Freelancing, cara menjadi bos bagi diri kamu sendiri...

Menjadi bos adalah impian semua orang yang ada didunia ini. Menjadi bos seakan menjadi target utama kita dalam kehidupan ini. Bos menjadi tolak ukur bagi semua orang. Tapi bagaimana caranya untuk bisa menjadi bos? Jika kamu berasal dari keluarga kaya raya, dan notabene adalah anak seorang pengusaha sukses, menjadi bos hanya tinggal selangkah saja. Tapi jika kamu bukan? Banyak " pe-er " yang harus kamu kerjakan. Butuh banyak sekali pengorbanan yang harus kamu lakukan.  

Untuk menjadi seorang bos dalam arti kata , pengusaha , kita diperlukan tiga hal :
  1. Modal
  2. Keahlian
  3. Jaringan / Networking
Lha, bagaimana dengan kita yang hanya karyawan biasa ? Kapan kita bisa menjadi bos jika hanya memiliki salah satu dari tiga hal diatas? Tenang, karena masalah inilah, pada tanggal 27 July 2013 , bertempat di Amigos Cafe - Bellagio Mall, Freelancer.co.id mengadakan buka bersama dengan para freelancer, media dan blogger sekaligus mengupas tentang apa itu Freelancer.co.id? Bagaimana sih seorang freelancer itu ? Dan kesalahan- kesalahan apa saja yang dilakukan seorang freelancer?  

Hadir sebagai pembicara malam itu adalah Helma Kusuma selaku Indonesia Country Manager Freelancer.com , Daniel G Pratidya , ketua Indonesia Freelancer Association ( IFA ) , Fariz Tadjoedin , seorang ahli IT yang juga freelancer sukses serta Danto Adityo, Ketua Tangan Di Atas ( TDA ) Jogja. Dengan topik " The 10 Biggest Freelancer Mistakes " adalah seri Sesi Cerdas yang pertama kali diadakan. 



Bagi sebagian orang , kehidupan seorang freelancer tampak sangat menggiurkan. Kamu menjadi bos bagi diri kamu sendiri, memiliki lebih banyak waktu dan bebas bekerja dari mana saja kamu mau. Tidak ada yang mengatur dan mengikat kamu. Namun, menjadi freelancer bukanlah yang bisa dianggap sepele dan sebelah mata. Karena, jika kamu tidak serius, dan melakukan kesalahan , itu bisa mengakibatkan hal yang merugikan kamu bahkan kamu bisa kehilangan klien dan kehilangan bisnis kamu. Disamping, memang banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu lakukan dengan sepenuh hati.

Tentunya, kesalahan - kesalahan bisa saja terjadi. Kesalahan kecil yang mengakibatkan terjadinya kegagalan yang fatal. Dalam kesempatan ini, Daniel, berbagi ilmu dan pengalamannya tentang kesalahan apa saja yang selama ini  dibuat oleh freelancer. 

Inilah 10 kesalahan terbesar yang dilakukan freelancer :
  1. Not communicating properly with the customers : Komunikasi yang tidak tepat dengan klien menjadi kesalahan bagi freelancer. Selalu negatif thinking dan menggunakan kalimat yang negatif akan membuat freelancer kehilangan proyek.
  2. Overselling yourself : Terlalu  "menjual diri " juga merupakan kesalahan yang dibuat oleh freelancer. Buatlah kesepakatan sesuai dengan kemampuan/ keahlian yang kamu miliki.  Jangan pernah terlambat dari apa yang sudah disepakati bersama. 
  3. Not Knowing your customer : Tidak mengenal baik Klien. Banyak sekali Klien yang terkadang hanya untuk mengumpul sempel produk dari kamu atau tes harga pasar. Setelah dia mendapatkan informasi yang diingikannya, proyek ditutup. Ini akan membuat kamu merasa gagal. Dan ini kesalahan , tidak tahu kebenaran dari calon Klien kamu sendiri.
  4. Giving up easily : Terlalu gampang menyerah. Inilah kesalahan paling fatal. Karena pekerjaan apapun juga sama, tidak ada yang gampang. tidak ada yang instan, semua butuh kesabaran, butuh waktu dan butuh pengorbanan. 
  5. Pretending to understanding - when you clearly don`t : Berlaku seolah kamu mengerti apa yang diingikan padahal kamu tidak. Sebaiknya, jika kamu tidak mengerti, bertanya kembali, pastikan apa yang klien inginkan kamu sudah mengerti. Tidak perlu takut tentang grammar bahasa inggris, yang penting, komunikasi dua arah lancar dan saling mengerti , itu sudah cukup.
  6. Not respecting deadlines : Kesalahan lain adalah tidak tepat waktu. Ini akan membuat kamu langsung kehilangan proyek selanjutnya. Karena bagi klien. tepat waktu dengan hasil yang kurang maksimal itu lebih penting dari pada hasil luar biasa tapi tidak tepat waktu.  
  7. Not formalizing agreements through a contract : Tidak dituangkan perjanjian kerja secara formal dalam sebuah kontrak kerja. 
  8. Not understanding how to system works : Tidak mengerti bagaimana sistem bekerja. Jika kamu lakukan hal ini , kamu sudah lakukan kesalahan besar. Klien akan langsung mencari calon freelancer lain yang mengerti.
  9. Prioritizing money over reputation : Selalu prioritaskan uang dari pada reputasi. Sebaiknya jangan pernah bertanya, apakah kamu sudah ditransfer atau belum ? Tanyalah, apakah ada kekurangan dari pekerjaan yang sudah diselesaikan? Apakah perlu tambahan/ revisi / koreksi dan sebagainya.
  10. Just doing what you are told : Berlaku seperi robot, mengerjakan sesuai apa yang  diminta. Harusnya, berilah sedikit hasil lebih atau beberapa poin tambahan walaupun tidak diminta. Jangan hanya berpatok pada yang diminta. Jika kamu ingin mendapat proyek- proyek selanjutnya.  
Daniel kemudian mengakhiri presentasinya dengan sebuah kalimat " Tidak ada sukses yang dicapai tanpa belajar bagaimana bisa bangkit dari keterpurukan" .

Indonesia Freelancer Association merupakan organisasi non-profit yang didedikasikan untuk memperbaiki kualitas kehidupan para freelancer Indonesia. IFA ingin mengedukasikan orang Indonesia mengenal freelancing sebagai alternatif fisibel dan berkelanjutan bagi kesuksesan finansial. Untuk mengasah keahlian  yang diperlukan freelancer dari berbagai macam industri melalui kesempatan networking dan training. IFA juga menjadi forum pertukaran informasi dan diskusi diantar pemegang kepentingan dari berbagai sektor, melobi berbagai institusi penting dan pengambil keputusan dalam hal meneruskan aspirasi dan masalah yang dihadapi para freelancer Indonesia.

"Freelancing menjadi sangat populer belakangan ini dimasyarakat. Menawarkan banyak manfaat untuk para individu yang memiliki motivasi dan untuk mengurangi resiko bagi profesional , kami merasa perlu  mengedukasi mereka melalu pengasahan keahlian, kesempatan networking , serta memberikan training dari para ahli. " begitu yang disampaikan Helma Kusuma dalam presentasinya. 

"Sedangkan Freelancer.co.id membuka market pekerjaan global bagi para freelancer dalam segala bidang dan profesi. Platform yang meniadakan kebutuhan iklan yang mahal dan membuat freelancer yang ada di Indonesia dapat menawarkan bakat dan keahlian yang mereka miliki kepada dunia tanpa perlu meninggalkan rumah atau kantor mereka. Mencari pekerjaan part-time untuk menambah penghasilan , memperluas jaringan database klien untuk bisnis full-time. Semua ada tersedia disiini." tambahnya kemudian.

"Freelancer.com adalah sebuah market place online global untuk outsourching dan crowdsourcing  bagi bisnis kecil dan menengah yang menghubungkan lebih dari 8 juta profesional yang ada di 234 negara didunia ini.  Sedangkan Freelancer.co.id adalah website untuk regional Indonesia " jelas Helma dengan semangat.

Begitulah diskusi dua arah yang interaktif antara pembicara dengan audiensi. Banyak sekali pertanyaan- pertanyaan yang kemudian menjadi informasi yang berguna. Acara buka puasa bersama yang dipandu oleh Mira Sahid berlangsung dengan sukses dan meriah. 

Kini , saatnya kamu menjadi bos bagi diri kamu sendiri. Siapapun kamu..!!!
Bagaimana? Tertarik ? Penasaran ? Temukan caranya di www.freelancer.co.id , kamu juga bisa like fanpage facebook di www.facebook.com/freelancer.co.id , follow akun twitter mereka @freelancercoid . Atau kamu juga mengunjungi www.indofreelancers.org , like fanpage IFA di www.facebook.com/IFAid.org dan follow akun twitter @indofreelancers .


With Love,

Husin Peng / @im_hp3
---Semoga semua mahluk hidup berbahagia---








Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar :

  1. postingan yang sangat bermanfaat kakak , setelah baca postingan ini jadi termotivasi .

    ReplyDelete
  2. saya masih berusaha untuk mencari proyek yang cocok untuk saya

    ReplyDelete
  3. I appreciate you and I would like to read your next post.
    Thanks for sharing this useful information.
    We know your time is very important.
    So, We will help you for finding many important website link that you need for every work.
    Just Bookmarks one website and get more website link .
    all important website link
    SEO Tools

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts