Ke Berastagi Yuk...

Niat mengulas cerita lama baru bisa dilanjutin lagi setelah terhenti selama 2 bulan ini. Masih tentang kampung halaman aku. Sedikit bergeser saja, ayo.. coba.. geser dikit.. nah.. nah.. dikit lagi... iya.. pas.. segitu saja... 

Setelah kita ke Danau Toba, saatnya ke Berastagi yuk..

Menempuh 2 jam perjalanan darat dari Medan, biasanya sih sudah bisa sampai di Berastagi. Jika tidak ada halangan yang berarti seperti macet. Macet, iya, sering macet jika peak season atau paling tidak ada truk yang mogok, atau juga ada longsor. Karena Berastagi kan wisata pegunungan. So, dari Medan kudu naik menanjak dengan jalanan berliku -liku.

sumber : google
Jika dulu, masih sekolah dan kuliah, Berastagi menjadi tempat tujuan wisata aku kalau liburan bersama keluarga ataupun teman- teman. Tapi setelah terjun, #ceileee..terjun ke dunia kerja, setiap minggu, bahkan bisa 4 hari selama satu minggu berada di Berastagi. #Gagpenting...

Terus ada apa di Berastagi? 

Well, aku mulai dari yang paling dekat saja deh, sejurus perjalanan dari Medan sampai di Berastagi, ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu mampir.

1. Sibolangit.

Menjadi tempat bermain yang menawarkan berbagai wahana permainan yang seru bagi keluarga. Terletak di Green Hill City, Hillpark Sibolangit ini tepat berada dipinggir jalan raya lintas.

Theme park ini dibagi menjadi beberapa arena bermain yang mengusung tema yang unik. Yang pertama disebut The Heritage, didalam arena ini, ada pemandangan kastil yang megah, selain itu terdapat mini bioskop dengan kualitas film 4D. Wahana permainan yang ditawarkan : ombang -ambing, bumper boat, komedi putar dan bom -bom.

Arena bermain yang kedua diberi nama The Lost City, kamu seperti masuk kembali ke jaman purbakala dengan banyaknya bebatuan besar dan kerangka dinosaurus. Lebih seru lagi ketika masuk ke wahana ekstrem seperti permainan roller coaster, gelegar, kincir raksasa, kereta hillpark dan ulang - alik. Disediakan foodcourt diarena ini, untuk sekedar istirahat atau isi perut.

Asiknya hillpark ini, juga menyediakan arena untuk bayi ( batita dan balita ). Permainannya seperti battery car, baling- baling, mini bom- bom dan kincir mini. Tentu harus dibawah pengawasan orangtuanya masing- masing.

Lengkap bukan? Taman bermain yang lengkap untuk keluarga. Tidak ada salahnya, jika sedang berlibur ke Medan, Hillpark Sibolangit bisa masuk kedalam keranjang objek wisata kamu.

2. Kuliner di Bandar Baru

Jika tancap gas langsung tanpa mampir ke Hillpark, ataupun sudah di Hillpark, ingin cari makan, pilihannya bisa ke Bandar Baru. Tidak jauh dari taman bermain ini, sekitar 15 menitan lah.

Tidak spesial sih menu makanannya, hidangan padang-lah. Tapi, menjadi tempat strategis buat para traveler yang memilih tidak makan di Berastagi. Aku lupa, nama restoran yang terkenal itu. Tapi biasanya parkirannya paling ramai dan padat. Selain menu padang, namanya juga tanah Karo,  sudah pasti ada lapok tuak atau kedai yang sekedar menawarkan saksang. Hehee...

3. Taman Dewi

Di Bandar Baru juga, ada sebuah taman besar. Tempat rekreasi keluarga, Taman Dewi. Taman ini biasanya untuk tempat santai. Tempat - tempat foto, banyak juga pasangan muda yang memanfaatkannya sebagai prewedding.

Tapi itu dulu, kurangnya perhatian dari manajemen ( mungkin ) ditambah semakin berkembangnya wisata di Berastaginya sendiri, Taman Dewi jadi terlupakan begitu saja. Bisa juga karena tidak ada sesuatu yang baru.

4. Tempat nongkrong , makan jagung bakar

Dari Bandar Baru, sekitar 30 menit lagi, akan dijumpai tempat nongkrong asik. Entah sekedar buat hilangkan penat setelah melewati jalanan berliku, turun jalan atau makan jagung bakar / rebus sambil melihat pemandanga indah kota Medan. Asik kan? Kalau tidak sedang kabut yee... Tidak jarang juga, sembari ditemani , saudara - saudara jauh, Monyet....

Oh iya, setelah melewati Bandar Baru, perjalanan semakin menanjak naik dan menikung, kemudian mulai dijumpai monyet- monyet berkeliaran. Sediakan kacang atau pisang deh, jika kamu mau berbagi dengan mereka.

5. Pemandian air panas

Ini sih altenatif, apakah setelah dari Berastagi, atau mau melipir dulu atau tidak sama sekali. Dari tempat nongkrong makan jagung bakar, kita mulai jalan turun. Biasanya pada heboh, pada teriak, sudah mau sampai nih, pabrik air minuman yang sangat terkenal itu sebagai patokannya sudah lewat. Hahaha...

15 menit kemudian, ada satu jalan belok kanan, kalau masuk, butuh sekitar 15 menit lagi, untuk mencapai pemandian air panas. Banyak pilihannya, terserah mau pemandian air panas punya siapa...

Jalur ini juga yang dipakai untuk menuju kaki gunung Sibayak.

6. Gunung Sibayak

Jika kamu penyuka alam dan hiking, Gunung Sibayak harus kamu taklukkan ya. Aku sudah pernah loh. Walau serombongan ratusan orang. Terus bukan mendaki sejatinya pendaki gunung. Kami pakai jalan setapak sampai puncak Gunung Sibayak. Hehehee...

7. Taman Hutan Raya ( TAHURA )

Taman ini biasanya dipakai untuk acara jalan santai diselenggarakan oleh sekolah- sekolah atau perusahaan. Bisa dijadikan sebagai tempat hunting foto.

Itulah 7 objek wisata yang bisa dijumpai sepanjang perjalanan dari Medan - Berastagi. Biar ada banyak postingan, dibagi jadi 2 part ya, di Berastagi bisa ngapain saja? Hahahaa...

Karena jaman dulu, masih belum punya duit beli kamera digital, cuma bisa pakai kamera pocket klise yang musti dicetak, alhasil tidak punya kenangan dalam bentuk file. Kudu scan dulu foto- foto kenangan masa lalu...

Note: keterbatasan foto - foto lalu, akan diupdate lagi ketika sudah ketemu fotonya, sehingga beberapa foto saya ambil dari google sebagai refrensi.

With Love,

@ranselahok




Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts