Trip ASEAN : Melihat pertunjukan tarian budaya Kamboja , menikmati kuliner lokal Simreap dan suasan night market. ( Hari keenam )

3 November 2013

Dijemput tuk- tuk sekitar jam 6.00 sore, kami langsung diantar ke restoran untuk menikmati kuliner lokal dan internasional versi Simreap, Kamboja. Makan malam yang dipadu dengan pertunjukan dari anak muda setempat yang menampilkan tarian budaya Kamboja. Saya tidak tahu, berapa harga per orang untuk bisa ikut menikmati makan malam itu, karena sudah termasuk didalam paket city tour. 



Dari hotel menuju restoran butuh waktu 15 menit, tiba disana, restoran masih sepi. Kami diantarkan ke meja yang telah diberi nama pemesan. Kebetulan, meja kami dekat dengan panggung, jadi tidak terhalang dan leluasa bisa menikmati pertunjukan malam itu. Pentas tarian budaya baru akan dimulai tepat jam 7 malam, tapi para tamu sudah boleh menikmati kuliner yang telah disediakan ala buffet


Tanpa basa basi lagi, kami langsung berkeliling melihat hidangan - hidangan tersebut. Melihat satu per satu, tidak ketinggalan, kesempatan itu, masih sepi tamu dan tidak antri, saya gunakan untuk foto- foto.


Hidangan masakan internasional, yang menjadi menu utama dalam sajian makan malam. Ada sekitar 10 jenis pilihan yang disediakan. 


Ini adalah bagian salad. Berbagai campuran salad sayur dan salad buah.


Sop dan pasta. Tersedia tomato sauce dan mie sphagetti.


Ada kue jajanan pasar tradisional loh, kayak kue - kue yang sering kita makan di Indonesia, seperti kue lapis, kue wajik , putu ayu dll


Pilhan buah yang disajikan juga buah lokal, seperti pisang, salad, nenas, pepaya.


Bagian ini juga masih campuran kue tradisonal dan buah-buahan. Untuk buah, ada disediakan bumbu rujak.


Tersedia, berbagai bahan yang bisa dibuat minuman seperti cendol.


Sayur- sayuran diatas dan dibawah menjadi pilihan lokal food yang disajikan.




Area western food, seperti biasanya, ada roti, sosis, daging sapi , kentang, dsb.

Area Sup

Area Gorengan

Area BBQ
Pertunjukan tarian budaya dimulai tepat jam 7 malam dan seorang perempuan lokal membuka acara itu dengan menyampaikan dalam bahasa Inggris. 


Pertunjukan tarian budaya malam itu cukup meriah. Satu tarian berganti tarian lain berhasil memukau para tamu yang masih sibuk menikmati hidangan makan malam. Setiap tarian mengandung nilai budaya tersendiri.





Secara keseluruhan, hiburan malam itu cukup menyenangkan. Walaupun tidak terlalu fokus pada pertunjukannya, karena sibuk makan, hee... Sedangkan untuk kulinernya, jika dinilai dengan angka, saya kasih nilai 7. Memang tidak terlalu spesial. Tidak tahu kenapa, apakah lidah saya yang tidak cocok atau memang hidangannya yang kurang. Berbeda dengan di Bangkok dan Pattaya, saya sangat cocok dengan kuliner yang ada disana. Disini, ada beberapa yang memang pas dilidah, rasa dan kelezatan masakannya terasa. Baik lokal food maupun international food. Menambah pengalaman kulinerku , apalagi , tidak tahu kapan lagi baru bisa kembali ke Simreap. Tidak ada salahnya mencoba kuliner disana, enak tidak enaknya itu mah urusan kedua. 


Pertunjukan itu selesai jam 9 malam, seiring dengan berakhirnya acara itu, para tamu juga mengakhiri makan malamnya. Karena masih jam 9, kami minta supir tuk- tuk mengantarkan kami ke night market yang terletak tidak jauh dari hotel. Pulangnya dari night market , kami berpikir jalan kaki saja, jadi supir tuk- tuk , kami ijinkan pulang saja. 


Night market yang ada di Simreap, tersebar menjadi beberapa spot, walaupun ada disatu jalan raya yang sama. Maksudnya, pasar malamnya ada didalam gedung - gedung yang memang sengaja diperuntukkan menjadi pasar malam. Ada beberapa gedung disepanjang jalan itu. Eittss, jangan berpikir kalau pasar malam disana sama ya dengan pasar malam di Indonesia, yang terkadang menjadi hiburan anak- anak atau pasar , tempat jual sayur - mayur, ikan dan lainnya dimalam hari. Pasar malam disini, tempat jualan souvenir kebutuhan para turis. Dari baju, celana, tas, gelang, anting, kartu pos, gantungan kunci, bola dunia dll. Disini, transaksi jual beli menggunakan USD. Belanja disini harus pintar - pintar negosiasi, sebelum memutuskan untuk membeli , ada baiknya berkeliling sejenak , mungkin bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan barang yang sama .


Asiknya night market ini , ada satu panggung hiburan musik. Yappss, panggung musik untuk menghibur para pengunjung. Dan yang menghibur adalah ladyboy versi Simreap. Mereka lipsync dengan lagu- lagu barat yang sedang hits dan lagu lokal. Dengan dandanannya yang menor, gaya yang konyol, tingkah yang lucu, atraksi dan akting yang apa adanya, sanggup membuat para pengunjung untuk berhenti menikmati show mereka dan tertawa terbahak- bahak. Didekat panggung itu, ada jasa pijat refleksi, jadi kalau capek, silakan duduk dipijat sambil menikmati ladyboy show. Per jam untuk pijat 4 usd / orang.


Dari night market, sebelum kembali ke hotel, kami menyebrang ke pub street. Sepanjang jalan dpenuhi pub dan cafe dengan dentuman musik yang kencang, dan bisa membuat siapa saja ikut berjoget bersama. Pub street ini lebih banyak turis bule. Tidak ada niat sama sekali untuk masuk salah satu pub itu, berhubung besok pagi hari bangun cepat, paling tidak jam 4.30 sudah harus bangun. Karena jam 5 pagi, kami akan dijemput supir tuk- tuk , untuk melihat sunrise di Angkor Wat. 


Objek wisata yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di Simreap adalah Angkor Wat dan beberapa Angkor lainnya yang terletak berdekatan. Salah satunya adalah tempat syuting Angelina Jolie difilm Tomb Raider. Film ini menjadi salah satu faktor meningkatnya turis manca negara mengunjungi Simreap. 

Menunggu matahari terbit bersama ribuan orang lainnya menjadi momen indah tersendiri dalam hidupku. Antri panjang untuk bisa foto dibelakang akar pohon besar , tempat Angelina Jolie memanjat difilm Tomb Raider, menjadi kesenangan tersendiri. Mau tau bagaimana serunya mengunjungi Angkor Wat yang tercatat sebagai salah satu warisan dunia yang tercatat di UNESCO ? Simak terus ya...



With love,

-semoga semua mahluk hidup berbahagia-
Share on Google Plus

About ransel ahok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar :

  1. Yang pijet banyak banget ya .. kursinya nyaman buat duduk mungkin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan harus antri juga.. tidak bisa langsung mau pijatnya...

      Delete
  2. WOWWW....
    Asik ya jalan-jalan. Jadi pengen :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts