta diantarkan / jalan ke Pagaruyung. Mereka menjajakan makananya mulai jam 5 sore ke atas sampai larut malam. Street food. Aneka makanan lokal mulai dari martabak telur dengan kuah karinya, roti cane hingga nasi goreng yang menjadi andalannya. 

sumber : google
Jika sore- sore, cemilan yang banyak dijumpai ya tahu Sumedang. Kalau orang Jakarta sebutnya tahu isi.  Oh ya berbicara tentang nasi goreng, disimpang jalan Teuku Umar, sebelah rumah sakit, ada jualan nasi goreng, ramai banget dan enak. Antrinya lama. Yang buat asik ya melihat kokinya sedang menggoreng nasinya. Bukan satu dua porsi, sekali goreng bisa hingga puluhan porsi. Dengan kualitas yang tidak beda. 
sumber : google
Tepat didepan yang jualan nasi goreng ini, ada tempat ibadah umat Hindu. Kalau kamu suka hunting foto dan wisata religi, bolehlah coba kesini.

2. Nasi goreng Pandu

Tidak jauh berbeda dengan menunya yang di Pagaruyung, hanya beda tempat saja. Jalanan kecil disalah satu sudut Pandu ini disulap menjadi tempat kuliner pada malam harinya. 

sumber : google
 3. Mie Aceh Titi Bobrok

Hahaha... Mie Aceh, ngangenin banget bro... Entah kenapa, disini rasanya beda dan jauh enak jika dibandingkan yang pernah aku makan di Jakarta. 

sumber : google
4. Durian 

Buat aku, tidak mesti ke yang terkenal itu. Di Medan, gampang sekali menjumpai orang yang jualan durian. Aku punya langganan sendiri di jalan Adam Malik. Dulu, kalau lagi kepengen, habis ngantor, sama rekan kerja , tengah malampun bisa melipir kesini buat makan durian. 

sumber : google
Tapi yang terkenal dan sering beredar di berita kuliner ya Durian Ucok. Ya ..pilihan sih.. Mau kemana? Di simpang jalan sunggal juga ada, enak dan lebih murah. 

5. Mie Sop Ceker

Berada di jalan Pasundan, tempat jualan yang dulunya kecil dan apa adanya, kini sudah berubah menjadi rumah gedungan dan jauh lebih bersih, Jualannya bihun/mie putih/ kwetiau campurannya ayam dan bakso tahu. Maknyoss. Paling terkenal ya mie sop cekernya. Atau lebih dikenal dengan mie sop Pak Le. Mulai jualan jam 2 siang.

sumber : google
6. Mie Sop Kampung Anggrung

Warungnya terletak diatas parit, begitu juga kita makannya disana juga. Tapi ramainya luar biasa. Yang paling dicari orang adalah ayam gorengnya. Tidak tahu apa alasannya, padahal setiap kali makan kesana, selalu ngedumel, ayamnya keras, tetap saja , bolak balik mulu. Jualannya mulai jam 3 sore.

Masih banyak lagi kuliner yang harus kamu cicipi, seperti yang pernah aku bahas sebelumnya disini : Berburu Kuliner di Kampung Halamanku. Dan Kuliner di Komplek Cemara Asri. 

Jadi tidak salah bukan, kalau Medan adalah surga kuliner? Buat kamu penggila kuliner, hayuk.. sisipkan waktumu untuk traveling ke Medan, rasakan sensasinya yang berbeda dari cita rasa Medan yang siap menggoyang lidah kamu. Percayalah....!!!

note : foto- foto semuanya bersumber dari google

With Love,

@ranselahok
Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar :

  1. wow aku suka banget sama duriannya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayukk.. dikat duriannyaa bang Salman...

      Delete
  2. Untuk nasi gorengnya saya sangat suka. Nasi goreng versi apa saja sangat lezat.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts