Kaca Cermin dalam kehidupan manusia...


Kaca cermin, sebuah benda sederhana, hadir ditengah-tengah kehidupan dan bermanfaat bagi kita semua. Kaca cermin ( selanjutnya saya sebut kaca ) ,ada dengan berbagai ukuran, bentuk, model dan motif sesuai dengan fungsinya masing- masing. Jaman sekarang ini, setiap kita, entah itu orang tua, paruh baya, anak gadis, wanita, perempuan, anak kecil, bahkan cowok sudah fasih menyesuaikan diri dengan kehadirannya. Yang dulunya, yang namanya berkaca, berlama-lamaan didepan kaca, untuk menghias diri, untuk mempercantik diri, untuk merapikan rambut, atau untuk apapun adalah kegiatan wanita, perempuan. Baik nenek-nenek, ibu-ibu, paruh baya, apalagi gadis ABG. Tapi untuk sekarang ini, siapa saja sudah dekat dengan benda sederhana itu.

Peran besar kaca cermin dalam kehidupan kita

Bagi mahluk Tuhan genre Perempuan

Perempuanlah selama ini yang paling fasih menggunakan kaca untuk urusan apa saja. Hampir di semua tas perempuan pasti akan ditemukan yang namanya kaca , berbagai ukuran dengan berbagai model sesuai dengan selera masing- masing. Sekedar untuk merapikan rambut yang terurai, terhempas karena kena angin, atau habis pakai helm. Sekedar merapikan dandanan, menambal bedak, dan lipstick. Apalagi setiap selesai makan, ntah itu cuma makan cemilan , makan gorengan, makan di kantin , diwarung sampai makan formal di restoran pun, acapkali semua perempuan pasti keluarkan kaca, perbaiki atau merapikan kembali goresan warna yang sudah menempel dibibir, atau mengecek ada makanan sisa yang lengket digigi gak? Untuk melihat bulu mata, atau mungkin hanya untuk melihat perhiasan yang dikenakan seperti giwang dan kalung. Perempuan, bisa berjam-jam hanya untuk berada didepan kaca. Apalagi pada saat sedang merias diri.Betah, seakan menemukan belahan jiwanya didepan kaca. Dan tidak akan beranjak jika belum merasa puas akan dandanannya. Dan anak gadis sudah mulai diajarin dan dibiasakan menggunakan kaca sejak mereka mengerti apa ini, apa itu.

Bagi mahluk Tuhan genre Pria

Sudah tidak aneh lagi saat ini , jika pria mulai terbiasa dengan kaca. Khusus mereka yang bekerja dibidang seni , bidang fashion. Bagi mereka yang peduli dengan penampilan, yang harus tampil maksimal setiap saat. Sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Jika sering ke gym, akan bertemu dengan pria yang selalu berdiri tepat didepan kaca. Sekedar melihat perkembangan otot yang sudah dilatih selamanya ini, sekedar untuk mengecek sixpack yang sudah terbentuk, bangga dan puas akan keberhasilannya. Malahan lebih banyak berkaca daripada berlatih. Haahahaa.

Umum dan tempat umum

Siapapun, saya yakin, saat sedang jalan-jalan di mall, hangout dimana saja, jika ketemu yang namanya kaca, walau hanya lewat saja pun, baik cowok atau cewek, pasti, menyempatkan diri untuk berkaca. Memastikan rambut, merapikan rambut atau apalah itu.

Kaca di toilet menjadi tempat favorit. Apalagi kaca toilet mall dengan design interiornya yang bagus, kaca toilet hotel atau kaca toilet mana sajalah. Tak jarang, dijadikan sebagai tempat untuk narsis, untuk foto.Hayo siapa yang sering melakukan hal ini? Sama, cowok maupun cewek. Cowok, pasti akan pose dengan badan kekarnya , foto telanjang dada untuk memperlihatkan kebanggaannya. Cewek, pasti akan pose dari berbagai sisi untuk mendapatkan kecantikannya dan mendapatkan angle yang cukup menunjukkan dirinya kurus dan seksi. Benarkan?

Kegunaan lainnya

Kaca yang dipasang ditikungan jalan, yang membantu pengendara bisa tau adanya pengendara datang dari arah lainnya. Terutama sangat membantu ditikungan jalan yang menanjak seperti jalan gunung.
sumber google
sumber google
Kaca saat ini banyak dimanfaatkan design interior dalam karyanya. Restoran,cafe, hotel, mall ( modern), pasti ada unsur kacanya, dengan berbagai fungsinya tersendiri.
Pengusaha bisnis salon, sangat bergantung dengan kaca. Bisnis pusat kebugaran ,gym dan sanggar kesenian ( tari ) memasang kaca hampir disemua bagian dinding yang ada.

321df6984da0e9ec0a55ee0ad1175d1a_20121216_115600aar

Kaca spion mobil dan motor yang paling menolong kita semua. Kaca mobil untuk melihat kebelakang, selain untuk melihat ( berhati-hati ) pada saat mau belok kanan kiri, juga bisa membuat kita waspada, mungkin saja yang ada yang mengintai , mengikuti dengan maksud jahat.
sumber google
sumber google

Kaca juga dimanfaatkan sebagian kecil orang tua jika tidak ada orang lain yang bisa membantu mereka untuk mencabut uban rambutnya. Untuk orang ( suku tertentu ), memasang kaca didepan rumah mereka dengan maksud bisa mengusir hal-hal yang tidak baik, agar tidak masuk kedalam rumah, atau mengusir sesuatu yang bersifat negatif.

Sejatinya

Kenapa kaca diciptakan ? Sebenarnya apa sih fungsi utamanya? Benarkah kaca itu hanya digunakan seperti kilasan saya diatas? Atau ada maksud dan tujuan lainnya yang tersembunyi?

Seperti kebanyakan orang bilang, seperti pepatah yang ada . Berkacalah terlebih dahulu kedalam diri kita masing-masing sebelum kita melihat kekurangan orang lain, melihat kesalahan orang lain. Seperti itukah tujuan diciptakan kaca itu ? Untuk kita sebagai manusia, yang tidak luput dari kesalahan, yang mana, setiap dari kita adalah tidak sempurna. Harus berkaca, dalam artian, kita harus lebih sering mengoreksi diri, melihat kedalam diri kita, apa yang kita punya? Apa yang sudah kita perbuat? Apa kekurangan kita? Apa kehebatan kita? Sebelum seperti kebiasaan tangan dan mulut ini mulai menunjuk kesalahan orang lain, berbicara tentang kekurangan lain dan melihat sisi negative orang lain. Berdiri tepat didepan kaca, melihat kedalam hati yang paling dalam , melihat dengan mata hati, berbicara dengan diri sendiri, secara sadar dan dengan akal pikiran yang jernih. Tanyakan pada diri ini, apasih kehebatan dan kelebihan yang kita miliki? Galilah potensi diri yang sudah ditiupkan Tuhan kedalam diri kita. Kembangkan itu dan wujudkanlah sebagai sebuah kegiatan yang bisa memberi dampak positif bagi diri sendiri dan untuk semua orang. Jadikanlah kekurangan diri yang kita temukan, sebagai suatu motivasi hidup, rubahlah itu semua dan balikkan semua kekurangan dan kelemahan yang kita miliki itu sebagai PR hidup yang harus kita perjuangkan. Menjadi sesuatu yang positif untuk terus maju dan berkembang dalam hidup ini. Sedemikian banyaknya fungsi kaca cermin didalam hidup kita. Banyak membantu kita dalam menjalankan segala aktivitas sesuai dengan keinginan masing-masing.

Nah, buat Anda, apa peran besar kaca dalam hidupmu? Atau Anda tahu kegunaan lain dari kaca itu sendiri selain yang saya tuliskan diatas. Silahkan berbagi disini. Saya dengan senang hati dan berterima kasih menerima setiap masukkan dari Anda. Saya akan update tulisan ini untuk setiap fungsi lain dari kaca yang pernah Anda tau dengan menuliskan sumbernya dari Anda.

With Love,

Husin Peng
---Semoga Semua Mahluk Hidup Berbahagia---
Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts