Srikandi Blogger 2013 Kumpulan Emak-Emak Blogger adalah Bukti Nyata Perempuan Hebat Indonesia.

Tanggal 21 April boleh menjadi tanggal setiap tahun buat kita, anak cucu bangsa Indonesia untuk memperingati Ibu Kartini, yang sering kita sebut dengan Hari Kartini. Tapi tanggal 28 April 2013 , Sabtu lalu , di Gedung F lantai 6 Kemendikbud menjadi saksi , bukti nyata bahwa Srikandi Blogger adalah perempuan hebat yang dimiliki Indonesia saat ini dan menjadi salah satu peran penting yang ikut bagian dalam membangun masa depan bangsa.



Acara Anugerah Srikandi Blogger bertajuk " Aktualisasi Perempuan di Era Digital " yang disponsori oleh Acer merupakan suatu apresiasi kepada para Blogger khususnya  emak-emak blogger yang tergabung dikomunitas Kumpulan Emak-emak Blogger ( @Emak2Blogger ) . Komunitas yang digawangi oleh mak Mira Sahid , mak Indah Juli dan mak-mak lainnya telah berhasil membuktikan diri bahwa usia , status dan gender bukanlah hambatan bagi seseorang untuk terus berkarya terutama dibidang menulis. Berkarya dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar, bagi keluarga dan bagi diri sendiri. Menularkan energi positif bagi orang banyak terutama kaum perempuan dan emak- emak. Bahwa kesetaraan gender antara pria dan wanita itu bukan lagi satu batasan yang menjadi momok bagi perempuan dimasa lalu. Yang mana perempuan tidak perlu sekolah tinggi- tinggi, perempuan tidak perlu punya ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas, karena pada akhirnya posisi perempuan adalah didapur dan melayani kaum pria yang menjadi suaminya.

Salah satu momen, Ibu Astrid, perwakilan Acer, sedang memberikan kata sambutan
Itu dulu, beda jaman beda gaya. Jaman canggih yang penuh hi-teknologi ini, siapapun berhak mendapatkan pengakuan yang sama, baik pria maupun perempuan, yang penting mempunyai kualitas yang bisa dia " jual ".  Perempuan masa kini yang sudah ikut perkembangan teknologi dan sudah bisa memanfaatkan teknologi itu dalam mengaktulisasi diri di era digital saat ini. Supaya bisa bersaing secara sehat , intelektual , wawasan dan kemampuan yang dimilikinya. Banyak perempuan hebat masa kini yang telah sukses membuktikan diri pada dunia, bahwa perempuan , tempatnya bukan lagi dibelakang suami, tempatnya bukan lagi di dapur. Tapi perempuan masa kini sudah mempunyai suara dan hak yang sama dengan pria.  Bahkan jabatan tertinggi dalam satu negara saja sudah diisi oleh seorang perempuan , lihat saja Ibu Megawati , mantan Presiden RI, Ibu Sri Mulyani, yang sekarang ini sedang berkiprah di dunia Internasional , ada juga Agnes Monica , artis multitalenta yang kini sudah Go Internasional , yang berjuang dan bekerja keras mencapai cita-citanya. Ini hanya contoh kecil saja, masih banyak perempuan hebat yang dimiliki bangsa kita dan dunia internasional.

Founder KEB - mak Myra Sahid
Dibuka oleh penari cilik yang menampilkan tarian Betawi , pembacaan monolog yang begitu menyentuh perasaan oleh mak Wlvera, dilanjutkan oleh MC yang mempersilahkan Founder Kumpulan Emak- emak  Blogger yaitu mak Mira Sahid untuk memberikan kata sambutan tentang sejarah dan perkembangan dari komunitas itu sendiri. Pemukulan gong dan pemotongan tumpeng menandai acara Anugrah Srikandi Blogger resmi dibuka.

Momen pemotongan tumpeng oleh mak Myra Sahid

Tarian Betawi oleh penari cilik

Fashion Show Emak -emak 
Drama " Certia Dibalik Noda "
Berbagai acara dipersembahkan untuk tamu undangan hari itu yang juga merupakan acara keluarga, karena selain banyaknya emak- emak blogger yang hadir, mereka juga membawa serta suami dan anak- anak yang menjadi bagian dari belahan hatinya. Seperti drama " Cerita dibalik Noda ", fashion show anak- anak, fashion show emak- emak. Kepiawaian kedua MC dalam membangun suasana ditengah berjalannya acara supaya tidak bosan, diadakanlah games seperti lomba tweet paling cepat sesuai kru yang diberikan, lomba cuci baju paling hot. Lomba live tweet terbanyak, live tweet favorite serta live tweet pic terbanyak juga turut menjadi bagian dari acara hari itu. Lomba busana terbaik diberikan kepada tamu undangan yang memakai sesuai dress code yang sudah ditentukan, busana daerah. Hadiah juga diberikan kepada tamu undangan yang asalnya terjauh. Serta doorprize yang diundi berdasarkan no urut tamu yang sudah diberikan pada saat registrasi. Tidak ketinggalan , goodiebag dari Rinso menjadi kenang-kenangan bagi setiap tamu undangan yang hadir minggu itu.

Fashion Show Anak- anak
Kemeriahan tidak berhenti sampai disana, Yasmin- anaknya mak Wlvera mempersembahkan suara emasnya dan sebagai salah satu apresiasi untuk para emak-emak, lagu Bunda ciptaan Melly Goeslaw juga diperdengarkan . Pemutaran video tentang serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kumpulan Emak Blogger dalam rangka memperingati ulang tahun pertamanya. Kumpulan Emak- Emak Blogger yang berdiri sejak tanggal 18 Januari 2012 ini, anggotanya bukan hanya berasal dari Indonesia, tapi banyak juga emak- emak blogger luar negeri yang menjadi anggota komunitas ini yang berusia mulai dari 15 tahun - 75 tahun.

Foto bersama
Puncak acara itu sendiri adalah pengumuman siapa yang menjadi Srikandi Blogger 2013. Sesi ini langsung diumumkan oleh mak Indah Juli. Sebelum sampai acara puncak itu, Kumpulan Emak-Emak Blogger juga memberikan penghargaan khusus kepada 2 Emak yang dinilai pantas untuk mendapatkan penghargaan ini atas dedikasi dan perjuangannya selama ini dan " tidak pantas untuk dinilai dalam suatu ajang perlombaan seperti anugrah Srikandi Blogger". Penghargaan Khusus Livetime Achievement diberikan mak Yati Rachmat dan Penghargaan Khusus Srikandi Inspriatif diberikan mak Haya Aliya Zaki. Ada juga penghargaan khusus Srikandi Persahabatan diberikan kepada mak Myra Anastasia dan penghargaan khusus Srikandi Favorite diberikan kepada mak Anazkia. 

Mak Yati Rachmat - Perempuan penerima Livetime Achievement Srikandi Blogger berusia 75 tahun
Penerima Srikandi Blogger Inspiratif 2013 : mak Haya Aliya Zaki
Penerima Srikandi Blogger Favorite 2013 - Anazkia
Penerima Srikandi Blogger Persahabatan 2013 : mak Myra Anastasia

Dan inilah Srikandi Blogger 2013 Kumpulan Emak Blogger : mak Alyka Abdullah.

Srikandi Blogger 2013 : mak Alaika Abdullah


Berikut ini adalah profile 10 Finalis Srikandi Blogger :

1. Anazkia  : perempuan hebat yang bekerja sebagai TKW diluar negeri mempunyai program hibah sejuta buku.

Anazkia - sumber foto dari profile blog
 2. Diadjeng Laraswati : perempuan hebat asal Jakarta adalah seorang istri dan mempunyai 3 orang anak, suka menulis dan cinta fotografi , juga seorang karyawati dari kantor pemerintah.

Diadjeng  Laraswati - sumber foto web emak-emak blogger
3. Dina Begum : Seorang penerjemah , hobi baca novel, yoga dan merajut. Perempuan hebat ini juga penggemar teh dan kopi.  Baginya, menulis adalah melestarikan peradaban, jangan sampai berhenti menulis.

Dina Begum - sumber foto Good reads
4. Eka Putri : Stop kekerasan pada anak- anak adalah kampanye sosial yang selama ini perempuan hebat ini perjuangkan.

Eka Putri - sumber foto web emak-emak blogger
5. Myra Anastasia : perempuan hebat ini adalah Emak Of The Month April 2013.

Myra Anastasia - sumber foto web emak-emak blogger
6. Nchie Hanie : Baginya, Ngeblog adalah sampah emosionalku, terapi jiwaku dan bisa menyeimbangkan jiwaku dalam kehidupan sehari- hari.

Nchie Hanie - sumber foto web emak -emak blogger
7. Octaviani Nur Hasanah : Perempuan hebat asal Sulawesi ini sudah mempunyai cita-cita menjadi penulis fiksi sejak dari SD dan pernah magang sebagai penulis skenario FTV .

Octaviani Nur Hasanah - sumber foto web emak-emak blogger
8. Shinta Ries : Perempuan hebat ini ingin menjadi orang yang bermanfaat, berguna terutama sesuatu yang hanya untuk wanita. 

Shinta Ries- sumber foto web emak-emak blogger
9. Winda Krisnadefa : Ingin mempunyai akses , SDM dan dana untuk mengadakan pelatihan menulis fiksi untuk anak-anak sekolah adalah salah impian perempuan hebat ini.

Winda Krisnadefa - sumber foto web emak-emak blogger
10. Alaika Abdullah : Seorang perempuan hebat yang hobi banget menulis dan memilih blog sebagai media utama dalam menulis. Menurutnya, menulis dari hati, bukan karena iming-iming, rasakan kebahagiaan hakikinya.

Alaika Abdullah - sumber foto web emak-emak blogger
Demikianlah acara penganugrahan Srikandi Blogger 2013 dari Kumpulan Emak- emak Blogger. Acara  yang turut didukung oleh Rinso berlangsung dengan meriah dan sukses, acara boleh selesai, tapi menurutku justru inilah babak baru bagi komunitas para emak- emak untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang lebih hebat lagi dari tahun sebelumnya. Umur bertambah , semoga makin sukses buat Kumpulan Emak-emak Blogger, semoga makin memberikan manfaat dan energi positif lagi kepada masyarakat luas terutama para perempuan. Dan melahirkan Srikandi- srikandi Blogger hebat lainnya. Amin...

With Love,

Husin Peng
---Semoga Semua Mahluk Hidup Berbahagia ---
Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

11 komentar :

  1. Waaahhhh, seru ya acaranya... sukses deh buat emak-emak di Indonesia, dan teruslah berkarya!!! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seri seru acaranya mbakkk... keren keren para mak nya...heee

      Delete
  2. Artikelnya lengkap.. super.. reportasenya mantab djaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya udah berkunjung... siiipp...

      Delete
  3. Makasih reportasenya, Husin. Keren euy. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaakkk ... apakabarrrr.....selamat sekali yaa.. semoga sy juga bisa terinspirasi dari mbak...

      Delete
  4. Sukses untuk ngontesnya ya Pak, reportasenya lengkap nih. Semoga menang yaaa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Bunda sudah berkunjung.... amin....

      Delete
  5. Juri visit. Nice article. Semoga sukses :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts