#PinoyTrip : Cliff Diving Ketika Island Hopping Di Boracay

Di artikel sebeelumnya : Boracay, Balinya Orang Philippines, 5 Tempat Wajib Dikunjungi, Helmet Diving, Cara Ke Boracay. Terakhir aku cerita tentang Island Hopping. Nah apa itu Island Hopping? Mungkinkah itu nama sebuah pulau? Rasanya bukan.. sudah pasti bukan.

Mengelilingi pulau dan mengunjungi pulau lainnya disekitaran Pulau Boracay menjadi rangkaian kegiatan yang disebut Island Hopping. Setelah Helmet Diving, langsung sambung naik sailing boat. Betul, saat Island Hopping kami menggunakan sailing boat, kapal tanpa mesin.

Si abang menjalankan boat itu tanpa mesin, hanya pakai tenaga tangan dia dalam menarik- ulurkan tali yang terkait ke layar boat itu. Dibantu 2 orang temannya sebagai kernek-lah istilahnya, mereka harus cepat - cepat memindahkan layar dari satu sisi ke sisi lainnya, ketika arah angin mulai berubah bertiup.


Terus, dengan kepiawaian sang abang, ketika boat melewati gelombang tinggi dan angin yang cukup kencang, harus terampil memainkan tali- tali itu. Sedangkan kami, tidak perlu repot- repot. Cukup duduk santai diatas jaring- jaring yang terpasang dikanan- kiri boat saja. Melaju terombang- ambing diatas laut.

" Bang, yakin nih tidak membutuhkan bantuan aku ?" 
" Tidak Ko.. kalian duduk manis saja, nikmati saja liburan kalian.. biar abang yang bekerja keras..."

Ngeri tidak? Seram tidak ? Kala itu, sama sekali tidak terpikirkan ada sedikitpun rasa takut dan khawatir. Malahan, disitulah rasa puas perjalanan singkat kami. Disitulah keseruan yang benar- benar tercipta. Hanya bermodalkan satu life jacket saja, aku mengikuti permainan itu hingga final. 


Ketika boat mulai berat sebelah karena terpaan angin, ketika aku diguyur air laut hingga badan terasa sudah masuk kedalam laut. Masih saja santai, masih saja bisa teriak kegirangan, masih bisa saja bercerita, curhat yang tidak penting. Dan sekarang, jika dipikirkan, baru terasa ngerinya, baru ngeh, iiss, seram juga ya...

1. Magic Island
Island Hopping dimulai dari bibir White Beach. Tujuan pertama, Magic Island. Pulau kecil tidak berpenghuni ini dimanfaatkan para turis untuk melakukan cliff diving. Atau terjun bebas kedalam air dari tebing. Ada beberapa kategori ketinggiannya. Satu batang papan disediakan dimasing- masing ketinggian ( maksimal ketinggian 10 m ) sebagai pijakan.


Butuh waktu 1 jam-an dari White Beach sampai ke Magic Island. Ya itu.. perasaanya.. luar biasa. Seru habis. Disinilah, sekali lagi, aku bilang, kalau tidak coba sailing boat ini kalau sudah ada di Boracay. sayang sekali. #Penting...

Sebenarnya, ada satu tempat lagi buat cliff diving yang punya batas ketinggian 15 m. Lebih ramai dan lebih seru. Iya.. Ariel`s Point. Beda lokasi. Ke sini, harus tour khusus lagi. Tournya selama 6 jam. Karena tidak cukup banyak waktu, aku cuma sampai di Magic Island saja.


Untuk cliff diving, bebas, terserah per orangan mau loncat dari ketinggian berapa. Ada penjaganya juga dibawah. Sudah tersedia pelampung. Mungkin bagi yang tidak bisa berenang, tidak disarankan. Karena arusnya disini kencang. Aku lihat beberapa teman yang loncat saja, agak susah saat mau berenang ke tepi, berusaha melawan arus.


Tips buat yang mau cliff diving, baiknya, loncatnya itu, kaki turun duluan. Loncat ala pocong deh. Pengalaman teman, loncat melayang, begitu wajah masuk ke air, seperti kena tampar. Tamparan yang kencang dan sakit. Pinggang juga jadi bermasalah.


Makan siang, kami disiapkan menu makanan yang lezat. Ini free, sudah termasuk dalam paket. Dapat 1 botol minuman bersoda dan 1 botol air mineral. Dari ayam panggang, ikan bakar, udang, dan baboy ( tidak halal ). Plus mangga dan pisang. Kenyang. Hari yang indah.

2. Puka Beach
Biar tidak rugi waktu, sehabis makan siang, kami tancap gas lagi. Terombang- ambing lagi dilautan, menuju Puka Beach. Dibawah terik matahari dan siraman air laut yang sangat asin itu, 30 menit kemudian, kami sampai di Puka Beach. 


Harusnya, sebelum ke Puka Beach, dari Magic Island, bisa ke Crystal Cove dulu. Jaraknya yang sangat dekat, bertetangga dan masih bisa dilihat dengan kasat mata. Si abang tidak perkenankan, katanya tidak masuk dalam paket. Huhh.. rugi...


Puka Beach masih berada didalam Pulau Boracay, tapi bagian pulau lainnya. Dari White Beach naik tricyle juga bisa. Kabarnya sih butuh 15 menitan. Tempat agak sepi. Pasirnya juga putih dan lembut.


Namanya pantai, disini juga sama, ya buat berenang, berendam cantik dan basah- basahan, kemudian berjemur lagi. Disini, cuma diberi waktu 30 menit.

3. Snorkeling
Ada satu spot yang kami lewati, Crocodile Island, spot paling bagus untuk snorkeling. Alasannya tidak bawa kami kesana, karena gelombang laut sedang tinggi, angin juga kencang. Berbahaya kalau kesana pakai sailing boat.


Kami dibawa snorkeling didekat salah satu hotel terkenal disana. Arusnya yang deras buat susah menikmati kegiatan ini. Alam indah dibawah laut begitu kepala dimasukkan kedalam air sungguh takjub, sungguh indah dan menyegarkan pikiran. Indah banget. Ikan -ikan dan terumbu karang.

Tidak tahan arusnya, sembari pegang tali yang dibuat oleh si abang, cukup 15 menit saja, kami sudah naik lagi. Serangkain tour seketika-pun berakhir, Kembali ke White Beach dan melanjutkan sisa liburan yang ada.

Lebih seru , gimana kalau lihat video ini.. Biar dapat feelnya.. hehee..



Aku lebih memilih bersantai di pantai sembari tiduran dan berjemur. Teman- teman lainnya memilih naik banana boat ( 200 Peso per orang ). 30 menit terlewatkan begitu saja, tertidur pulas dibawah pohon, diterpa anginnya yang bisa semakin membawamu ke alam bawah sadar paling dalam. Teriknya matahari berhasil menggosongkan kulitku, memerah kemudian gelap gulita.

Sudah tamat cerita tour ke Boracay? Belum.. Masih ada lagi sambungannya. Kehidupan malam yang gegap gempita , bagaimana aku melihat seorang putri sedang tertidur di laut dekat Crystal Cove ? Tungguin...

With Love,

@ranselahok
---semoga semua mahluk hidup berbahagia---

Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts