[ Review Film ] : Judgement Day , Jika Hari Kiamat Tiba

Sungguh memberi warna tersendiri dari film Judgement Day yang disutradarai oleh Ong Kuo Sin pada tahun 2013 silam. Ceritanya sederhana, ringan dan santai. Membahas tentang kehidupan manusia, keseharian manusia, hingga apa yang akan dilakukan manusia disaat detik - detik terakhir sebelum mencapai ajalnya. Dikategorikan sebagai komedi drama dari Singapore, film yang semua pemainnya, sama sekali tidak ada yang saya tahu.

Tidak seperti film BOX OFFICE yang selalu menggunakan hi- teknologi, kecanggihan komputer dan sebagaiya, film ini malah tidak ada sama sekali. Seperti apa adanya bagaimana  kehidupan warga Singapore dalam kesehariannya. Berdialog dalam bahasa Singlish ( Singapore Engish ), bahasa Hokkian dan bahasa Mandarin. 

Mengisahkan tentang bencana alam, lebih terperincinya adalah, warga dunia, hanya tersisa waktu 72 jam saja kehidupan dibumi ini, karena tepat 72 jam lagi, bumi akan ditabrak sama dengan satu meteor berukuran sangat besar. Hantaman itu menjadikan bumi hancur dan porak- poranda, sekaligus mengakhiri kehidupan manusia dibumi, singkatnya, KIAMAT. 

Dibungkus dengan cerita yang sederhana, akting pemain yang natural, mereka mewakili sebagian watak manusia. Mereka menceritakan apa yang menjadi harapan dan keinginan manusia diakhir hidupnya. Apa yang akan kamu lakukan disisa akhir hidupmu? Keinginan terbesar apa yang belum kamu lakukan selama hidup ini? Apa yang belum tercapai? Kesalahan besar apa bahkan rahasia besar apa yang selama ini kamu pendam dalam hati ?

Nah ceritanya saya tuiskan seperti begini ya...

# Seorang wanita karier dan married, presenter TV terkenal, mengaku kepada suaminya yang orang Taiwan, 2 tahun terakhir ini, kadar cinta dan sayangnya semakin berkurang cendrung sudah pindah ke lain hati. Dia mencintai atasannya secara diam- diam selama ini. Dengan terpaksa, si suami harus menyerah dan mengiklaskan si istri ke pelukan orang lain. Sedangkan si suami melampiaskan diri ke pelacuran.

# Salesman mobil mewah memberikan sebuah mobil sport gratis kepada seorang preman yang ingin membahagiakan adiknya yang mengidap tumor ingin naik mobil mewah.

# Polisi senior mengaku ke rekannya, 25 tahun lalu terlibat dalam kasus korupsi yang menjerat atasannya masuk penjara. Ketika itu, dia masih muda, sehingga atasannya tidak melibatkannya. Uang sebanyak 100.000 dollar Singapore tersimpan rapi dalam lemari baju dan tidak pernah dipakai satu sen pun selama ini.

# Sepasang kekasih yang akhirnya putus, ketika sang pangeran melamar sang pujaan hatinya. Keinginan terakhir cewek ingin mengunjungi satu sumur di Kamboja. Sedangkan si cowok lebih ingin bersama keluarga, bergandengan tangan, menghadapi hari kiamat itu.

# Suhu disatu vihara di Singapore dipenuhi umatnya, warga berlomba- lomba datang mencari perlindungan. Semuanya datang dengan satu harapan, semoga mereka dilindungi. Tapi rahasia besar dibongkar disini, sang suhu yang selama ini dijadikan sebagai Dewa penolong ini mengaku, jika selama ini dia hanya BOHONG dan Berpura- pura saja dalam melayani.

# Satu keluarga kecil, Bapak, Ibu, dan 2 orang anak. Pada saat makan malam, si bapak, tanya apa keinginan teakhir anggota keluarganya yang selama ini belum tercapai. Si istri tidak ada permintaan, si anak pertama, cowok yang sudah besar punya satu keinginan sederhana , sedangkan anak bungsunya belum mengerti. Kemudian, pertanyaan berbalik, apa yang menjadi keinginan Bapak selama ini yang belum tersampaikan? Dan... Bapak ingin menjadi seorang wanita. Permintaan ini dikabulkan keluarga, lalu, operasi transgender dilakukan. Jadilah si Bapak menajadi seorang wanita.

1 jam sebelumnya...

Semua warga Singapore yang sudah melakukan segala keinginan terakhirnya, pengakuan dosa yang selama ini dipendam dalam hati telah dibongkar. Mereka semua bergandengan tangan, berdoa dan siap menerima kenyataan didepan mata, melihat meteor menghantam bumi. Inilah Kiamat. Semuanya sudah pasrah.

0 jam ...

Meteor menghantam bumi... Semua tegang, pejamkan mata. Satu keajaiban.. DUNIA TIDAK JADI KIAMAT. Meteor yang menghantam sampai dibumi telah pecah dan terurai menjadi batu- batuan yang kecil- kecil. Rasa syukur menggelegar dimana- mana. Semua orang bersuka cita, riang gembira dan saling berpelukan.

Setelah TIDAK JADI KIAMAT...

# Sang atasan tidak bisa menerima presenter TV cantik itu. Karena sudah bersuami, ini akan menjadi skandal besar yang bisa menghancurkan karier mereka. Si Wanita ngotot ingin tetap bersama , sudah tidak cinta lagi pada suaminya sendiri. Tapi, sang suami masih cinta dan bisa mengalahkan emosinya, mau menerima kembali si istri yang terang- terangan minta cerai demi lelaki lain. Mereka rujuk kembali dan harus menerima kenyataan lain, wanita yang ditiduri si suami pada saat pelampiasan itu mengidap AIDS.

# Salesman mengadu ke polisi, kalau dia telah memberikan satu mobil sport mewah ke seorang preman dengan suka rela. Dia meminta bantuan polisi untuk ambil kembali mobil. Yang terjadi adalah, mobil telah dikembalikan ke polisi senior yang terlibat kasus korupsi 25 tahun yang lalu. Uang sebanyak 100.000 dollar Singapore itu diberikan oleh polisi kepada si preman untuk biaya operasi adiknya. Polisi senior akhirnya ditangkap oleh rekannya sendiri.

# Cewek yang pergi ke Kamboja disusul oleh pacarnya. Mereka kembali berpacaran, alasannya kenapa ngotot mau pergi ke Kamboja , karena tempat itulah menjadi momen terindah dalam hidupnya, disanalah mereka saling berkenalan kemudian pacaran. Cowoknya pun paham , kemudian.

# Tahu tidak jadi kiamat, suhu dengan cepat mengambil kesempatan yang ada. Dia kemudian berbohong lagi, bahwa sedang dimasukin oleh para Dewa, makanya, dunia tidak jadi kiamat.

# Dan ini, kisah paling menyedihkan. Si ayah yang telah operasi transgender harus menghadapi kenyataan pahit. Hidupnya berubah drastis. Kehidupan sosialnya menjadi sorotan umum dan media. Perusahaan tempat dia bekerja juga meminta dia mengundurkan diri. Istrinya, awalnya masih bisa menerima, kemudian berubah menjadi marah atas pengakuan suami yang tidak pernah istrinya selama ini. Si anak, tentu uring- uringan. Paling disorot media, disekolah, menjadi bahan tertawa teman- teman. " Saya harus panggil Papa atau Mama? " Keluarganya hancur. Istri dan anaknya pindah. Sampai pada titik terakhir, mereka kemudian bisa menerima si suami dan si ayah.
 
Begitulah cerita dalam film ini. Menceritakan manusia apa adanya. Mengambil kenyataan hidup manusia seperti apa yang ada. Acting pemainnya okey, tidak ada penggunaan efek komputer, pokoknya santai dan seperti kehidupan apa adanya. Pergantian satu scene ke scene lainnya juga sederhana, tangis, tawa, bahagia, suka , duka juga dirasakan didalam film ini. Saya sih suka sama plot ceritanya. Saya beri 4 bintang untuk Film Judgement Day. Memberi pesan moral tersendiri, mengingatkanku pada realita kehidupan.

Jika kamu, hanya punya waktu 72 jam, apa yang akan kamu lakukan? Keinginan terbesar apa yang ingin kamu wujudkan yang selama ini belum terlaksana? Apa yang ingin kamu lakukan untuk hidupmu dalam sisa waktu 3 hari?

With Love,

---semoga semua mahluk hidup berbahagia---


Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts