Drama Nama Paspor Berbeda Dengan Visa.

Tanggal 18 April 2018.

Drama penggantian paspor baru benar- benar berakhir begitu dikasih senyum manis sama petugas imigrasi Belanda. Hati langsung plong. Kenapa? Permasalahannya dimulai dari paspor yang masa berlakunya baru akan habis 2 tahun lagi, tapi halaman kosongnya sisa 1. Kemudian, tahun ini, berancana ke Cina lagi, daripada visa ditolak, karena tidak ada halaman untuk tempelan kertas visa, akupun memutuskan untuk perpanjang paspor saja. Hitung- hitung, aku sekalian tambah nama keluarga, yang mana, selama ini, paspor yang ada, cuma single name. 

Okey, buat kamu punya single name dipaspor seperti aku, apalagi yang namanya umum dan banyak orang punya nama yang sama, harusnya punya pengalaman bagaimana harus menghadapi bawelnya petugas imigrasi dari beberapa negara. Jika tidak pernah, syukurlah.. Kalau pernah, berarti kamu akan mengerti. 

Tidak menakutkan sih. Bukan juga sampai ditahan seperti apa. Mereka cuma memastikan nama kamu doang sesuai dengan data diri kamu. Pasalnya, banyaknya nama yang sama, mungkin buat mereka kesulitan, yang mana ya yang kamu? Atau dengan alasan lainnya, seperti kena random check, ketatnya imigrasi dan sebagainya. 

Yang pasti, karena memang berencana mau perpanjang paspor. Aku mengambil kesempatan ini untuk menambah nama keluargaku. Aku tidak mengurusnya sendiri. Aku pakai jasa travel agent. Cukup mahal. Sama seperti paspor sebelumnya, paspor baru ini aku applied yang epassport. Dengan kondisi,  belum pernah ada penambahan nama keluarga di halaman endorsment. 

Jadi, yang pertama dikerjakan adalah, daftarkan dulu nama keluarga dihalaman endorsment. Proses ini, katanya memakan waktu sekitar 3 hari. Setelah BAP kelar atau dihalaman endorsment sudah tertera nama kamu beserta nama keluarga kamu, selanjutnya, baru bisa proses pengajuan pembuatan paspor. Karena aku mau, dipaspor baru, halaman depan sudah langsung tercetak nama keluargaku. Jika tidak demikian, aku harus menunggu sampai kamu mengganti paspor baru lagi, nama keluarga baru bisa muncul dihalaman depan. 

Maksudnya begini, nama di paspor yang masih berlaku Andy. Ingin menambahkan nama keluarga Lau. Jadi Andy Lau. Harus buat BAP dihalaman endorsment terlebih dahulu. Di halaman 4 tersebut akan tertulis Andy Lau, sedangkan dihalaman depan, tetap Andy. Saat penggantian paspor, Andy Lau akan secara otomatis dipindahkan ke halaman depan.  Jika tidak urus halaman endorsment, maka, saat pengurusan perpanjangan paspor, Andy Lau cuma muncul di halaman 4 dan baru akan muncul di halaman depan, saat penggantian paspor berikutnya lagi. 

Proses pengurusan paspor, aku butuh 20 hari. Dari urus BAP halaman 4, tunggu jadwal foto sampai paspor diterima. Itupun drama yang tidak terhindarkan saat proses pengambilan foto. Petugas imigrasinya bilang paspor aku tetap 1 suku kata saja seperti paspor lama. Baru bisa pindahkan nama dengan nama keluarga di paspor berikutnya. Aku ngotot dong, aku kan sudah buat BAP, halaman endorsment sudah jelas, sudah tertera ada nama keluarga. Bolak- balik keluar masuk kantor. Aku tetap ngotot dan sampai akhirnya, aku pulang. Kalau tidak, masa aku nginap? 

Sampai pada akhirnya, setelah 20 hari paspor ditangan juga.

Tapi drama selanjutnya dimulai, dengan paspor baru, yang sudah ada nama keluarga, berarti wajib merubah tiket- tiket yang sudah dibeli sebelumnya pakai paspor lama. Airasia, gampang banget, mau langsung ke kantornya, email atau via call center, urusan beres. Aku sih langsung ke kantornya, seketika itu, tiket- tiketku, berubah sesuai dengan identitas di paspor baru tanpa ada pertanyaan, tanpa biaya.
Luxemburg City, negara mungil yang kece banget.
Pernah beli tiket via Expedia. Haduh, yang ini, minta ampun, berminggu- minggu. Dari email yang tidak ada responnya sama sekali, telepon ke kantornya, di oper ke maskapai terkait. Dari maskapai minta harus urus ke Expedia, karena penggantian nama, penambahan nama harus ke tempat kamu beli tiketnya.  Email lagi, telepon lagi. Berkali- kali sampai akhirnya, ada email masuk, setelah sekian lama menunggunya. 

Katanya dalam email itu, aku diminta tunggu, mereka akan konfirmasi dulu ke pihak maskapai, apakah bisa penambahan nama atau tidak? Oh ya, saat aku email ke pihak Expedia, aku lampirkan  paspor lama, paspor baru dan halaman endorsment. Proses menunggu keputusan ini saja butuh 2 minggu. Memang, setelah ada responded dari pihak Expedia, aku akui, pelayanan mereka bagus.

Setiap 2 hari sekali telepon, kalaupun tidak, mereka email, hanya untuk memberitahu kalau masih menunggu kabar dari pihak maskapai. Dan entah sudah berapa banyak biaya pulsa yang aku habiskan, hahahaha.. jelas, aku tidak tunggu diam saja, aku telepon balik ke kantornya yang ternyata berpusat di Amerika sana, terus di email, minta telepon ke pihak kantor cabang di Malaysia. Mungkin, kasus ini ditangani langsung dari kantor pusat, pihak Malaysia cuma hah, heh, tambah kesel. Terus telepon balik lagi ke kantor pusat, email lagi. Hati ini sungguh, lelah. 

Keputusannya, tiketku bisa diganti sesuai dengan permintaan karena penambahan nama keluarga. Ada biaya perubahan nama di tiket, dengan kode booking yang tetap sama. Katanya, ini adalah aturan pihak maskapai. Pihak Expedia tidak menarik satu sen pun. Ya sudahlah... Yang penting, satu urusan kelar.
Bisa bersantai tenang sarapan di salah satu sudut kota Brussels, Belgium.
Terkait VISA....

Erhmmm...buat jantungan. Visa yang ditangan yang masih berlaku adalah Australia dan Schengen. Terus bagaimana? Okey... tarik nafas... hembuskan pelan- pelan... Setiap urusan, dikerjakan, pasti beres. Ikutin saja aturannya. 

Untuk Visa Australia, seorang teman, sebut saja namanya Cindy, punya pengalaman yang hampir sama. Kalau dia, ganti paspor baru, nama tetap sama, tapi nomor paspor berbeda. Jadi, untuk Visa Australia, wajib lapor ke mereka. Begitu aturan tertulis yang aku baca. Berbekal arahan dari Cindy, terus petunjuk dari website resminya. Aku isi form permohonan perubahan/ penambahan nama keluarga di Visa. Aku sih pakai download, kemudian tulis tangan. Isi saja sesuai dengan petunjuknya. Gampang banget. Lengkapi dengan data- data yang diminta, upload terus email. Aku sendiri, kurang dari 24 jam ( hitungan aku ), sudah dapat email balasan beserta Visa perubahan sesuai dengan data baru yang aku submit. Bisa klik link disini untuk permintaan perubahan nama.

Untuk Visa Schengen, aku dag- dig-dugnya entah sudah seperti apa. Hahaha.. Tanya pengalaman teman- teman yang sudah bolak- balik Eropa, macam pulang kampung saja, dia bilang tidak akan ada masalah. Tidak perlu apply visa baru. Tidak perlu lapor. Visanya masih berlaku kok, yang penting, masa berlaku visa yang ada masih ada. 

Okey, begini, Visa Schengen yang masih berlaku dan tertempel di paspor lama adalah single name dengan nomor paspor lama. Sedangkan, paspor baru, sudah ada nama keluarga, yang mana, di Visa Schengen tidak ada nama keluarga. Ini yang buat aku jantungan. 

Kenapa repot? Ya, tunggu saja, masa berlakunya habis. Buat baru... Pasalnya, lagi ingin keliling Eropa selagi Visa Schengen masih valid. Sayang dong. 

Sangking repotnya, aku datangi kantor Kedutaan Perancis. Mereka bilang, tidak ada masalah. Kamu boleh saja traveling ke Eropa. Tapi, ini versi Perancis, karena setiap negara punya kebijakan masing- masing. Ada baiknya kamu tanya ke negara yang mau kamu datangi. Begitu kalimat tambahannya. Kan buat bingung kan ya. Dia bilang, asal bawa paspor baru dan paspor lama yang ada Visa Schengen-nya. 

Kemudian pindah ke Kedutaan Belanda. Aku tidak tahu aturannya, ternyata harus buat janji dulu. Aku pulang tanpa hasil apapun.
Grand Palace, Brussels, Belgium.
Daripada repot, aku email Kedutaan Belanda, Italia, Hungaria dan Jerman. Sistem kerja yang sangat cepat. Malah, aku langsung ditelepon dari Jerman. Petugasnya bilang, harusnya tidak akan ada masalah. Asal bawa kedua paspor. Tapi, nah ini-nih.. ada tapinya, terkadang kita tidak tahu, oknum di lapangan. Mungkin saja, kamu bisa tidak diizinkan masuk. Kalau kamu tetap mau, silahkan saja. 

Sedangkan yang dari Belanda dan Italy membalas emailku dengan kalimat yang buat hati senang. Aku bisa keliling Eropa dengan menggunakan kedua paspor itu. Itulah, kenapa aku terbang ke Eropa, memilih masuk dari Belanda dan keluar dari Italy. Aku sudah ada jaminan dari email itu. Aku print out buktinya dong. Hahahaha...

Aku juga baca review dan pembahasan dari para traveler yang terangkum di google. Baca dari forum yang ada dengan kasus yang hampir sama. Mereka, rata- rata bilang, tidak ada masalah. Ini adalah hal yang wajar. Karena, bagaimana seorang perempuang kemudian menikah terus pakai nama keluarga suaminya. Dan berbagai contoh kasus lainnya. 

Walaupun begitu, benar adanya kata pihak Jerman, bisa saja oknum di lapangan, mungkin kurang peka terhadap kasus beginian. Akhirnya jadi bermasalahan.
Sudut kota Brussels, Belgium.
Dan akupun, deg- deg- an saat antri imigrasi saat mendarat di Belanda 3 jam lalu. Semakin mendekat ke meja petugas, deg- deg- an makin kencang. Aku bawa print-an , bukti email tadi, tiket pulang, siapkan jawaban yang mungkin ditanya.

TERUS......

Ketika tiba giliranku... 

Aku cuma ditanya, mau ngapain disini? Berapa hari? Sendiri? Total berapa lama di Eropa? Sudah.. itu saja. Dengan senyum manis, dia stempel pasporku, ceklek... yihaa... Kekhawatiranku yang berlebihan itu langsung sirna.... Plong... 

Sekarang, duduk manis di Starbucks bandara Schipol, sambil menahan kantuk, aku buat artikel ini. Setelah terbang dari Kuala Lumpur dan ngemper semalaman di Dubai. Akupun, benar- benar plong...

Karena itu, soal dokumen, surat- surat, akte- akte, persiapkanlah dengan baik, untuk segala kemungkinan. Sehingga tidak perlu repot- repot konfirmasi sana- sini. Buat pusing, khawatir, deg- deg-an. Dari awal, sebisa mungkin, tidak ada perubahan apapun. Kita, yang sudah terlanjur dari orangtua kita, ya sudah. Tapi untuk anak- anakmu, persiapkan dengan baik. Karena kita tidak pernah apa yang akan terjadi.
Frankfurt, Germany.
Ya intinya, khawatir berlebihan saja sih...  Lagian, ada kan sudah data biometrik untuk Visa Schengen.   Karena beginilah hidup, kadang kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Kan tidak lucu, sudah mendarat di Belanda, terus tidak masuk karena masalah nama paspor berbeda dengan Visa yang ada, terus dipulangkan. Lebih baik pastikan dulu, kalau memang tidak bisa, ya lebih baik tidak berangkat. Capek, naik pesawatnya...

Perihal tambah keluarga, itu hanya keinginan sendiri saja, tidak ada kaitannya, tidak ada kesulitan masuk ke satu negara tertentu, dan tidak ada aturannya untuk itu. Mungkin, ya mungkin, untuk teman- teman yang berencana Umroh, atau yang mau ke negara ARAB, bukannya, diharuskan punya 2 atau 3 suku kata nama di paspor. Mungkin, aku juga tidak paham betul. Bisa di-browsing saja.

Artikel ini di publish di Frankfurt, Germany. 

With Love,

@ranselahok
---Semoga semua mahluk hidup berbahagia---





Share on Google Plus

About ranselahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

13 komentar :

  1. Kak, mau nanya. Enakan pake single name atau ada tambahan nama? Namaku di paspor dan ktp beda. Di paspor pake tambahan nama. Cuma waktu ngurus visa ke China pake surat keterangan beda nama dr kelurahan. Nah skrg mau ngurus visa ke Jepang, cari info katanya harus pake surat dr pengadilan. Jd ribet jg. Pengen ganti ke single name, namaku sejuta umat. Mohon pencerahannya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku sih, enakan ada family name.

      Delete
    2. Pengalaman saya, tambahkan nama keluarga di additional name di halaman endorsement paspor. Diterima koq sama Kedubes Jepang.

      Delete
  2. Wah kok jadi sama kaya saya ya. Saya juga waktu ke singapore sempat ada drama juga kaerena nama saya itu kebalik. Harusnya nama saya "Bhiba" eh malah jadi "Bibah" -_- Untung saya ga di deportasi cuma besok besok di suruh.

    ReplyDelete
  3. Ka, mau Tanya, kalo Nemanya double itu bermasalah tidak ya di sticker visanya,

    Contoh namanya di paspor
    Andy lau bahari

    Tapi di visa jadi double
    Andy lau bahari, andy lau B

    Perlu di revisi engga ka?

    ReplyDelete
  4. Kak, saya sudah melakukan endorsement di passport saya. Untuk halaman pertama tetap satu suku kata dan untuk halaman 4 sudah tertera nama ayah saya. Masa berlakunya belum habis. Bisakah untuk mencetak passport baru dan menambahkan nama ayah di halaman pertama?
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, paspor selanjutnya sudah bisa pindah ke halaman 1.

      Delete
  5. Nama belakang anaksaya sesuai KTP adalah mahyaningtyas, tapi di passport tertulis mahyaningtya kurang s, ketahuan setelah mau ngurus Visa ..passport sudah jadi setahun lalu, ada masalah gak ya kalau ngurus Visa ... waktunya sudah mepet kalau mau nambahin di endorsement dihalaman 4 pada passport...lagian tiket sudah diissued sesuai passport

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah sih mau dibilang bakalan ada masalah atau tidak? tergantung juga.. kalau memang tiket sudah sesuai paspor, harusnya ya tidak masalah. Kan yang dikenal nama dipaspor sudah sesuai ditiket. Itu kan untuk negara yang kita tuju tidak perlu visa. bisa langsung cus...

      KTP kan sesuai dengan kartu keluarga bukan ya? Harusnya apply visa, ada beberapa negara yang kita tuju, perlu lampirkan kartu keluarga dan KTP juga, kayak schengen visa, korea juga harusnya. Coba cek saja, negara mana yang memerlukan KTP dan KK sebagai dokumen yang perlu dilampirkan.

      Kemudian, kenapa tidak diurus saja di paspor?

      Itu sih pendapat aku..

      Delete
  6. Hi, mau tnya
    Mama baru gnti nama di passport baru, tpi msh ad visa australia yg msh berlaku.
    Caranya gmna ya?

    Makasih

    ReplyDelete
  7. Hi terima kasih infonya...
    saya ingin tanya, saya beli tiket dgn dua nama namun ada tambahan satu nama karena waktu itu untuk umrah. Pas saya ngurus visa Korea, dapatnya malah 3 nama. Saya panik dan telp k airlines, mereka menyarankan ganti nama dgn biaya 100 dollar. Tapi ketika cek passport, sebelumnya saya ke Jepang juga visanya sudah 3 nama dan dengan airlines yg sama namun tidak ada masalah. Sekarang saya bingung mau menambahkan nama di tiket atau tidak? Mohon sarannya... terima kasih

    ReplyDelete
  8. Hai, hanya ingin update. Saya baca2 blog dan komen2 di sini karena mengalami hal yang sama. Passport saya 2 nama, di halaman endorsement jadi 3 nama krna utk kepentingan umrah. Beli tiket pakai 2 nama dan di visa Korea jadinya 3 nama. Saya panik dan coba telp kedubes Korea, kata mereka yang dilihat passport dan visa cocok. Akhirnya saya telp maskapai, SQ, ditelpon mbaknya bilang suruh tambah nama dgn bayar 1.5 juta karena semua dokumen harus sama. Saya sudah mau bayar namun kemudian sadar bahwa visa saya k Jepang tahun lalu juga 3 nama sedang tiket 2 nama dan naik SQ juga dan baik-baik saja. Akhirnya saya nekat untuk tidak bayar tambahan nama. Dan perjalanan saya baik-baik saja. Tidak ada yang mempermasalahkan untuk kasus saya. Terima kasih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts