KL Ke JohorBahru(Singapore) Pakai Kereta Malam(KTM)

Tanggal 17 Januari 2015

Tujuan utama kali berubah. Dan berubahnya-pun berkali- kali. Akhirnya, Legoland , sebuah taman bermain yang terletak di Johor Bahru, Malaysia menjadi pilihan terakhir. Karena menumpang pesawat AA dan mendarat di Kuala Lumpur, aizz... menumpang? Bayar keles...  Aku harus mencari tumpangan selanjutnya supaya bisa sampai di Johor Bahru. 

@ranselahok
Stasiun KL Sentral
Tik- tok- an dengan travelmate aku yang menjadi tuan rumah trip kali ini, aku diminta pakai kereta malam ( Kereta Tanah Melayu / KTM ) saja dari KL - JB. Akan lebih aman dan nyaman. Pengalaman ini menjadi yang pertama untuk aku naik kereta malam itu. Rencana awal ingin naik bus, setelah berhitung, tiba di JB sudah lewat tengah malam dan takutnya kurang aman, lagian, JB kotanya sepi nian, plus khawatir taksi juga susah.

@ranselahok
Waiting for boarding
Sekedar informasi yeeaa.. Ada bus langsung dari KLIA2 menuju JB ataupun Genting. Selama ini selalu membuat tanda- tanya tak pasti. Aku sudah pastikan ya..ADA...

@ranselahok
Kereta Tanah Melayu
Tiket kereta malam aku beli 2 hari sebelum berangkat, ketika itu, aku masih di Jakarta, seharga RM 45 untuk ranjang bawah. Lebih murah sih ranjang atas RM 39. Oh iya, kereta malam itu ada tempat duduk seperti umumnya kereta api, tapi ada juga ranjang yang bisa buat tidur. Bisa selonjoran dan ngorok sepuas mungkin deh. 

Harga tempat duduk tidak tahu sih. Menurut aku, sama saja, jika tetap pilih tempat duduk, apa bedanya dengan baik bus. ( Harga tiket bus RM 35 ). 

@ranselahok
Boarding time 
Tujuan akhir kereta malam ini adalah Woodlands, Singapore. Tidak heran, banyak juga orang Singapore. Jika berencana pakai kereta malam, kudu beli tiket jauh hari, biasanya cepat sold out. 

Intinya, aku sampai tidak tahu, kereta berhenti diberapa stasiun? Pertanda aku tidur. Nyenyak? Tidak juga. Samar- samar gitu, tidur - tidur ayam lah. Tahunya cuma sekali, itupun pas bangun, sesak pipis.

@ranselahok
Suasana dalam Kereta
Ranjangnya bersih, untuk ukuran satu orang dewasa. Tentu, ber - AC, masing- masing dilengkapi tirai buat tutup. Tangga naik ke ranjang atas pun diatur dipinggir. Aku tidak merasakan keberisikan orang diranjang atas yang sedang tidur, bolak- balik badan, atau sedang apalah.

@ranselahok
Ranjang didalam kereta
Disediakan bantal dan selimut. Disusun rapi kayak ranjang hotel. Ranjangnya juga okey, tidak keras, eh tidak peyok- peyok juga. Pas dibadan deh. Suara kereta jauh lebih kencang dibanding suara ngorok tetangga sekalipun, mau kentut juga tidak kedengaran. Hehehe.. 

Penumpang diminta boarding jam 10.30 malam. Tepat jam 11 malam, kereta beraksi... Titiba, Ceasar dan kawan- kawannya muncul dihadapan aku. Langsung saja pada berbaris dan mulai joget .. Kereta malam...

" Jug gejak gejuk gejak gejuk ..kereta berangkat... Jug gejak gejuk gejak gejuk.. hatiku gembira..."

Merasa tidak mau ketinggalan, aku ikut joget.. dan akhirnya diikutin semua penumpang kereta malam itu. Keren yaa.. asik banget.. 

" Sir, your ticket please..." khayalan aku buyar, gegara petugas itu meminta aku tunjukkan tiket. 

@ranselahok
Ranjang atas dan bawah, ujung ada tangga
Ketika masih lumayan sadar, rasanya ada orang mondar- mandir juga. Petugas yang menawarkan jajanan. Tidak pakai teriak sih.. Tidak tahu apa yang mereka jual. Cinta? Kali aja??

Sepanjang malam itu, didalam kereta malam, rileks kok, nyaman. Badanpun mendapatkan kesempatan istirahat dan energi seolah di-charge full. 

@ranselahok
Aku @ranselahok
Sekitar jam 5.30 pagi, kereta berhenti di Johor Bahru. Seluruh penumpang diminta turun. Bagi yang mau masuk ke Singapore, harus turun cap paspor dulu, barang bawaan dibawa serta. Kalau tujuannya cuma JB, ya cukup belok ke arah pintu keluar saja. 

Satu rahasia besar, tiket aku sebenarnya hanya sampai JB. Berhubung tidak mudeng, aku melewati imigrasi JB dan ikut kembali numpang kereta itu sampai di Woodlands. Tidak sampai 10 menit kemudian, kereta berhenti lagi. Penumpang semua harus turun. Dan tidak naik- naik lagi. Perberhentian terakhir, Woodlands. Artinya sudah di Singapore. 

@ranselahok
Bersantai didalam kereta
" Apa? Kamu sampai Woodlands? " tanya travelmate tidak percaya. Kedua bola matanya, tuing- tuing, keluar masuk, telinganya membesar. " Tiket kamu kan cuma sampai JB. Untung tidak ketahuan. Ya.. paling kamu didenda. " tambahnya lagi. Apa dikata. Aku sudah melewati imigrasi dan kini sudah ada di Singapore. 

Kembali lagi ke rencana, masuk ke Singapore pagi itu dari Kuala Lumpur sama sekali tidak ada didalam daftar. Hanya karena check in hotel di JB baru bisa siang hari, terpaksa, sarapan pagi itu di Singapore. Tidak tanggung- tanggung, sarapannya sampai ke Bugis, notabene kudu naik bus 1 jam lagi. Setelahnya balik lagi ke imigrasi, dan masuk ke JB. Ini namanya kurang kerjaan. 

@ranselahok
Gedung Imigrasi - Woodlands
Rekomendasi banget buat traveler yang rencana masuk ke Singapore ataupun mau main ke JB ( Legoland ) pakai kereta. Tidak secapek jika pakai bus. Walaupun bus juga bisa buat tidur, tapi ya tidak senyamanlah, badan bisa tiduran, lurus, mau telungkup, hadap kanan, hadap kiri, juga bisa. 

Hitung- hitungan ya :
- Harga tiket KL - Woodlands langsung , tidak tahu. Silahkan cek langung ke KTM 
- Tiket KL- JB : RM 45 ( bawah ) 
- Jika turun di JB dan sambung naik bus untuk masuk sampai Woodlands saja, sekitar RM 1. 
- Jika turun di JB dan sambung baik bus untuk masuk sampai Bugis, Singapore , sekitar RM 3,3.
- Jika turun di Woodlands, tinggal pilih naik bus, mau turun dimana , di Singaporenya. Harga tergantung tujuan. Atau bisa gonta- ganti bus dan MRT. 
- Info tambahan : dari Singapore - JB : Sing Dollar 3,3 . 

Rekomendasi diatas hanya berdasarkan pengalaman pribadi. Setiap orang punya pandangan berbeda dan punya pemikiran yang tidak sama. Tidak ada salahnya, mencoba sesuatu yang belum pernah kita alami.

Karena itu,

Lihatlah dunia dan jejakan kaki dimana saja, kamu akan mendapatkan pengalaman hidup yang berbeda. Melihat dunia orang dan kamu akan mengerti, betapa indahnya hidup ini yang sesungguhnya.

Mari berteman, jika ada kesempatan, tidak ada salahnya saling berbagi, tidak ada salahnya, keliling dan menjejakan kaki bersama- sama ke tempat- tempat yang ada didunia ini, dimana saja...

With Love,

@ranselahok




Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

18 komentar :

  1. Berarti enakan nae kereta ya....aku bulan depan kesana soale pengen nyoba kereta wes..

    Hahahah jAdwalnya sesuatu ya 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. lebih santai dan rileks lah naek kereta.

      Hahaha sesuatu banget emang...

      Good luck yaa.. kalau rencana mau naek kereta, kudu beli tiketnya dulu yaa..

      Delete
  2. mantap tuh bisa tiduran ternyata
    ati2 ntar gak bangun2 hehe

    ReplyDelete
  3. Pesan tiketnya online? atau beli ditravel agent Jakarta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih beli online... atau bisa on the spot cuma takut gak kebagian tiket.. kalau beli ditravel agent Jakarta , sih kurang tau...

      Delete
  4. Wah kerennnn, bisa di coba lain kali kalo kesana, sayang di Indo blm ada kereta kek gini.

    ReplyDelete
  5. Mas..mau tanya doong..itu, naik KTMnya dr mana ya?saya kan nanti rencananya turun pesawat dari KLIA..nah, dari situ kmana?dan waktunya ada gak yaa kira2 yang jam 1 maleman gitu..biar bisa sampe JB pagi gitu..karena tujuan kami ke Legoland Hotel..atau ada masukan gak transportasi yang paling OK dari KLIA ke JB/Legoland...Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Ade,

      Terima kasih sudah mampir.

      Kalau naik KTM-nya dari KL Sentral, begitu turun pesawat di KLIA, bisa naik bus ke KL Sentral, harga sekarang 11 RM per orang. Sekitar 1 jam perjalanan. Sampai di KL Sentral, tanya saja sama bagian Concierge. Bilang mau naik KTM tujuan Johor Baru. Beli tiketnya didekat Concierge juga sih kalau gak salah. Kalau kemaren aku beli online, dibantu sama teman yang tinggal disana. Setau aku, jam berangkat yang aku pakai adalah jam terakhir deh. Dan tiba di JB sudah pagi kok. Cuma karena perbedaan waktu, disana jam 6 masih gelap, saran aku sih tetap berada didalam gedung terminal, sampai benar- benar langit sudah terang. Kabarnya sih, banyak copet, jadi hati- hati saja, apalagi masih gelap. Tinggal cari bus ke Legoland. Kalau gak salah ada bus umum kok, aku sih gak coba, karena kemaren aku inap dihotel dekat inti kota.

      Seharusnya, dari KLIA ada bus langsung ke JB deh. Bisa lebih hemat waktu. Tapi Ade musti cek dulu di website, termasuk jam berangkatnya. Menurutku lebih praktis sih kalau ada bus langsung ke JB, tidak habis waktu harus ke KL Sentral dulu, kecuali kalau memang niatan mau coba naik kereta KTM -nya yang ada kelas buat tidurnya. Selera sih.

      Btw, tiba di KLIA jam berapa ?

      Semoga membantu ya...

      Delete
    2. Mas ransel ahok (kayak nama gub jakarta) hehe..

      Mas mau tnya ini,
      Sy sudah boking tiket sby-KL sampai KL kira2 jam 00.40, kira2 saranya yg tepat apa ? Karena pengen ke singapore dlu, baru hari terakhir ke malaysia, karena pesawat balik di KL - sub.

      Simplenya :
      1. Jam 00.40 segitu ad transport yg ke singapore ?

      2. Klo ada bus brp ? Tiket lgsg ke singapore kereta brp ?

      3. Kalau mau balik ke kL, naik KTM ap bs lgsg ?

      4. Pas di singapore(woodlands) sama transportasi masal (mrt) jauh tdk ? Dan brp ongkosnya ?

      Thanks ya gan..

      Delete
    3. Mas ransel ahok (kayak nama gub jakarta) hehe..

      Mas mau tnya ini,
      Sy sudah boking tiket sby-KL sampai KL kira2 jam 00.40, kira2 saranya yg tepat apa ? Karena pengen ke singapore dlu, baru hari terakhir ke malaysia, karena pesawat balik di KL - sub.

      Simplenya :
      1. Jam 00.40 segitu ad transport yg ke singapore ?

      2. Klo ada bus brp ? Tiket lgsg ke singapore kereta brp ?

      3. Kalau mau balik ke kL, naik KTM ap bs lgsg ?

      4. Pas di singapore(woodlands) sama transportasi masal (mrt) jauh tdk ? Dan brp ongkosnya ?

      Thanks ya gan..

      Delete
    4. Hey bro Romadoni,

      Kok pengen ke Singapore dulu, tidak langsung beli tiket JKT- SING saja, bukannya itu lebih hemat waktu dan biaya.
      1. Tiba di KL airport sudah larut malam. Setahu aku, harus tunggu besok paginya, mungkin bus trip pertama ke Singapore. Dari airport, kudu tunggu besok pagi dulu, baru bisa ke TBS ( pusat terminal bus ), atau ke Puduraya ( aku gak yakin, terminal ini masih ada bus ke singapore ). Kalau mau langsung ke TBS, seharusnya bisa naik KLIA EXPRESS, biaya tidak tahu, langsung cek web saja. Aku belum pernah naik. Atau dari airport ( anggapan aku kamu landing di KLIA2) naik bus ke KL Sentral 11 RM, dari sana, tinggal ganti KTM ke TBS saja.
      2. Kalau kamu mau naik KTM ( kereta ), begitu tiba di KL Sentral, langsung menuju loket KTM saja, harga sudah tertera dipostingan aku diatas, bisa cek ke websitenya untuk update harga terbaru.
      3. Bisa, cuma kalau saran aku, jangan dari Singapore, karena lebih mahal. Jadi kamu dari Singapore naik bus dulu ke Johor Bahru. Dari sana, kamu baru naik KTM atau bus, terserah pilihan kamu apa. Jauh lebih hemat, karena selisih di currency.
      4. Dari Woodlands, kudu naik bus lagi. Aku sih bilang, dari KL kamu naik kereta turun di JOHOR BAHRU saja, lebih murah. Terus dari JB, Kamu tinggal naik bus ke Bugis, pilih yang direct. Terakhir aku bayar 3.3 RM sudah sampai di Bugis Singapore. Tidak perlu ganti bus, MRT dan lainnya.

      Ranselahok.

      Delete
  6. Helo sy mau tya donk..
    Tujuan sy dr kl mau ke jb .
    Sy bingung mau naik apa.
    Krn sy ber 9 ( 2 ank umur 12).
    Rencana mau naik bis, kira2 brp ya hrgnya dan apa kalo naik bis, ada singgah di tempat makan?
    Dan kalo naik kreta ada yg jam siang ga ya?
    Thx ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey juga,

      Optinonalnya ya kalau gak naik bus ya naik train... Plus minus, seharusnya sudah tahu sendiri... Train bisa jalan sana sini.. Harusnya ada kereta siang. Cek langsung ke websitenya..

      Kalau naik bus, sekitar 35 - 40 Rm deh, biasanya ada mampir di rest area. Tergantung, kadang berhentinya lama, kadang cepat, lihat atau tanya supirnya saja, berhentinya lama kagak. Kalau mau beli makan atau jajan tinggal disesuaikan dengan waktunya saja, jangan sampai ketinggalan bus. Itu saja sih.

      Delete
    2. Ransel ahok

      Web utk beli tiketnya apa yaa

      Delete
  7. MAu tanya bang ransel ahok ni.

    Udah boking tiket peswat sub-kul, sampai jam 00.40.. sarannya kira2 apa ya gan..

    1. Ada gag jam segitu kereta/bus yg ke woodlands/singapore ? Klo gagda, pagi jam brp kira2 ??

    2. Trus brp kira2 klo naik kereta/bus gan ?

    3. Sampai woodlands ke mrt dkt atau tdk gan? Brp biayanya ? Biasaya tujuannya ke marina bay, universal studio dll?

    Thanks gan informasinya

    ReplyDelete
  8. Hi bang Ahok,

    Saya mau booking online nih ceritanya, tapi saat masukin tujuan JB sentral-KL Sentral tapi tidak tersedia pada tanggal tersebut, trus saya coba2 masukin tanggal di tiap hr sabtu /minggu sampe 2 bulan kedepan tp tetep gak ada.
    Karena penasaran saya browsing dong, dan ternyata per tanggal 19 May 2016 rute ini sudah tidak ada, jadi dari JB sentral harus transit ke Gemas dan lanjut lagi ke KL sentral..

    Bener gak sih itu?mungkin bang ahok bisa bantu kasih link untuk booking yang benernya..

    Makasih bang..

    ReplyDelete
  9. Mas ransel, mw tny kpn aja jadwal keberangkatan dari JB ke KL pake sleeper train?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts