Matikan Hp Didalam Pesawat !!!


--Rakyat High-Class, Tapi .....


Saya sedih mendengar terbakarnya pesawat Garuda, GA 200 pada tanggal 7 Maret 2007, pukul 07.00 pagi, jurusan Jakarta-Yogyaka rta di Bandara Adisucipto. Kejadian itu sungguh menyayat hati dan perasaan.


Kemudian saya teringat beberapa bulan yang lalu terbang ke Batam dengan menggunakan pesawat Garuda juga. Di dalam pesawat duduk disamping saya seorang warga Jerman. Pada saat itu dia merasa sangat gusar dan terlihat marah, karena tiba-tiba mendengar suara handphone tanda sms masuk dari salah satu penumpang, dimana pada saat itu pesawat dalam posisi mau mendarat. Orang ini terlihat ingin menegur tetapi tidak berdaya karena bukan merupakan tugasnya.
Langsung saya tanya kenapa tiba-tiba dia bersikap seperti itu, kemudian dia bercerita bahwa dia adalah manager salah satu perusahaan industri, dimana dia adalah supervisor khusus mesin turbin. Saat dia melaksanakan tugasnya tiba-tiba mesin turbin mati, setelah diselidiki ternyata ada salah satu petugas sedang menggunaka HP didalam ruangan mesin turbin.
Orang Jerman ini menjelaskan bahwa apabila frekwensi HP dengan mesin turbin ini kebetulan sama dan sinergi ini akan berakibat mengganggu jalannya turbin tersebut, lebih fatal lagi berakibat turbin bisa langsung mati.
Cerita ini langsung saya kaitkan dengan peristiwa diatas, kalau saya tidak salah mendengar mesin pesawat tiba-tiba mati pada saat mau mendarat. Mudah- mudan peristiwa ini bukan akibat HP penumpang. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk masyarakat yang sering bepergian dengan pesawat.(KOMPAS )
Rakyat kita ini memang High class.. Handphone nya Mahal, Transportasi pake pesawat. Tapi bodohnya gk ketulungan. Ada yang gk tau kenapa larangan itu dibuat, ada yang tau tapi tetap gk peduli.. Orang indonesia harus selalu belajar dengan cara yang keras.

Buat yang belum tahu, kenapa gak boleh menyalakan Handphone di pesawat, berikut penjelasannya:

Sekedar untuk informasi saja, mungkin rekan-rekan semua sudah mendengar berita mengenai kecelakaan pesawat yang baru "take-off" dari Lanud Polonia -Medan. Sampai saat ini penyebab kejadian tersebut belum diketahui dengan pasti.
Mungkin sekedar sharing saja buat kita semua yang memiliki dan menggunakan ponsel/telpon genggam atau apapun istilahnya.. Ternyata menurut sumber informasi yang didapat dari ASRS (Aviation Safety Reporting System) bahwa ponsel mempunyai kontributor yang besar terhadap keselamatan penerbangan. Sudah banyak kasus kecelakaan pesawat terbang yang terjadi akibatkan oleh ponsel. Mungkin informasi dibawah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terlebih yang sering menggunakan pesawat terbang.
Contoh kasusnya antara lain:
Pesawat Crossair dengan nomor penerbangan LX498 baru saja "take-off" dari bandara Zurich, Swiss. Sebentar kemudian pesawat menukik jatuh. Sepuluh penumpangnya tewas. Penyelidik menemukan bukti adanya gangguan sinyal ponsel terhadap sistem kemudi pesawat.
Sebuah pesawat Slovenia Air dalam penerbangan menuju Sarajevo melakukan pendaratan darurat karena sistem alarm di kokpit penerbang terus meraung-raung. Ternyata, sebuah ponsel di dalam kopor dibagasi lupa dimatikan, dan menyebabkan gangguan terhadap sistem navigasi.
Boeing 747 Qantas tiba-tiba miring ke satu sisi dan mendaki lagi setinggi 700 kaki justru ketika sedang "final approach" untuk "landing" di bandara Heathrow, London. Penyebabnya adalah karena tiga penumpang belum mematikan komputer, CD player, dan electronic game masing-masing (The Australian, 23-9-1998).
Seperti kita tahu di Indonesia? Begitu roda-roda pesawat menjejak landasan, langsung saja terdengar bunyi beberapa ponsel yang baru saja diaktifkan.
Para "pelanggar hukum" itu seolah-olah tak mengerti, bahwa perbuatan mereka dapat mencelakai penumpang lain, disamping merupakan gangguan (nuisance) terhadap kenyamanan orang lain.
Dapat dimaklumi, mereka pada umumnya memang Belem memahami tatakrama menggunakan ponsel, disamping juga belum mengerti bahaya yang dapat ditimbulkan ponsel dan alat elektronik lainnya terhadap sistem navigasi dan kemudi pesawat terbang. Untuk itulah ponsel harus dimatikan, tidak hanya di-switch agar tidak berdering selama berada di dalam pesawat.
Berikut merupakan bentuk ganguan-ganggua n yang terjadi di pesawat: Arah terbang melenceng, Indikator HSI (Horizontal Situation Indicator) terganggu, Gangguan penyebab VOR (VHF Omnidirectional Receiver) tak terdengar, Gangguan sistem navigasi, Gangguan frekuensi komunikasi, Gangguan indikator bahan bakar,Gangguan sistem kemudi otomatis, Semua gangguan diatas diakibatkan oleh ponsel, sedangkan gangguan lainnya seperti Gangguan arah kompas komputer diakibatkan oleh CD & game Gangguan indikator CDI (Course Deviation Indicator) diakibatkan oleh gameboy. Semua informasi diatas adalah bersumber dari ASRS.
Dengan melihat daftar gangguan diatas kita bisa melihat bahwa bukan saja ketika pesawat sedang terbang, tetapi ketika pesawat sedang bergerak di landasan pun terjadi gangguan yang cukup besar akibat penggunaan ponsel.
Kebisingan pada headset para penerbang dan terputus-putusn ya suara mengakibatkan penerbang tak dapat menerima instruksi dari menara pengawas dengan baik.
Untuk diketahui, ponsel tidak hanya mengirim dan menerima gelombang radio melainkan juga meradiasikan tenaga listrik untuk menjangkau BTS (Base Transceiver Station). Sebuah ponsel dapat menjangkau BTS yang berjarak 35 kilometer. Artinya, pada ketinggian 30.000 kaki, sebuah ponsel bisa menjangkau ratusan BTS yang berada dibawahnya. (Di Jakarta saja diperkirakan ada sekitar 600 BTS yang semuanya dapat sekaligus terjangkau oleh sebuah ponsel aktif di pesawat terbang yang sedang bergerak di atas Jakarta).(Varis / pertamina)
Sebagai mahluk modern, sebaiknya kita ingat bahwa pelanggaran hukum adalah juga pelanggaran etika. Tidakkah kita malu dianggap sebagai orang yang tidak peduli akan keselamatan orang lain, melanggar hukum, dan sekaligus tidak tahu tata krama?
Sekiranya bila kita naik pesawat, bersabarlah sebentar. Semua orang tahu kita memiliki ponsel. Semua orang tahu kita sedang bergegas. Semua orang tahu kita orang penting. Tetapi, demi keselamatan sesama, dan demi sopan santun menghargai sesama, janganlah mengaktifkan ponsel selama di dalam pesawat terbang.
Semoga suatu hari rakyat kita bisa sedikit lebih pintar.
Wassalam
Erva Kurniawan
Direktorat Pesisir dan Lautan, Ditjen KP3K
Departemen Kelautan dan Perikanan

Aku merasa sangat penting informasi ini , sehingga artikel ini aku kutip dan taruh didalam blog aku. Dengan harapan, bisa dibaca banyak orang dan bermanfaat setelah membaca artikel ini. 
Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

30 komentar :

  1. Bagai mana kalo kita menciptakan teknologi yang bisa mematikan hp penumpang pesawat...ketika penumpang masuk otomatis hp bisa mati sendiri. Dan akan hidup kembali ketika penumpang turun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungki lebih seperti alat punyanya batman kali ya

      Delete
    2. Tantangan bagi pakar TI

      Delete
  2. Saya rasa informasi ini sangat penting. ... Saya juga geregetan deh... Ketika di pesawat bareng sama penumpang yang tak menaati peraturan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo.. kita sosialisasikan bersama..

      Delete
  3. ya,kayaknya masalah disiplin ini yang membuat rakyat Indonesia lambat maju. eh salah ding.. OKNUM..!(klu di negara kita aturan nya spt itu,hrs blg OKNUM),jgn dibilang rakyat indonesia ntar marah segelintir orang yg sdh susah payah utk disiplin.
    lihat saja di jalan raya,lampu merah,dimana-mana,walau jelas2 ada rambu/tanda larangan disana OKNUM tsb berbuat. jd kangen melihat negara kaya ini maju

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar.. disipilin diri harus ditingkatkan..

      Delete
  4. ke depan masalah bahaya pakai HP di dalam pesawat mungkin harus lebih banyak disosialisasikan. Orang Indonesia, meski high class, kadang masih kurang nyandakan/nyambung, harus berulangkali diberi tahu, baru mudeng/paham. Loading pikirannya masih kurang bagus..hehe..mantaps sob infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. mari bersama - sama sosialisasikan...

      Delete
  5. katanya HP sekarang, apalagi Smartphone ada Flight Mode ..itu gunanya buat apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih kurang paham. tapi setau aku sih itu memang untuk handphone bisa nyala power tapi tidak ada koneksi jaringan sama sekali. Beda dengan, nyalain hape, tapi jaringan sos ...
      Mungkin ada ahli, atau ada yang mengerti, butuh pencerahannya disini.. biar semua orang paham...

      thanks

      Delete
    2. Flight mode memang ditujukan utk saat kita berada di pesawat., perusahaan ponsel dunia sudah membuat teknologi ini sudah lama gunanya utk mematikan sistem signal operator profider agar tidak mengganggu system penerbangan pesawat,.

      Delete
  6. Kemarin saya naik pesawat kmudian ada yg aktifkan jringan saat pesawat sementara terbang dan hnya muncul sos dan gk ada jaringan sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadeh... selalu saja ada oknum seperti itu...

      Delete
    2. Ya gak perlu paranoid juga,,, kita emang gak boleh hidupin sinyal Hp dalam cabin karena itu regulasi..... tapi apkah itu beneran membahayakan masih dalam perdebatan pakar dunia.....

      Delete
  7. Terus Misal pingin denger Musik lewat Headphone, tapi Hp di Flight Mode, Amankah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau aku sih aman... balik lagi, aku bukan ahli dan tidak paham betul.. mungkin ada pakar atau ada yang mengerti, bisa kasih pencerahannya disini..

      terima kasih

      Delete
  8. Nampaknya masih banyak salah kaprah. Pesawat itu berbeda dengan mesin turbin ataupun mesin-mesin yang lain. Menyalakan handphone di dalam pesawat itu tidak akan memberikan dampak apa pun pada pesawat. Yang ada malah handphonenya yang tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. http://m.youtube.com/watch?v=Jgs-zawExcQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah bro... masih banyak yang simpang siur ttg hal ini.. yang penting, aman sajalah... ikuti saja aturan yang telah ditetapkan...

      Delete
  9. Sebaiknya sebelum masuk pesawat semua ponsel/alat elektronik lainnya dititipkan dalam keadaan off, dan semua penumpang/barang masuk melalui pintu yang telah disiapkan detektor peralatan eletronik yang dapat mengganggu penerbangan.
    Sebab kalau hanya diingatkan oleh Pramugari di dalam Pesawat, pasti ada saja penumpang yang tidak memperdulikannya.

    ReplyDelete
  10. Usulan paling baik,semua hp penumpang sebelum naik pesawat harus di kumpulkan.kalo pesawat sudah landing baru di kembalikan ke masing2 penumpang oleh petugas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heemm... agak ribet sepertinya kalau cara ini yaa.. tapi apapun itu, patuhilah dan disiplin diri yang peling penting. Keselamatan menjadi tujuan utama kita semua...

      Delete
  11. Yg ngasi ide titip Hp selama dalam pesawat sangat bagus........ tapi bahaya Hp dalam pesawat sebenarnya masih dalam perdebatan,, tidak ada yg berani pastikan bahaya atau mastikan tidak bahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dimasukkan ke kotak berlapis timbal, tidak tembus gelombang electromagnet

      Delete
    2. Iyaa .. masih rancu.. apakah bahaya atau tidak yaa... jadi perdebatan..

      Delete
  12. HP dikumpulkan lalu dimasukkan kotak berlapis timbal yg bisa menghadang gelombang electromagnet

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts