Sukses Turunkan BB 21 Kg


Sudah satu setengah tahun   juga  saya #diet, lebih nyaman sih saya bilang turunin berat badan deh. Saya berhasil turunin berat badan dari 83 kg menjadi 62 kg dalam jangka waktu  6 bulan dan sampai hari ini masih stabil. Tidak ada kenaikan berat badan yang berarti. 



Hasilnya luar biasa sih, sekarang ini, berat badan saya tidak bengkak kembali ke angka fantastis 83, seperti banyak mitos yang beredar , masa-masa diet, berat badan akan turun, tapi setelahnya akan kembali ke angka semula atau bahkan lebih parah. Faktanya ,saya tidak mengalami hal itu. Berat badan sekarang stabil di angka sekitaran 64 - 65 kg.

Bahh.. itu kan naik 3 kg ? Benar.. secara kalkulator memang, tapi secara fisik tidak saudara-saudara. Itu karena massa otot saya yang naik, dengan lingkar celana yang semakin kecil juga loh. Dulu ukuran celana 34+ itupun sesak banget, terakhir beli celana ukuran 30 . Hebat kan ?? ( muji-muji sendiri...ya lah...bangga donk atas pencapaian kerja keras selama ini ). Jadi tidak khawatir sama sekali tentang 3 kg itu, sama sekali tidak berarti. Lagian pas timbangan di angka 62kg, banyak banget yang komentar " Loe  terlalu kurus, ceking ..." Sekarang ini banyak komentar " Lebih berisi yaa .."



Kenapa bisa ?
Kunci utama adalah  Disiplin.
Hanya dengan disiplin , kita bisa mencapai apa yang kita inginkan, disiplin pada diri sendiri dulu deh. Disiplin untuk olahraga teratur, disiplin untuk menjaga pola makan , menjaga metabolisme tubuh, disiplin pada menu makanan, tidur cukup. Karena diri sendiri yang menjalankan, maka... hanya diri sendiri yang menentukan. Bukan orang lain, tidak juga mempunyai Personal Trainer yang super bagus.

Bagaimana?

Inilah metode yang saya lakukan ( adaptasi dari @dennysantoso ) saat melakukan diet dari tahun lalu - sekarang :

1.  Memperbaiki metabolisme tubuh adalah point pertama yang saya lakukan.
- Satu hari makan 5-6 kali.
- Makan pagi :
Pilihan : Roti gandum ( sekenyangnya aja ) , telur rebus, Quaker Oats dan segelas susu berprotein tinggi.
- Antara pagi siang ( sebelum makan siang )
Jika lapar , makan kue kue tradisional seperti : singkong, kue lapis atau roti gandum
- Makan siang
Tidak ada nasi ( kadang nasi merah ), hindari masakan yang digoreng,perbanyak sayur , protein seperti dari ikan dan buah.
Menu favorit : Pecel sayur , gado - gado.
- Sarapan sore
Jika lapar, pilihan saya seperti kue-kue tradisional atau buah.
- Makan malam
Sama seperti makan siang
- Sebelum tidur
Jika lapar harus perut harus diisi, pilihan saya adalah buah atau biskuit dengan segelas susu berprotein tinggi .

2. Olahraga
- Cardio seperti Treadmill dan renang 
- Latihan angkat beban untuk menaikkan massa otot 
- Setiap selesai olahraga langsung minum segelas susu protein tinggi

3. Hindari karbohidrat dan lemak
- Dalam kategori ini adalah nasi, kentang dan segala jenis gorengan

4. Perbanyak protein ,vitamin ,dan gizi lainnya
- Susu protein tinggi dan makanan berprotein tinggi lainnya.
- Buah-buahan
- Sayur-sayuran

5. Minum air putih yang banyak.



Metode ini masih saya jalankan hingga saat ini, bedanya hanya di olahraga saja. Jika dulu, untuk menurunkan berat badan, saya perbanyak di cardio ( lari, sepeda dan renang ) , angkat beban sedikit. Sekarang , saya lebih konsentrasi ke menaikkan massa otot , berhubung otot-otot saya kecil , jadinya kelihatan ceking gitu jadi saya perbanyak olahraga angkat beban . Overall sih, semua masih sesuai dengan saran-saran dari @dennysantoso . Oh ya.. untuk menaikkan massa otot, saya dibantu oleh seorang Personal Trainer handal , Bang Tigor, disalah satu tempat fitnes ala rumahan, terletak disalah satu sudut kota di Jakarta Utara.

Selain itu, hingga saat ini, saya hampir tidak pernah makan nasi. Saya masih mengurangi asupan karbohidrat yang tinggi. Tapi , tetap ada konsumsi karbohidrat juga, saya peroleh dari roti gandum atau biskuit , roti biasa ( tidak dianjurkan , paling bagus memang roti gandum). Jarang sekali makan yang berminyak seperti gorengan dan makanan yang  mengandung banyak lemak lainnya.

now - 65 kg
Dan hasilnya memuaskan walaupun belum mencapai hasil maksimal. Masih butuh kerja keras untuk bisa mendapatkan yang lebih maksimal, punya otot yang lebih kencang dan tampil lebih kece gitu. Masih butuh disiplin diri yang tinggi , beban mental yang kuat , tekad yang bulat. Bayangkan saja, lemak yang sudah saya timbun dari kecil sampai sekarang, sudah puluhan tahun. Butuh waktu juga dong untuk menetralisirkan, mari kita pakai cara alami saja, ini akan jauh lebih sehat,akan lebih sempurna dan lebih tahan lama. Amin...

Bagaimana dengan Anda??  Tertarik??

With Love,

Husin Peng
-----Semoga Semua Mahluk Hidup Berbahagia-----
Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar :

  1. awesome....sukses story banget....aku aja uda satu tahun setengah naik turun terus...disiplin itu kunci...cuman berat kalau mudik babals semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa...disiplin itu kunci utamanya... skrg aja, sy mulai tdk disiplin...hahaa bnyk godaan ,

      Delete
  2. Aku nyontek caranya yaa... selama ini aku susah banget nurunin bobot, karena terlalu suka makan kripik/krupuk dan gorengan juga.
    Dalam sebulan ini sih udah ngurangin cemilan, alhamdulillah bisa turun 2-3 kilo.
    Siip deh, aku mesti lebih disiplin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan ... semoga metode sy cocok dgn Anda.... senang bs berbagi... semoga sukses yaaa....

      Delete

Powered by Blogger.

Popular Posts