Wisata Kuliner Samarinda, Kota Penggugah Selera.

Samarinda Kota yang merupakan salah satu kecamatan di Kota Samarinda memiliki berbagai destinasi yang menjadi rekomendasi untuk Anda. Jika Anda menggunakan pesawat untuk mengunjungi kota ini, Anda dapat menggunakan pesawat jurusan Bandara Samarinda Baru. 

Tentunya di era baru ini juga semakin canggih. Anda dapat memesan tiket pesawat melalui online, seperti Traveloka yang menyediakan layanan tiket pesawat juga hotel. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Bahkan terkadang penjualan tiket secara online seperti Traveloka dan lainnya menyediakan harga promo dari harga tiket pesawat, hotel berbintang, hingga hotel dengan harga yang lebih murah. Tidak terkecuali, di Samarinda ada banyak hotel dengan harga yang murah dijual oleh Traveloka. Jadi, kamu punya banyak pilihan untuk menginap di sini dengan harga yang lebih murah.

Setiap daerah pasti memiliki khasnya masing-masing, mulai dari budaya, tempat wisata, adat istiadat, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan hidangan makanannya yang memiliki cita rasa yang beraneka ragam. Begitu juga dengan Samarinda yang memiliki cita rasa yang khas di setiap hidangan masakannya.

Tak heran jika Samarinda memiliki kuliner yang khas dengan cita rasa yang beragam dan menggugah selera karena terdapat beberapa suku dari penduduk asli Samarinda, antara lain suku Bugis, Jawa, Banjar, dan juga suku Madura mendiami kota ini. Jangan kaget jika Anda menemui masakan dengan rasa yang berbeda, seperti halnya nasi kuning yang memiliki cita rasa khas Madura yang terkenal dengan ladanya yang begitu kuat, dan lain sebagainya.

Ada beberapa objek wisata kuliner yang patut Anda kunjungi untuk menikmati hidangannya yang cukup populer di kalangan masyarakat. Berikut hidangan yang wajib Anda cicipi dan akan menggugah selera Anda.

1. Ayam Cincane

Ayam Cincane merupakan hidangan yang cukup populer di Samarinda Kota ini. Apalagi bumbu yang kaya akan rempah-remahnya sangat khas dengan warna kemerahan yang begitu menggoda. Tak heran jika hidangan ini merupakan hidangan yang menjadi andalan masyarakat Samarinda.

Hidangannya yang diolah dengan daging ayam kampung menjadikan masakan ini lebih berasa dan gurih apalagi disajikan dengan bumbu merahnya, Anda akan ketagihan untuk menikmati ayam cincane ini.

Menu hidangan ini dapat Anda temukan di rumah makan mana saja yang berada di kawasan Samarinda Kota maupun kabupatennya. Dulunya hidangan ayam ini hanya dapat dijumpai pada saat acara penting saja seperti pernikahan atau menyambut tamu kehormatan, namun kini sudah dapat Anda jumpai di beberapa kedai maupun restoran di Samarinda.

2. Kampoeng Nasi Kuning

Nasi kuning tentunya tidak jarang Anda temui di berbagai daerah. Dengan rasanya yang gurih dan warnanya yang khas menjadi makanan favorit ketika mengadakan acara syukuran maupun penyambutan tamu kehormatan. Biasanya nasi kuning didampingi dengan beberapa lauk yang menggugah selera, utamanya ayam, tempe orek, irisan telur, maupun telur rebus yang dibumbu.

Namun berbeda dengan nasi kuning yang menjadi makanan andalan Samarinda. Di sini Anda akan menemukan hidangan nasi kuning dengan ikan gabus sebagai lauk pendampingnya. Tentu saja, karena ikan gabus yaitu ikan Haruan merupakan ikan yang khas di kota ini.

Mungkin Anda akan menemukan nasi kuning khas ini di berbagai tempat makan, namun yang lebih seringnya lagi nasi kuning khas Samarinda dijual di Jalana Lambung Mangkurat.

Sumber foto : blogspot.com
3. Sup Ikan Akmal

Selain ikan haruan yang menjadi khas Samarinda sebagai lauk pendamping nasi kuning, berbeda halnya dengan Sup Ikan Akmal yang menjadikan ikan patin yang dikenal sebagai ikan Palimara sebagai bahan dasar hidangan makanannya.

Ikan patin yang diolah dengan dengan bumbu khas yang memiliki rasa asam dan pedas yang berpadu dengan pas menjadikan masakannya begitu sedap, menyegarkan, dan tentunya mengguga selera Anda.

Anda dapat menjumpai hidangan ini di Rumah Makan Akmal yang lokasinya cukup mudah di sekitar Jalan Awang Long.

4. Ayam Banjar

Jangan heran jika Anda menjumpai Ayam Banjar sebagai makanan favorit yang khas di Samarinda Kota ini, karena sebagian besar penduduk Samarinda juga terdiri dari orang-orang keturunan suku Banjar.

Yang menjadikan makanan ini begitu menggoda ialah sambalnya yang menjadi pelengkap ditambah potongan jeruk dan sambat ati yang begitu nikmat. Selain itu juga terdapat sayur santan labu kuning yang menjadi hidangan pendamping menikmati hidangan ayam banjar.

Anda dapat menikmati hidangan ini di Rumah Makan Banjar yang berada di Jalan Khabul Hasan yang pastinya akses menuju lokasi cukup mudah.

Sumber foto : masakandapurku.com
5. Bubur Pedas

Sesuai dengan namanya, bubur ini memiliki cita rasa khas suku melayu dengan sensasi pedasnya yang pas. Di mana bubur ini dimasak dengan perpaduan rempah-rempah pilihan yang tentunya memperkuat aroma bubur dan membuat orang tidak tahan ingin segera menikmatinya. Anda pun dapat menambah rempah-rempah tambahan sesuai selera seperti lada hitam, cabai, dan aneka sayur.

Menjumpai bubur ini cukup mudah, Anda dapat menikmati di beberapa restoran yang ada di Samarinda Kota. Tentu harganya cukup terjangkau namun Anda akan merasa puas menikmatinya.

Sumber Foto : blogspot.com
6. Nasi Bakepor

Ini dia makanan khas dari Kutai bahkan bisa dikatakan hidangan kerajaan karena makanan ini sudah ada sejak zaman kerajaan dan hanya para raja yang dapat menikmati hidangan ini. Nasi ini memiliki rasa seperti nasi uduk, namun bedanya rempah-rempah yang digunakan lebih kuat dengan aroma ikannya.

Seperti halnya hidangan lainnya, nasi bakepor juga dibuat dengan menggunakan rempah-rempah dan minyak sayur. Tidak hanya itu, namun juga ada tambahan ikan asin sebagai pelengkap. Adapun makanan pendamping seperti halnya daging masak bumi dan juga sayur gangan asam kukar yaitu seperti sayur asem namun ditambah ubi manis dan kepala ikan. Kebayang bukan bagaimana segarnya hidangan ini?

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner yang wajib Anda cicipi. Jangan sampai menyesal jika Anda mampir ke Samarinda Kota namun tidak menikmati makanan-makanan khas Samarinda.

With Love,

@ranselahok
---Semoga semua mahluk hidup berbahagia---




Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

9 komentar :

  1. Duhhh abis baca postingan ini jadi pengen jalan-jalan sekalian wisata kuliner. Abis lebaran aja kali, yaaa ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps, wisata kuliner memang paling seru..

      Delete
  2. Gw ke samarinda malah makan pizza hut hehehe trus sama makan angringan di belakang mall yg ada hotel nya itu #AkuGagal

    ReplyDelete
  3. Kayaknya salah banget baca postingan ini siang-sian. Duuuh.

    ReplyDelete
  4. ayam banjar nya enak sama nasi kuning nya... jadi pengen makan masakan banjar nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupss.. memang enak nih.. Thanks ya sudah mampir..

      Delete
  5. Duuh kyknya wajib didatangin ya samarinda ini.kalo ntr ksana sprtinya cm pgn wiskul doang :D . Eh aku prnh baca di kalimantan kepitingnya gede2 , itu di kota apa?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts